Buka Bisnis Menguntungkan Saat Banjir? Ini 6 Pilihannya

Bisnis menguntungkan

Di tengah bencana banjir yang menimbulkan kerugian materi serta non materi, enam bisnis menguntungkan ini bisa menjadi pelipur lara. Pasalnya, bisnis menguntungkan ini sangat membantu mereka yang mengalami bencana banjir.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengungkapkan, di balik bencana banjir yang kini tengah dialami di beberapa wilayah Jabodetabek, ada enam sektor bisnis yang bisa meraup banyak cuan. 

Apa saja bisnis menguntungkan di tengah banjir? Yuk, ketahui lewat rangkuman berikut, dimulai dari kebutuhan sehari-hari ya:

Jasa Angkut Motor

Bisnis menguntungkan
Jasa angkut motor

Bisnis menguntungkan paling dicari ialah, jasa angkut motor menggunakan gerobak. Betapa tidak, angkutan konvensional yang mengandalkan tenaga manusia ini sangat dibutuhkan di tengah-tengah lautan air.

Untuk mereka calon konsumen yang berminat memakai jasa kendaraan satu ini harus merogoh kocek Rp 70.000. Tak ayal, para pelaku industri ini bisa meraup keuntungan besar hingga mencapai jutaan rupiah dalam satu hari.

Baca juga: Banjir di Awal Tahun, Sudah Siapkan Dana Darurat? Gini Cara Tepat Menyisihkannya!

Air Bersih

Bisnis menguntungkan
Air bersih

Ketika dihadang banjir dengan limpahan air dari berbagai penjuru, kita tentu tidak bisa berkutik ke mana-mana. Padahal, asupan air bersih tetap dibutuhkan.

Karena itu, kebutuhan air bersih dalam kondisi banjir sangat besar. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menjadi solusi jitu menghadapi kondisi tersebut.

Perusahaan air bersih ini umumnya mematok harga Rp 800 ribu untuk setiap tangki air yang dibawa. Setiap sopir pengirim air bersih tersebut dibayar per tangki. 

Dengan bencana banjir tersebut, para sopir tanki air bersih bisa meraup keuntungan hingga ratusan ribu rupiah mengantarkan air sesuai kebutuhan.

Baca juga: Hidupkan Lagi Ponsel yang Terendam Banjir, Begini Lho Caranya!

Pedagang Ritel

Bisnis menguntungkan
Pedagang ritel

Selain tangki air dan jasa penggangkut motor, supermarket grosir maupun ritel eceran yang menjual kebutuhan pokok juga menjadi sektor lainnya yang diuntungkan saat banjir. 

Meski banyak pusat perbelanjaan ritel yang aksesnya tertutup karena banjir sehingga baik penjual maupun pembeli tidak beraktivitas, pedagang ritel lain akan diuntungkan dengan kondisi banjir.

Ini terutama berlaku untuk mereka yang tidak kena dampak banjir. Pasalnya, secara psikologis mereka mengira pasokan sembako terbatas. Selain itu, kebutuhan dan permintaan sembako untuk para korban banjir juga cukup besar. 

Baca juga: 5 Bisnis yang Menguntungkan dengan Target Pasar Orang Malas

Bengkel

Bisnis menguntungkan
Bengkel

Kendaraan terendam banjir tentu saja akan membuat pengendaranya terpaksa melipir ke bengkel mobil dan motor terdekat. Karena itu, bengkel menjadi bisnis menguntungkan lainnya di kala banjir.

Karena itu, tak jarang banyak yang membuat bengkel dadakan di pinggir jalan dengan servis sederhana seperti membersihkan busi dan karbulator.

Meski begitu, tarif yang dipatok cukup tinggi, yaitu berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 30.000. Jadi, bisa banget cuan lewat bisnis satu ini!

Suku Cadang Kendaraan

Bisnis menguntungkan
Suku cadang kendaraan

Kalau sudah mengandalkan bengkel untuk membersihkan bagian dalam kendaraan, suku cadang juga perlu diperiksa karena banyaknya mobil dan motor yang rusak akibat banjir.

Dengan bencana banjir itu kinerja saham perusahaan suku cadang di Indonesia pun terus meningkat.

Asuransi

Bisnis menguntungkan
Asuransi

Hal paling penting lainnya yang bisa mendulang untung besar di tengah banjir ialah asuransi.

Bencana banjir tak lantas membuat perusahaan asuransi rugi karena klaim yang melonjak. Sebab, perusahaan asuransi sudah memiliki skenario antisipasi agar kinerja perusahaan tetap positif.

Karena itu, bencana banjir justru menjadi berkah bagi perusahaan asuransi karena mendatangkan konsumen baru. 

Ini membuat kinerja perusahaan asuransi maupun perbankan pemilik produk asuransi akan tetap memiliki pertumbuhan kinerja positif.

Itulah enam bisnis menguntungkan di tengah banjir yang bisa meraup cuan. Semoga informasi di atas membantumu!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →