Bisnis dan Inspirasi: Tips dan Contoh untuk Sukses Berbisnis

wanita berbisnis

Siapa sih yang gak mau punya bisnis yang punya untung gede. Dengan berbisnis, kita gak perlu bergantung pada orang lain buat mendapatkan penghasilan tiap bulannya. Bahkan, kita bisa mengatur pemasukan kita.

Berbicara tentang bisnis, bisnis adalah sebuah kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa dan ditujukan kepada masyarakat demi mendapatkan banyak keuntungan. 

Memang tujuan utama memiliki bisnis adalah untuk memperoleh keuntungan. Namun, selain itu ada juga tujuan lainnya yang kerap dijadikan target pencapaian beberapa pelaku bisnis, antara lain buat membantu masyarakat dalam pengadaan barang atau jasa yang masih kurang di Indonesia dan membantu pemerintah menciptakan lapangan kerja.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum membangun bisnis, antara lain:

  • Cara bangun konsep bisnis yang kuat

Bagi kita yang akan memulai bisnis ada baiknya untuk menyiapkan konsep bisnis yang kuat sebagai landasan. Caranya? Pertama, tentukan target pasar bisnis dan tahu konsep bisnis.

  • Tahu cara mempromosikannya

Gak cuma dari segi konsep bisnis, kita pun perlu tahu cara mempromosikan bisnis agar sukses. Kegiatan promosi dan produk atau jasa yang kita miliki bakal terus berkaitan.

Jenis-jenis bisnis yang cocok dirintis

Yang pasti, jangan salah pilih bisnis yang sesuai dengan kita. Biar lebih mudah dan gak bingung lagi, berikut ini beberapa pilihan bisnis yang bisa kita coba rintis.

1. Bisnis rumahan modal kecil

Kalau modal yang dimiliki masih dikit, ga perlu maksain punya toko untuk bisnis karena rumah sendiri pun bisa disulap sebagai lokasi bisnis. Apalagi dengan bisnis di rumah kita kita bisa menekan banyak biaya, seperti mengurangi biaya transportasi, biaya sewa toko, dan biaya listrik. 

Banyak jenis bisnis rumahan yang bisa kita coba, seperti bisnis rumah makan, laundry, konter pulsa, bimbingan belajar, cuci motor, dan masih banyak lagi. Yuk, baca lebih lengkap mengenai bisnis rumahan dan estimasi biayanya d artikel 5 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dengan Modal Maksimal Rp 7 Juta.

2. Bisnis syariah

Dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah orang beragama Islam pastinya bisnis syariah terkesan kasih banyak cuan. Tapi perlu dikasih garis besar dulu nih, bisnis syariah gak cuma bisnis hijab atau baju muslim aja. 

Bisnis syariah amat beragam, seperti bisnis makanan halal, obat-obatan herbal, dan baju muslim. Ingin tahu lebih lengkap mengenai bisnis syariah, yuk baca artikelnya di  Pengertian dan 5 Peluang Bisnis Online Syariah yang Menguntungkan.

3. Bisnis dropshipping

Bisnis dropshipping emang lagi dilirik-liriknya nih sama kaum muda yang tengah mencari pundi-pundi tambahan. Metode bisnis ini memang punya banyak kelebihan dibanding bisnis toko.

Bisnis ini bahkan bisa kita lakukan tanpa modal sedikitpun lho. Supaya lebih jelas, mari baca artikel lengkapnya di artikel Modal Gratis dan Produk Bervariasi, Ini 5 Keuntungan Bisnis Dropshipper Ketimbang Offline Store.

4. Jual beli kendaraan bekas

Bisnis jual beli kendaraan bekas emang ngeri-ngeri sedap karena saingannya yang banyak. Kalau kayak gini sih tinggal bagaimana kita pintar-pintar menarik konsumen.

Supaya gak salah langkah dalam berbisnis kendaraan bekas, baca artikel lengkapnya di Jual Beli Mobil Bekas di Showroom Resmi.

5. Bisnis kuliner

Kuliner emang udah jadi bisnis yang menjanjikan buat dilakuin, mulai dari yang namanya katering sehat, minuman jus segar, kopi kekinian hingga kue maupun roti sehat. Dalam merintis bisnis kuliner tentunya ada strategi jitunya, baca selengkapnya di artikel 6 Strategi Bisnis Kuliner yang Paling Jitu Nih buat Pengusaha Makanan.

6. Bisnis waralaba

Bisnis waralaba (franchise) adalah bisnis yang didasari dengan pemberian lisensi usaha dari pihak pemilik merek dagang kepada perusahaan atau perorangan selaku penerima untuk berdagang dengan merek bersangkutan.Untuk menjalani bisnis ini pastinya butuh persiapan yang matang. Baca selengkapnya di 5 Panduan Memulai Bisnis Waralaba.

7. Bisnis sembako

Meskipun supermarket sudah menjamur, toko sembako tetap masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bagaimana gak, modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha ini gak terlalu besar, tapi pembelinya akan selalu ada. Baca artikel selengkapnya di Mau Buka Bisnis Sembako? Begini Tips dan Modal yang Perlu Dipersiapkan.

8. Bisnis online

Bisnis online emang tengah menjamur dan banyak dilakoni orang-orang. Bisnis ini  terbilang praktis dan lebih menguntungkan ketimbang bisnis konvensional, bahkan bisa dijalankan tanpa mesti keluar modal yang banyak banget. Ketahui bagaimana strategi membangung bisnis online yang sukses di artikel 5 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Buat Gaet Banyak Pembeli. Yuk, baca juga artikel 7 Bisnis Online Menjanjikan Berdasarkan Bakatmu.

Tokoh inspiratif di dunia bisnis

Dibutuhkan konsistensi kerja keras dan kemampuan untuk bisa menjadi pebisnis sukses. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam mencapai cita-cita menjadi pebisnis sukses, baca tips menjadi pebisnis sukses di Tips Menjadi Pengusaha Sukses.

Berikut ini adalah beberapa tokoh pebisnis inspiratif yang perjalanan hidupnya bisa kita jadikan motivasi dan pemikirannya bisa kita jadikan pencerahan dalam menentukan strategi bisnis.

Sudhamek

Sudhamek dikenal karena kesuksesannya dalam membesarkan GarudaFood. Mari cari tahu bagaimana cara Sudhamek bikin GarudaFood terus berjaya di artikel GarudaFood Terus Berjaya, Ini Rahasia Sukses Sudhamek yang Patut Ditiru.

Chairul Tanjung

Chairul Tanjung memiliki bisnis yang beragam, mulai dari dari perbankan, media, hiburan, makanan, gaya hidup sampai perkebunan. Apa saja sih rahasia sukses dari Chairul Tanjung? Yuk simak lebih lanjut di artikel Mau Sukses Ala Chairul Tanjung? Ini Rahasianya.

Martha Tilaar

Martha Tilaar memiliki perusahaan kosmetik bernama PT Martina Berto Tbk dengan merek dagangnya yang bernama Sariayu. Baca kisah suksesnya di artikel Dulu Cuma Salon, Ini Caranya Martha Tilaar Jadi Raksasa Kosmetik.

Sabana Prawirawidjaja

Sabana Prawirawidjaja merupakan pendiri dari perusahaan susu UHT terbesar di Indonesia yaitu PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company Tbk. Baca kiprah lengkapnya di artikel Dari Susu Hasilkan Banyak Uang, Ini Kisah Sabana Prawirawidjaja Penerus Ultrajaya.

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno telah merintis bisnisnya sejak tahun 1997. Ia memiliki beragam jenis bisnis, salah satunya PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Baca kisah lengkap Sandiaga Uno merintis bisnis di 5 Bisnis Sandiaga Uno dan Strategi Suksesnya.

Ferry Unardi

Ferry Unardi telah mendirikan Traveloka pada tahun 2012. Perusahaan lokal yang menawarkan layanan tiket pesawat, dan hotel ini terus menunjukkan kesuksesannya. Mari belajar bagaimana Ferry Unardi membangun Traveloka di artikel Belajar dari Kisah Sukses Ferry Unardi, Pendiri Traveloka!

Susi Pudjiastuti

Mantan menteri kelautan ini telah lama merintis bisnisnya. Baca kiprah kesuksesannya di artikel Pengin Sukses Bisnis UKM? Ikuti Cara Susi Pudjiastuti.

Donald Sihombing

Nama Donald Sihombing ternyata masuk ke jajaran orang terkaya di Indonesia 2019 versi Forbes. Konglomerat Indonesia ini adalah pendiri dari PT Totalindo Eka Persada. Simak kisah sukses Donald Sihombing di Lebih Kaya dari Hary Tanoe, Ini Fakta Donald Sihombing yang Miliki Kekayaan Rp 19 T.

Selain nama-nama di atas, kamu bisa membaca lebih banyak nama tokoh inspiratif di dunia bisnis lainnya di Lifepal Media. Selain tips bisnis, kamu bisa juga bisa menemukan tips mengenai asuransi, investasi, tabungan, pajak, pinjaman, dan cara budgeting.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →