Bingung Nih, Beli Motor Bekas Tunai atau Motor Baru Kredit Ya? Coba Cek Dulu di Sini

Beli Motor Bekas Tunai

Beli motor sekarang makin gampang karena banyaknya dealer yang memberikan layanan kredit. Cukup bayar persekot alias down payment (DP), motor bisa langsung dibawa pulang.

Tapi, buat sebagian orang, beli motor bekas tunai masih lebih baik ketimbang beli motor baru tapi kredit. Alasannya, kita jadi gak punya beban cicilan kredit ke depannya. Motor langsung lunas, keuangan pun aman.

Memang, urusan beli motor gak bisa dianggap sepele. Namanya juga keluar uang untuk sesuatu, terlebih harganya berjuta-juta. Pastinya kita akan berpikir berkali-kali.

beli motor bekas tunai
Urusan motor gak bisa sembarangan. Harga motor aja gak murah (motor/motorcycle news)

Bila kamu termasuk yang mengalami dilema beli motor bekas tunai atau motor baru kredit, uraian di bawah ini mungkin bisa jmembantumu mengambil keputusan.

Beli Motor Bekas Tunai

Ada beberapa kelebihan beli motor bekas tunai, terutama dari sisi finansial. Berikut ini di antaranya:

1. Gak ada beban cicilan 

Tiap bulan gak perlu mikirin angsuran yang besarnya mungkin hingga seperempat dari total pendapatan. Gak ada beban pikiran, artinya bisa terhindar dari stres.

2. Cash flow lebih aman

Aliran dana yang masuk dan keluar di rekening bisa lebih terjaga karena gak ada kewajiban bayar cicilan. Jadi, risiko besar pasak daripada tiang bisa diminimalkan.

3. Bisa langsung dipakai

Kalau motor dibutuhkan segera, bisa langsung dipakai lengkap dengan BPKB tanpa proses administrasi macam-macam, apalagi inden. Ini penting terutama untuk aktivitas produktif, misalnya jadi kendaraan operasional toko atau buat modal sebagai ojek online.

4. Keluar duit lebih sedikit

Karena bekas, harga motor pun lebih murah. Artinya, dana yang mesti disiapkan lebih sedikit jika dibandingkan dengan beli motor baru.

Nah, di sisi lain, ada yang perlu diperhatikan jika beli motor bekas tunai. Berikut ini contohnya:

1. Cek mesin

Soal mesin, sudah dijelaskan sedikit di atas. Bila gak ngerti apa pun tentang mesin, bisa minta bantuan kenalan atau bengkel langganan. Kalau lalai, bisa-bisa motor rusak tak lama setelah dibeli. Atau harus bolak-balik  ke bengkel. Akibatnya, rugi duit, waktu, dan tenaga deh.

2. Keaslian BPKB

Harus dicek, bisa lewat online jika Samsat setempat sudah punya layanannya. Bila gak ada, harus langsung cek di kantor Samsat. Ajak si pemilik motor untuk ke Samsat bersama, sekalian balik nama kalau bisa.

3. Test drive

Jangan ragu minta test drive. Hal ini penting untuk mengetahui kenyamanan motor itu. Makin lama usia motor, kenyamanan umumnya makin berkurang. Bila gak nyaman dikendarai, cari yang lain saja.

Beli Motor Baru Kredit

Beli motor baru kredit jelas bikin gengsi lebih tinggi. Motor baru gitu lho. Garasi bakal lebih keren kalau ada motor baru nangkring di sana.

Namun sebaiknya jangan cuma mengejar gengsi. Sebab, kelebihan beli motor baru, termasuk via kredit, bukan hanya soal gengsi. Berikut ini di antaranya:

1. Mesin lebih yahud

Namanya motor baru, pasti performa mesin lebih oke ketimbang motor bekas. Tinggal dirawat saja sesuai dengan rekomendasi pabrikan, pasti kenyamanan terjaga.

2. Dana gak langsung keluar banyak

Meski harganya lebih mahal, dana yang kita keluarkan gak langsung tumplek blek seperti beli motor bekas. Sebab, kita cuma perlu bayar DP. Artinya, dengan dana terbatas kita bisa memiliki motor baru via kredit.

3. Ada asuransi

Motor baru yang dibeli secara kredit umumnya dilengkapi asuransi. Namun asuransi ini berjenis total loss only alias bisa diklaim hanya jika terjadi kehilangan sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

beli motor bekas tunai
Kalau beli baru dan ada asuransinya, hati pun rasanya tenang (senang/weber insurance)

Kalau mau pilih asuransi sendiri juga bisa. Kamu tinggal riset aja di Internet untuk cari produk asuransi motor yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Gak perlu urus surat-surat sendiri

Cukup setorkan berkas identitas, nantinya dealer yang akan mengurusi surat-surat seperti STNK dan BPKB. Sudah nama sendiri lagi.

Nah, itu empat kelebihannya beli motor baru secara kredit. Tapi jangan berhenti di sini. Sebagai konsumen, kita juga mesti tahu kekurangan yang harus diperhatikan, seperti:

1. Harus siapin cicilan

Pengeluaran per bulan siap-siap ditambah berupa cicilan, termasuk bunga. Bila sampai telat bayar, bisa kena denda.

Makanya, penting banget untuk memilih kredit motor yang paling sesuai dengan kantong dan kebutuhan kita. Cari yang bunganya paling ringan dan syaratnya paling mudah ya.

2. Fidusia

Harus ada perjanjian fidusia yang diteken. Perjanjian ini wajib ada untuk melindungi konsumen maupun produsen. Dalam hal ini, konsumen terhindar dari penarikan paksa atau teror debt collector di jalan ketika sulit bayar cicilan.

3. Lebih banyak pilihan

Bila beli motor baru, jelas lebih banyak pilihan di dealer. Tinggal kita cari yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

Pilih yang Mana?

Dari uraian di atas bisa ditarik kesimpulan skenario yang cocok buat orang yang hendak beli motor bekas tunai atau motor baru kredit. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah keuangan.

Bila gak ingin terbebani cicilan dan hendak segera memakai motor itu, beli motor bekas tunai bisa jadi pilihan. Namun dana yang disiapkan harus lebih besar karena mesti lunas saat itu juga.

beli motor bekas tunai
Jadi mau beli baru atau bekas nih? (motor/mishra auto mobiles)

Sedangkan beli motor baru kredit bisa dipilih jika lebih mengutamakan kenyamanan dan gak tergesa-gesa memiliki motor. Apalagi jika dana terbatas. Tapi rencana keuangan mesti disiapkan matang karena ada beban cicilan yang mesti dilunasi tiap bulan.

Beli motor bekas tunai atau  motor baru kredit punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya kita yang bisa menentukan mana yang terbaik karena kitalah yang mengetahui bujet dan kebutuhan sendiri.

Jangan sampai salah pilih, karena risikonya adalah keuangan bisa terganggu.

CTA Asuransi Kendaraan motor

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kredit Sepeda Motor Gak Bakal Bikin Kita Miskin Asal…]

[Baca: Awas, Uang Muka Kredit Motor 0 Persen Bisa Bawa Bencana]

[Baca: Ini Dia Bagian yang Wajib Diinspeksi Sebelum Membeli Motor Bekas]

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →