4 Keuntungan Didapatkan dari Bisnis Bidang Jasa Dibandingkan Bisnis Lainnya!

Menjalankan bisnis bidang jasa gimana dengan keuntungannya?

Memiliki penghasilan tambahan setiap bulannya memang menjadi keinginan kebanyakan orang. Nah gak heran banyak orang yang memilih melakukan bisnis bidang jasa lantaran mendapatkan keuntungan cukup lumayan

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat, gak heran kalau para pegawai kantoran pun mencari kerja sampingan dengan bikin bisnis di bidang jasa. Hasil yang didapatkan tentunya pun juga sangat menyenangkan bukan buat menambah-nambah isi dompet.  

Akan tetapi, keterbatasan waktu dan tenaga menjadi penghalang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dampaknya bisnis dibidang jasa menjadi pilihan saat ingin mendapatkan penghasilan tambahan, karena dinilai praktis dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Adapun usaha bidang jasa merupakan jenis usaha yang menjual jasa seperti tenaga, ilmu dan juga keahlian dalam bidang tertentu dan dibayar sesuai dengan jasa yang telah dilakukan dengan modal yang tidak begitu besar. Tidak mengeluarkan modal yang cukup besar tetapi bisnis ini memiliki prospek penghasilan atau keuntungan menggiurkan.

Akan tetapi tak banyak orang menyadari bahwa bisnis jasa merupakan bisnis yang menguntungkan dan mudah dijalani dibandingkan dengan usaha menjual sebuah produk maupun barang.

Selain kemudahan dan keuntungan tersebut, sebetulnya apa saja sih yang menjadikan bisnis jasa ini menjadi pilihan terbaik?

1. Bisnis jasa gak butuh modal besar 

Saat menjalankan bisnis ini kamu gak perlu modal yang besar lho
Saat menjalankan bisnis ini kamu gak perlu modal yang besar lho, (Shutterstock).

Keperluan modal dalam bisnis jasa memang relatif gak terlalu besar. Asalkan dalam berbisnis jasa ini tidak bergerak dalam bidang transportasi, dan juga layanan kesehatan seperti rumah sakit, sebab sektor tersebut membutuhkan modal yang tinggi.

Meski tidak membutuhkan modal yang besar, tetapi bisnis jasa ini dijalankan harus sesuai dengan keahlian dan kemampuan diri, misalkan mahir dalam bidang service motor. Ketika hal tersebut terjadi maka modal terbesar yang diperlukan adalah keahlian dalam teknik-teknik mesin dan juga peralatan kerja pendukung.

Jangan sampai bisnis jasa yang dikerjakan tidak sesuai keahlian maka dapat mengecewakan konsumen, gak cuma keahlian juga, dalam bisnis jasa juga harus memberikan pelayanan yang baik.  Udah gitu ditambah keterampilan dalam berkomunikasi hingga mengelola pemasaran dari jasa yang ditawarkan.

2. Gak perlu distribusi

Bisnis ini gak perlu distribusi sebuah barang atau produk
Bisnis ini gak perlu distribusi sebuah barang atau produk, (Shutterstock).

Dalam bisnis jasa, pemilik bisnis ini gak perlu lagi memikirkan distribusi dari bisnis yang dijalani. Sebab produk yang ditawarkan berupa jasa, sehingga gak akan dipusingkan lagi soal distribusi, penyimpanan, hingga masa waktu atau kadaluarsa barang.

Selain itu, gak perlu lagi menghitung jumlah barang hingga mengawasi perputaran barang agar tidak terjadi penumpukan stok yang dapat merugikan bisnis. Hal yang harus diperhatikan dalam menjalani bisnis jasa adalah jadwal pekerjaan yang harus diatur agar tidak bentrok satu dengan lainnya.

Gak cuma itu, dalam bisnis jasa juga perlu menjaga profesionalisme, sebab jika tidak, maka konsumen akan lari dan tidak akan mau menggunakan kembali.

3. Gak ada modal mengendap

Dalam menjalankan bisnis ini kamu juga gak perlu mengendapkan modal
Dalam menjalankan bisnis ini kamu juga gak perlu mengendapkan modal, (Shutterstock).

Dalam bisnis yang menjual produk, istilah modal mengendap menjadi hal yang umum. Modal mengendap ini merupakan biaya yang harus dikeluarkan pemilik bisnis untuk membuat sebuah produk fisik dijual. 

Pengendapan modal ini dibutuhkan karena produk yang belum terjual harus selalu tersedia demi kestabilan dari usaha tersebut. Hal itu berbeda dengan bisnis bidang jasa, pemilik bisnis tidak perlu menyediakan modal mengendap karena ada barang yang belum laku terjual. 

Hanya saja bisnis bidang jasa perlu menyiapkan peralatan penunjang, misalnya jasa service, maka peralatan yang diperlukan adalah perkakas kunci untuk service kendaraan.

 4. Gak ada lagi stok barang 

Dalam bisnis ini, kamu juga gak perlu lho menyetok barang
Dalam bisnis ini, kamu juga gak perlu lho menyetok barang, (Shutterstock).

Dengan menawarkan keahlian dan keterampilan diri, maka stok barang gak lagi dibutuhkan dalam bisnis bidang jasa. Sebab bisnis ini hanya memerlukan modal awal dan mempersiapkan strategi pemasaran, komunikasi, dan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Berbeda halnya dengan usaha yang menjual produk, harus memikirkan stok barang, dari mulai modal, kemudian pengeluaran untuk produksi pemasaran, hingga mengantisipasi barang refund dari konsumen jika mengalami kerusakan atau lainnya.

Kekurangan bisnis jasa

Ini lho kekurangan dari bisnis jasa yang bakal kamu jalankan
Ini lho kekurangan dari bisnis jasa yang bakal kamu jalankan, (Shutterstock).

Namun demikian, dalam bisnis jasa terdapat kekurangan yang harus dihadapi adalah kualitas jasa tidak dapat diukur karena gak adanya parameter pengukuran bisnis jasa, bisnis jasa tidak memiliki wujud, jasa yang dihasilkan tidak memiliki standar dan sangat bervariasi atau heterogenitas.

Selain itu, kualitas jasa baru dapat diketahui setelah konsumen membeli jasa, dan pelayanan yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan. Dengan beberapa ciri khas bisnis jasa ini, maka pelayanan, kualitas, dan kepuasan konsumen menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik, jika bisnis jasa dijalankan mampu bersaing dengan kompetitor. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →