PT Asuransi Binagriya Upakara [Profil dan Alamat Lengkap]

PT Asuransi Binagriya Upakara [Profil dan Alamat Lengkap]

Binagriya Upakara adalah salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia yang sudah mendapatkan izin operasional resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perusahaan dengan nama PT Asuransi Binagriya Upakara ini pada mulanya hanya menawarkan produk asuransi kebakaran saja, khusus untuk para nasabah perumahan KPR dari Bank Tabungan Negara (BTN).

Didirikan sejak tanggal 30 Juli 1990, Asuransi Binagriya Upakara kini semakin berkembang dengan menghadirkan produk-produk asuransi umum yang cukup menarik dengan manfaat pertanggungan yang lengkap.

Seperti contohnya, asuransi mobil, asuransi kecelakaan diri, asuransi uang, asuransi bermain golf, asuransi pencurian (burglary), hingga asuransi kecelakaan diri.

Ketahui lebih lanjut tentang profil Asuransi Binagriya Upakaran, alamat kantor, cara klaim, dan juga bengkel rekanan selengkapnya di artikel ini.

Profil PT Asuransi Binagriya Upakara

PT Asuransi Binagriya Upakara berdiri sebagai perusahaan nasional yang bergerak di bidang asuransi umum. Binagriya Asuransi mendapatkan izin operasionalnya dari Menteri Keuangan RI di tahun 1990 dengan izin usaha No.Kep.- 545/KM.13/ 1990, tanggal 26 Oktober 1990.

Saat awal berdiri, Binagriya Asuransi hanya menangani asuransi kebakaran terkait perumahan KPR dari Bank Tabungan Negara (BTN). Dengan menjangkau lebih banyak wilayah dan berbagai nasabah, hal ini jadi salah satu upaya pengamanan dan kesinambungan kredit dari KPR tersebut.

Seiring waktu, Asuransi Binagriya semakin berkembang di beberapa sektor lainnya. Perusahaan melakukan ekspansi dengan memperluas pangsa pasar dan memperkenalkan jenis produk asuransi lain di luar asuransi kebakaran secara komprehensif dan inovatif.

Perusahaan sendiri memiliki rekam jejak yang lumayan bagus. Terutama jika dilihat dari rincian laporan keuangannnya, rasio solvabilitasnya nyaris mencapai empat kali lipat ketentuan OJK.

Perlu kamu ketahui, rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi ketentuan Peraturan OJK yakni minimal 120 persen. 

Rasio solvabilitas sendiri menunjukkan kemampuan sebuah perusahaan asuransi dalam memenuhi kewajiban kepada nasabahnya, misalnya kesanggupan membayarkan klaim yang diajukan oleh para nasabahnya.

Sepanjang beroperasi, Binagriya Asuransi juga telah banyak meraih penghargaan bergengsi, baik dari dalam maupun luar negeri.

Daftar Produk Asuransi Binagriya Upakara

Binagriya Upakara memiliki rangkaian produk asuransi umum yang cukup menarik, manfaat pertanggungannya pun terhitung luas dan lengkap.

Kamu juga bisa menyesuaikan kebutuhan dan anggaran dengan produk-produk Binagriya Asuransi tersebut, berikut penjelasan dari tiap-tiap produk:

1. Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor atau mobil dari Asuransi Binagriya Upakara disebut juga sebagai Oto Pro. 

Memberikan pertanggungan ganti rugi atas kerusakan mobil yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat orang lain, pencurian, dan kebakaran.

Meskipun asuransi mobil tidak memiliki jenis jaminan pertanggungan yang berbeda, namun manfaatnya sangat lengkap, di antaranya:

  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga, meliputi kerusakan harta benda, pengobatan, cedera badan atau kematian, dan biaya perkara akibat keelakaan
  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan untuk pengemudi dan penumpang maksimal 4 orang
  • Biaya perawatan akibat kecelakaan untuk pengemudi dan penumpang maksimal 4 orang
  • Santunan cacat tetap akibat kecelakaan bagi pengemudi
  • Kerugian yang disebabkan oleh bencana alam, huru-hara, terorisme dan sabotase.
  • 2. Asuransi Kecelakaan Diri

    Asuransi kecelakaan diri memberikan santunan kematian, cacat tetap sebagian dan total, cacat sementara dan santunan biaya pengobatan yang terjadi akibat kecelakaan diri.

    Masa perlindungan asuransi diberikan selama 24 jam dan wilayah pertanggungan kecelakaan di seluruh dunia. Kamu bisa juga mempertanggungkan orang lain seperti karyawan atau anggota keluarga. 

    Terdapat dua polis di dalam produk ini, berikut rincian manfaatnya:

    PolisManfaat
    Asuransi Kecelakaan Diri EduproJaminan perlindungan pada pelajar, mahasiswa, maupun staf atau tenaga pengajar selaku Tertanggung terhadap risiko kematian, cacat, pengobatan, dan rawat inap yang disebabkan oleh kecelakaan. Terdapat juga bonus peningkatan mutu pendidikan.
    Asuransi Kecelakaan Diri Family ProJaminan perlindungan keluarga atas kecelakaan yang dapat menyebabkan kerugian, dengan manfaat santunan kematian hingga Rp150 juta, hilang selama 60 hari setelah terjadinya kecelakaan, santunan cacat tetap sebesar 100% Uang Pertanggungan, biaya perawatan atau pengobatan, santunan uang duka, bantuan layanan ambulans, bantuan pemulangan jenazah dari luar negeri, dan pengurusan dokumen.

    3. Asuransi Pengangkutan

    Produk asuransi ini memberikan ganti rugi atas kerugian atau kerusakan terhadap harta benda selama pengiriman atau pengangkutan dari satu tempat ke tempat lain, baik melalui darat, laut, maupun udara.

    Jaminan pertanggungan yang diberikan meliputi all risk atau menjamin seluruh risiko yang dapat menyebabkan kerugian seperti yang disebut di dalam polis.

    Contohnya seperti kebakaran, kecelakaan alat angkut, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan lainnya.

    4. Asuransi Harta Benda

    Di dalam produk Asuransi Binagriya Upakara satu ini, perlindungan yang diberikan untuk kerugian atau kerusakan harta benda. 

    Bisa disebabkan kebakaran, bencana alam, kerusuhan, atau kerusakan lainnya yang timbul dari kejadian mendadak dan tidak terduga. Dengan objek pertanggungan seperti rumah tinggal, pabrik, gedung perkantoran, hotel, apartemen, mal, dan lain-lain.

    Pertanggungan dan polisnya meliputi:

  • Fire Insurance
  • Property All Risk
  • Industrial All Risk
  • SMEs Pro
  • Home Pro
  • Tersedia juga pertanggungan atas kerugian yang terjadi sebab terganggunya usaha (business interruption) akibat kebakaran, bencana alam, kerusuhan, dan lainnya. Ditambah dengan jaminan tuntutan hukum pihak ketiga untuk SMEs Pro.

    5. Asuransi Rekayasa Proyek

    Jenis asuransi satu ini memberikan jaminan terhadap kerusakan atau kerugian material serta tanggung jawab pihak ketiga selama masa konstruksi atau pembangunan maupun saat pemasangan, dan juga pada peralatan mesin atau elektronik.

    Tersedia dua macam pertanggungan asuransi rekayasa proyek, antara lain:

    PolisManfaat
    Asuransi Konstruksi (Contractor All Risks/CAR) Memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian pada objek yang dipertanggungkan selama masa pembangunan dan pemeliharaan. Jaminan tanggung jawab hukum pihak ketiga juga diberikan selama aktivitas pembangunan kontruksi tersebut.
    Asuransi Pemasangan (Erection All Risks Insurance/EAR) Memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian pada objek yang dipertanggungkan selama masa pemasangan dan pemeliharaan. Jaminan tanggung jawab hukum pihak ketiga juga diberikan selama aktivitas pemasangan kontruksi tersebut (misalnya pemasangan antena atau mesin pabrik).

    6. Asuransi Rekayasa Non-proyek

    Menjamin kerugian atau kerusakan yang terjadi di luar kepentingan proyek, berikut pertanggungan di dalamnya:

    PolisManfaat
    Asuransi Peralatan Elektronika (Electronic Equipment Insurance/E.E.I)Memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian terhadap peralatan elektronik yang diakibatkan bahaya dari luar. (misalnya kebakaran pada peralatan studio).
    Asuransi Kerusakan Mesin (Machinery Breakdown Insurance)Memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian terhadap mesin-mesin yang rusak atau berhenti beroperasi akibat mesin itu sendiri dan bukan bahaya dari luar. 
    Boiler & Pressure Vessel InsuranceMemberikan jaminan kerugian yang disebabkan meledaknya boiler (ketel uap) atau pressure vessel (bejana tekan), meliputi kerusakan harta benda Tertanggung, objek yang dipertanggungkan, dan tanggung jawab hukum pihak ketiga (cedera atau kerusakan properti).
    Civil Engineering Completed Risk (C.E.C.R) InsuranceMemberikan jaminan atas pekerjaan sipil yang selesai dibangun, seperti misalnya jembatan, bendungan, pelabuhan, dan lainnya, terhadap kerugian yang disebabkan oleh kebakaran, gempa bumi, banjir, tanah longsor, badai, dan lainnya.
    Asuransi Peralatan Berat (Contractor’s Plant and Machinery)Memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian pada alat-alat berat (misal traktor, excavator, buldozer) yang digunakan terhadap bahaya tabrakan, terguling, pencurian, bencana alam.

    7. Asuransi Aneka

    Jenis asuransi yang memberikan pertanggungan sesuai kebutuhan nasabah dengan manfaat yang luas, di antaranya:

    PolisManfaat
    Asuransi Gempa Bumi Jaminan terhadap risiko kerugian atau kerusakan harta benda yang disebabkan oleh gempa bumi, letusan gunung berapi, kebakaran, dan tsunami.
    Asuransi Standar Terorisme dan Sabotase IndonesiaJaminan terhadap risiko kerusakan harga benda yang secara langsung disebabkan oleh terorisme, sabotase, makar.
    Asuransi Hole-in-OnePerlindungan finansial jika seseorang berhasil memukul bola golf dalam satu kali pukulan hingga masuk ke dalam lubang pada saat pertandingan atau turnamen.
    Asuransi BurglaryPerlindungan finansial terhadap risiko kebongkaran atau pencurian aset, yang disertai perusakan maupun pemaksaan.
    Surety BondPerlindungan finansial terhadap principal seperti kontraktor, vendor, dalam melaksanakan kewajibannya terhadap obligee sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak, atas risiko kerugian yang mungkin dialami jika principal mangkir dari tanggung jawab.

    8. Asuransi Uang

    Produk Asuransi Binagriya Upakara satu ini memberikan perlindungan atas kerugian akibat hilangnya uang yang disebabkan oleh pencurian dengan kekerasan maupun perampokan.

    Jaminan yang ditanggung oleh asuransi uang meliputi cash in safe, cash in cashier box, dan fidelity guarantee. Berikut penjelasan polisnya:

  • Asuransi Penyimpanan Uang: ganti rugi kehilangan uang dari tempat penyimpanan
  • Asuransi Pengiriman Uang: ganti rugi kehilangan uang saat dalam pengiriman ke suatu tujuan
  • Klaim Asuransi Binagriya Upakara

    Pengajuan klaim Asuransi Binagriya Upakara dapat dilakukan dengan cara menyiapkan dokumen persyaratan klaim untuk tiap polis, lalu hubungi layanan klaim Binagriya Upakara berikut ini:

  • Telepon: (021) 351 2727
  • Faks: (021) 350 9944
  • No. HP: 081 3894 4111 (khusus asuransi kendaraan bermotor)
  • Email: claimcenter@binagriyaupakara.com
  • Alamat dan Layanan Binagriya Upakara

    Kalau kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, mengajukan klaim asuransi, atau layanan lainnya, Binagriya Asuransi telah menyediakan berbagai macam layanan yang dapat diakses.

    Termasuk juga dengan mendatangi kantor pusat maupun kantor cabang Binagriya Upakara terdekat. Berikut rinciannya:

  • Alamat kantor pusat: Wisma Purna Batara Lantai 4-6, Jalan Kesehatan No. 56-58 Tanah Abang, Jakarta 10160 – Indonesia
  • Telp: (021) 34830348
  • Faks: (021) 34830364
  • Email: www.asuransibinagriya.com
  • Kantor Cabang Binagriya Upakara

  • Bandung: Jl. BKR No. 124, Lingkar Selatan Bandung 40253. Telp: (022) 5227 875
  • Bintaro: Jl. R.C. Veteran No. 11A, Bintaro Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan 12330. Telp: (021) 2273 1391
  • Makassar: Komplek Ruko Pelita Marga Mas Blok B13 Jl. G. Latimojong, Kel. Gaddong, Kec. Bontoala Makassar 90157. Telp: (0411) 8940717
  • Surabaya: Komp. Manyar Megah Indah Plaza Jl. Ngagel Jaya Selatan Blok L-35 (Ex. Kebun Bibit) Surabaya 60284. Telp: (031) 5035 325
  • Bengkel Rekanan Asuransi Binagriya Upakara

    Asuransi Binagriya Upakara telah bekerjasama dengan berbagai bengkel rekanan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Dengan begitu, kamu gak perlu lagi khawatir bakal kesulitan menemukan bengkel terdekat di kota kamu.

    Berikut daftarnya:

  • PT Al Kausar Putra Indonesia Jalan Raya Kebayoran Lama No. 26 (Pal Vii) Jakarta Barat 11540 Telepon: 5347177 Faksimile: 5303661
  • PT Bintang Bijaksana Jalan Raya Kebayoran Lama (Pal Vii) No. 2, Jakarta Barat 11540 Telepon: 5300220, 5325378, 5308335 Faksimili: 5482707
  • New Beringin Motor Jalan Panjang No. 10, Jakarta Barat 11530 Telepon:  53651616 Faksimile: 5321415
  • Bengkel Trias Motor Jalan Rawadomba No. 50 Duren Sawit Jakarta Timur Telepon: 8629750 Faksimile: 8611214
  • PT Dua Bintang Sada Arih Jalan Mesjid No. 19, Jakarta Timur 13750 Telepon: 87790788, 70615224 Faksimile: 87790788
  • PT Oscar Mega Pratama Jalan Bek Murad No. 73 A (Dr. Satrio)  Setia Budi Jak Sel 12610 Telepon: 5276883 Faksimile: 5279555
  • PT Pondok Indah Mitra Motor Jalan Ciputat Raya No. 24, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jak Sel Telepon: 75906637, 75907453 Faksimile: 75909055
  • CV Mitra Abadi Jaya (Mitra Mobilindo) Jalan Ciledug Raya No.11 Petukangan Utara Telepon: 58900767 Faksimile: 58900768
  • Lihat daftar bengkel rekanan Binagriya Upakara selengkapnya!

    Pertanyaan Seputar Binagriya Upakara

    Binagriya Upakara atau PT Asuransi Binagriya Upakara adalah perusahaan asuransi umum yang berdiri sejak tahun 1990, yang berfokus menghadirkan produk-produk asuransi umum seperti asuransi mobil, asuransi pengangkutan, hingga asuransi rekayasa.
    Harga premi Asuransi Binagriya Upakara bervariasi tiap produknya. Secara umum besarannya dipengaruhi oleh:

    • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
    • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
    • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
    • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).
    Pembayaran premi asuransi disesuaikan dengan ketentuan pada masing-masing produk asuranasi. Informasi selengkapnya bisa dengan menghubungi call center atau membaca informasi pembayaran premi yang tertera pada polis.