Bikin CV yang Menarik Yuk, dengan 10 Contoh yang bikin HRD Terpukau Ini

Hari gini masih pakai CV alias curriculum vitae yang standar? Duh, bisa-bisa CV kamu gak bakal dilirik oleh HRD. Terlebih bila kamu emang melamar ke perusahaan kreatif maka kamu harus bikin CV yang menarik.

Emang sih buat perusahan konservatif yang masih formal banget, CV yang standar gak jadi masalah. Namun jika kamu sedang melamar pekerjaan di bidang kreatif, ada baiknya bikin CV yang bakal buat HRD kamu terperangah.

Beberapa contoh CV yang menarik berikut bisa kamu jadikan inspirasi. Tapi, jangan contek mentah-mentah ya.

1. CV yang menarik berbentuk majalah

Model CV yang menarik satu ini khususnya cocok bila kamu melamar ke perusahaan media. CV ini dibuat oleh Sumukh Mehta yang melamar ke GQ Magazine London. Dia sukses diterima kerja tanpa interview.

2. Berbentuk kartu pos

Mengirimkan CV lewat pos sekarang udah jarang banget. Namun, biar gak mainstream, gak ada salahnya buat kembali ke cara jadul alias zaman dulu.

Cara ini bakal semakin menarik perhatian HRD bila kamu kirimkan CV dalam bentuk yang gak biasa. Salah satunya seperti gambar di atas, CV berbentuk kartu pos. Ciamik!

3. CV dengan portofolio kreatif

Kamu sedang melamar pekerjaan sebagai web designer? Tunjukkan portolio hasil kerja kamu dengan tampilan di atas.

Kamu bukan cuma nampilin screenshot tampilan web yang udah pernah dikerjakan. Akan tetapi, kamu bisa pamerkan dengan frame desktop seperti contoh CV di atas.

4. CV dengan desain spooky namun imut

Buat kamu yang jago desain grafis, tunjukkan kemampuan kamu seperti CV di atas. Jika biasanya di CV menampilkan foto si pelamar maka kali ini kamu bikin karakter aja.

5. Pakai kalimat intro yang mengundang rasa penasaran

Contoh CV ini bisa kamu kirimkan dalam bentuk hard-copy ataupun soft-copy. Yang penting adalah rangkai kata pembuka yang kreatif nan bikin penasaran.

6. Berbentuk buku catatan

Mirip dengan contoh CV yang menarik di poin pertama, kamu bisa bikin CV berbentuk buku catatan seperti di atas.

Cara ini khususnya cocok bila kamu kirimkan CV langsung ke alamat kantor yang kamu tuju.

7. CV-nya pecinta kopi nih

Nunjukin sisi personal kita asal gak berlebih di CV gak salah, lho. Kamu bisa gunakan desain yang menggambarkan kamu. Contohnya, CV satu ini.

8. Berbentuk dobel prisma segitiga

CV yang satu ini dibuat dengan niat mendalam sih. Bisa dicobalah kalau kamu melamar ke perusahaan kreatif. Berani?

9. Bentuk kardus susu

Bentuk unik lainnya yang bisa kamu coba adalah kardus susu. Tempatkan cover letter kamu di bagian depan beserta beberapa skill yang diincar perusahaan dan kamu miliki. Di bagian dalam kamu bisa jabarkan lebih jauh tentang diri kamu.

CV siap dikirimkan ke HRD!

10. Berdesain timeline Facebook

Buat kamu yang sedang melamar pekerjaan sebagai Social Media Specialist, gak ada salahnya bikin CV berdesain timeline Facebook. Biar kelihatan sebagai anak sosmed gitu.

Perlu diingat, desain CV yang udah dicantumkan di artikel ini belum tentu cocok buat semua perusahaan. Desain ini terutama cocok cuma buat dikirimkan ke perusahaan kreatif. Jadi, sesuaikan desain curriculum vitae kamu dengan profil perusahaan yang dituju.

Nah, dari antara desain-desain CV yang menarik ini, mana nih yang paling kamu banget? Yuk, bikin gebrakan kreatif ini biar CV kamu dilirik oleh HRD.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →