Gaji Masih Kurang? Jangan Khawatir Bisnis Modal Kecil Ini Menjadi Solusi Keuangan

Bisnis modal kecil dengan membuka usaha keripik pisang

Buat mendapatkan penghasilan tambahan, kamu bisa memulainya dengan bikin bisnis modal kecil. Dengan membuat sebuah bisnis tapi gak perlu mengeluarkan banyak uang, dijamin bisa menambah penghasilan di setiap bulannya. 

Masalah gaji kecil kerap kali menjadi hambatan dalam bekerja, pengeluaran yang besar dan banyaknya kebutuhan membuat gaji seakan tak cukup. Meskipun sudah mengatur keuangan dengan sebaik mungkin tapi tetap aja nih kerap mengalami kekurangan setiap bulannya. 

Alternatif pilihannya bisa mencari pekerjaan baru dengan tawaran gaji yang lebih tinggi atau mencari penghasilan tambahan. Ketika mencari penghasilan tambahan konsekuensi waktu istirahat kamu akan berkurang.

Pilihan mencari pekerjaan baru bukanlah hal yang mudah, perlu waktu dan proses yang lebih lama. Nah kalau udah begitu, maka pilihan yang paling tepat dan memungkinkan adalah menambah penghasilan dengan berbisnis.

Salah satu bisnis modal kecil yang bisa dijalankan adalah bisnis makanan ringan berupa keripik pisang dengan berbagai varian rasa. Sebagai buah tropis, pisang sangat mudah ditemui di Indonesia bahkan hampir selalu ada di berbagai pulau. 

Buah pisang juga merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan, selain bisa dimakan secara langsung, bisa diolah terlebih dahulu menjadi aneka makanan. Misalkan keripik pisang yang sering dijajakan di pasar tradisional maupun  sudah dikemas lebih modern menjadi salah cemilan favorit banyak orang Indonesia.  

Cara pembuatan keripik pisang juga sangat sederhana dan tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Akan tetapi, untuk olahan pisang satu ini membutuhkan kemasan yang baik dan aman agar daya tahan atas rasa kualitasnya setelah diolah. 

Jika memiliki kemasan yang menarik buat olahan pisang berupa keripik pisang gimana caranya agar dapat terjaga, dan juga sensasi renyah keripik juga tidak hilang.

Orang Indonesia doyan cemilan

Orang Indonesia pada umumnya menyukai cemilan di sore hari

Keripik pisang bisa menjadi bisnis camilan yang menjanjikan keuntungan meskipun bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Untuk cemilan yang satu ini memang cocok buat semua umur dan kategori sosial ekonomi juga dapat mengonsumsi keripik pisang.

Jika ingin terjun bisnis keripik pisang ini, hal yang utama adalah dengan mengetahui target pasar dituju. Berdasarkan hasil survei yang bertajuk The State of Snacking yang dilakukan

Mondelez International kepada 1.500 orang dewasa, menyatakan orang Indonesia lebih sering mengonsumsi camilan daripada makanan berat.

Bahkan selama satu hari, orang Indonesia bisa mengonsumsi tiga kali camilan dibandingkan makanan berat. Selain itu, untuk waktu mengemil cemilan, orang Indonesia cenderung menyantapnya di pagi hari. 

Memang bukan pada saat baru melek bangun tidur, lebih tepatnya di antara sarapan dan makan siang. Sedangkan faktor yang mempengaruhi orang Indonesia mengonsumsi cemilan ini adalah aktivitas padat, hingga terjebak kemacetan.

Nah, dengan data ini bisnis modal kecil keripik pisang bisa menjadi ladang usaha baru nih bagi yang mau menambah penghasilan tiap bulannya. Selain memiliki pangsa pasar yang luas, produk keripik pisang juga diterima di semua kategori sosial ekonomi.

Cara promosi bisnis keripik pisang

Lakukan promosi yang gencar di segala media sosial

Agar bisnis keripik pisang bisa berjalan mulus, hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan promosi dengan tepat sasaran. Caranya adalah dengan memasarkan produk keripik pisang di platform jual beli online atau marketplace yang ada. 

Dengan memasarkan produk ke dalam marketplace maka akan memberikan kemudahan dalam menjangkau konsumen, karena tidak ada batasan jarak lokasi, dan waktu konsumen bisa kapan saja membeli produk keripik pisang.

Namun demikian, untuk berjualan dalam pasar online atau marketplace ada beberapa hal yang harus dilakukan agar produk bisa laku terjual. Pertama, harus menggunakan foto produk yang menarik dan jelas atau tidak buram. 

Bukan rahasia lagi saat ini konsumen akan lebih memilih membeli produk pada marketplace dengan foto produk yang jelas dan tidak buram. Kedua, gunakan detil informasi produk yang baik dan benar. 

Jangan lupa setelah foto yang baik, cantumkan juga informasi produk dengan jelas agar konsumen mengetahui dan mengerti soal produk. Ketiga, perhatikan pilihan metode pengiriman, saat ini layanan pengiriman barang sangat beragam, mulai dari reguler, paket kilat, hingga pengiriman dengan tempo hitungan jam. 

Pastikan produk dijual memiliki pilihan metode pengiriman yang disukai konsumen, pasti konsumen memilih harganya murah tetapi juga barang cepat sampai dan aman.

Keempat, gunakan media sosial baik itu Instagram, Facebook, Twitter, hingga website pribadi. Jadikan halaman media sosial ini sebagai penyalur pesan dari produsen ke konsumen, pastikan menggunakan foto dan caption yang menarik. 

Selain itu yang pasti jangan terlalu hard selling, biasanya followers media sosial bakal malas dan terganggu jika pemilik akun terlalu menerapkan cara hard selling di akun media sosial. 

Gak hanya soal promosi, menjaga cita rasa, kualitas, dan kebersihan produk juga penting di mata konsumen. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar jualannya laris manis.

Gunakan bahan baku pisang, minyak goreng, hingga bubuk rasa yang berkualitas. Jangan lupa gunakan kemasan yang ramah lingkungan dan aman untuk makanan.

Buat akun sosial media Instagram, Twitter, dan Facebook untuk sarana promosi. Foto menu-menu yang menarik membuat orang yang melihatnya langsung lapar dan mau membeli.

Ikuti pameran atau festival agar produk mu makin dikenal publik. Perluas jangkauan dengan daftarkan bisnis milikmu di GoFood dan GrabFood.

Berikan harga promo ketika baru launching produk. Ikuti program pomo dari GoFood dan GrabFood. Jangan lupa siapkan kartu ucapan terima kasih, agar pelanggan kamu merasa dihargai. Gunakan pencatatan keuangan arus kas yang baik antara pemasukan dan pengeluaran

Keunggulan dan kelemahan bisnis keripik pisang

Keripik pisang memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai bisnis dengan modal kecil

Dalam bisnis camilan tentu ada kelebihan dan kekurangan produk, untuk olahan pisang ini memiliki kelebihan berupa bahan baku pisang yang tidak sulit dicari.  Diterima oleh semua kalangan, memiliki varian rasa yang beragam, dan juga mudah dalam hal pembuatan.

Sedangkan kelemahannya adalah bahan baku pisang yang mudah rusak jika tidak cepat diproses. Dan juga keripik pisang akan mudah rusak jika disimpan terlalu lama ditempat yang sembarangan, sebab produk camilan keripik ini mesti disimpan dalam wadah yang kedap udara agar menjaga kualitas keripik pisang itu sendiri.

Peralatan dan bahan baku

Alat-alat yang diperlukan dalam proses pembuatan keripik pisang ini yaitu :

  1. Parutan keripik pisang
  2. Wajan penggorengan
  3. Kompor Gas
  4. Regulator Gas 1 set
  5. Wadah perendaman pisang
  6. Penyaring minyak
  7. Spatula
  8. Wadah keripik matang
  9. Wadah bubuk rasa
  10. Wadah adukan rasa keripik pisang
  11. Kemasan plastik camilan

Bahan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan keripik pisang adalah: 

  1. Buah pisang yang digunakan untuk membuat keripik ini adalah pisang nangka, karena pisang nangka ini jika digoreng akan menghasilkan tekstur keripik yang kering bila dibandingkan dengan jenis pisang lainnya.
  2. Garam
  3. Minyak goreng
  4. Varian bubuk perasa buat makanan (red: keju, susu, cokelat, madu dan stroberi).

Cara pembuatan keripik pisang

Begini cara membuat keripik pisang yang bisa dijadikan sebuah bisnis

  1. Pilih pisang muda untuk membuat keripik pisang.
  2. Beri garam pada wadah yang telah diisi air bersih dan aduk sampai tercampur merata.
  3. Kupas pisang, iris tipis – tipis dan masukan ke dalam wajan atau loyang yang telah berisi larutan air garam.
  4. Jika sudah, maka angkat irisan pisang sari larutan garam tersebut dan masukan ke dalam penggorengan yang telah berisi minyak goreng dan telah dipanaskan.
  5. Saat proses penggorengan, pisang aduk – aduk agar merata.
  6. Jika sudah kecoklatan maka angkat keripik pisang dan tiriskan. Tunggu sampai dingin.
  7. Kemas kedalam kantong plastik secara rapi dan keripik pisang siap dipasarkan.

Perhitungan modal dan omzet

No Nama Barang Jumlah Harga
1 Parutan keripik pisang 1 Rp 35.000
2 Wajan penggorengan 1 Rp 200.000
3 Kompor Gas 1 Tungku 1 Rp 150.000
4 Regulator Gas 1 set 1 Rp 100.000
5 Wadah perendaman pisang 2 Rp 100.000
6 Penyaring minyak 1 Rp 25.000
7 Spatula 1 Rp 25.000
8 Wadah keripik matang 3 Rp 150.000
9 Wadah bubuk rasa 3 Rp 100.000
10 Wadah adukan rasa keripik pisang 1 Rp 50.000
11 Kemasan plastik camilan 300 Rp 200.000
12 Pisang Nangka 75 kg Rp 450.000
13 Garam 250 gram Rp 10.000
14 Minyak Goreng 12 Liter Rp 150.000
15 Bubuk Varian Rasa 3 Rasa Rp 150.000
TOTAL Rp 1.895.000

 

Penjualan
Penjualan Rp 15.000 (250 gram) x 300 pack Rp4.500.000
Modal Peralatan dan Bahan Baku Rp1.895.000
LABA Rp2.605.000

Nah, dengan berbagai perhitungan modal dan keuntungan, bisnis keripik pisang bisa menjadi alternatif pilihan yang mudah untuk menambah penghasilan disamping gaji utama dari pekerjaan. Bisnis ini juga fleksibel, misalkan atur waktu produksi dan pengemasan saat akhir pekan. 

Jadi tidak mengganggu produktivitas kantor tetapi memiliki penghasilan tambahan, patut dicoba ya! Itu dia jika kamu pengin membuat bisnis modal kecil dengan keuntungan yang lumayan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)