Bisnis Oriflame, Modal Kecil dengan Keuntungan Tinggi

bisnis oriflame

Oriflame adalah sebuah perusahaan kosmetik yang menawarkan berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit melalui jaringan penjual mandiri (independent sales force). 

Bisnis yang didirikan pada tahun 1967 ini sudah beroperasi di lebih dari 60 negara, termasuk Indonesia. Sistem kerjanya yang mudah, membuat Oriflame kerap dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Sayangnya, meskipun menjanjikan untuk mendapat keuntungan dengan cepat, tidak sedikit dari mereka yang berhenti di tengah jalan karena bisnis yang dijalankan tidak berjalan lancar sesuai keinginan.

Nah, untuk meminimalkan risiko kegagalan, kenalan dulu yuk dengan sistem kerja bisnisnya di sini.

Cara Mengelola Bisnis Oriflame

umr jakarta

Cara mengelola bisnis ini terbagi menjadi dua tahapan, mulai dari pendaftaran hingga mulai penjualan. Berikut adalah tahapan-tahapannya.

1. Melakukan pendaftaran

Melakukan pendaftaran dengan mengisi data pribadi dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp49.900 sudah memberi kita poin sebanyak 100 poin. Apabila melakukan pendaftaran pada saat promo, maka kita bisa mendapatkan biaya pendaftaran yang lebih murah, yaitu sekitar Rp19.900.

Persyaratan pendaftaran Oriflame

Jika ingin bergabung dengan bisnis ini, pastikan usia kita sudah di atas 18 tahun dan memenuhi persyaratan berikut.

  • Melampirkan KTP.
  • Membayar uang pendaftaran.
  • Mengisi data diri, mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, nomor ponsel aktif, dan surel.

2. Berjualan produk

Setelah mendaftar, maka kita akan mendapatkan katalog yang bisa digunakan untuk menjual produk Oriflame. Sistem penjualan produk Oriflame pun dapat dilakukan secara offline maupun online dan mengajak orang lain untuk turut bergabung.

Tips Menyusun Strategi Berbisnis Oriflame

Tentunya ketika mengelola usaha ini, kita mengharapkan mendapatkan keuntungan. Nah, untuk mendapatkan keuntungan di bisnis Oriflame, maka kita harus menyusun strategi-strategi jitu. Yuk, simak apa saja.

1. Berjualan langsung

Berjualan langsung kepada orang-orang yang tinggal di lingkungan sekitar, seperti di perkumpulan arisan, PKK, atau bahkan sebatas kerabat dan teman adalah awalan yang bagus. Dengan berjualan langsung, kita bisa mendapatkan keuntungan sebesar 30 persen dari penjualan dan aneka hadiah dengan mengumpulkan poin.

2. Mengembangkan jaringan

Untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis Oriflame, maka kita harus melewati beberapa level. Salah satu syarat untuk dapat naik level adalah dengan mengembangkan jaringan atau mengajak orang lain untuk turut bergabung.

Dengan semakin banyak yang bergabung, maka semakin besar pula keuntungan yang didapat. Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapat dengan megembangkan jaringan.

  • Komisi bulanan hingga 21 persen setiap bulannya.
  • Bonus & reward dari pencapaian level, mulai dari Rp7 juta – Rp700 juta.
  • Gratis jalan-jalan.
  • Program insentif kepemilikan rumah & mobil gratis.
  • Bisnis yang bisa diwariskan kepada anak dan cucu.

Level, bonus, dan jenjang karier di Oriflame

Mungkin bagi sebagian orang, Oriflame tidak ada bedanya dengan kerja di MLM. Namun, jika MLM identik dengan usaha yang hanya menguntungkan upline saja, Oriflame justru digadang-gadang memiliki perhitungan level dan bonus yang unik dan adil baik untuk upline maupun downline.

Poin Level Bonus Karier
10.000 21% Rp4 juta – Rp7 juta Senior Manajer
6.600 18% Rp2 juta – Rp3 juta Manajer
4.000 15% Rp1 juta Manajer
2.400 12% Rp750 ribu Manajer
1.200 9% Rp350 ribu Konsultan
600 6% Rp150 ribu Konsultan
200 3% Rp50 ribu Konsultan

3. Promosi di media sosial

Agar produk yang kita jualkan cepat laku di pasaran. Maka kita bisa melakukan promosi penjualan di media sosial pribadi, baik itu Facebook, Instagram, maupun Twitter.

Kita juga bisa mempromosikan barang dagangan di berbagai forum atau menggunakan layanan iklan berbayar di media sosial. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang membeli jualan kita.

4. Ketahui produk yang dijualkan dengan baik

Setiap penjual tentunya harus paham dengan dagangan yang dijual. Bayangkan saja, misalnya ada pembeli yang bertanya produk apa yang cocok untuk kulitnya yang kering, tapi kita tidak bisa menjawab. Yang terjadi justru pembeli tidak percaya dengan kita dan batal membeli.

Maka dari itu, pahami terlebih dahulu produk yang akan dijual, seperti sering membuka katalog, memahami kandungan produk, hingga mencari berbagai informasi terkait produk di internet. Apabila kita sudah menguasai pastinya proses berjualan akan jauh lebih mudah.

5. Membuat review produk

Di zaman sekarang ini sudah banyak pembeli yang pintar, tidak hanya karena iming-iming murah langsung membeli, namun kini banyak pembeli yang mencari review tentang apa pun di internet sebelum membeli sesuatu.

Nah, agar barang dagangan kita dipercaya, bisa nih kita me-review produk yang akan dijual di blog pribadi. Tinggal beri ulasan yang menarik dan beri banyak informasi maka pembeli akan tertarik.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Oriflame

Setiap bisnis pastinya punya kelebihan dan kekurangan, termasuk bisnis Oriflame juga. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

1. Kelebihan

Bagi yang sedang mencari penghasilan tambahan, bisnis Oriflame memang bisa menjadi pilihan. Sebab kita bisa mendapatkan komisi dari penjualan, ditambah penghasilan tambahan dengan mengundang teman untuk turut bergabung. Selain itu, kelebihan lainnya yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Risiko gagal yang lebih kecil.
  • Masih banyak orang yang mencari produk kecantikan maupun perawatan tubuh.
  • Tidak perlu menyiapkan karyawan.
  • Tidak perlu menyiapkan perlengkapan atau peralatan kerja, karena bisnis yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja.
  • Biaya operasional yang rendah.
  • Bisa mendapatkan berbagai jenis skin care dengan harga murah.
  • Mendapatkan banyak bonus penjualan dari poin yang didapatkan.

2. Kekurangan

Meskipun dianggap berbeda dengan usaha MLM, namun Oriflame juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Harus mengejar target poin, jika tidak terkejar maka tidak akan mendapat keuntungan.
  • Bagi yang tidak berhasil tutup poin, maka poin yang sudah dikumpulkan akan hangus.
  • Bagi member yang tidak aktif dalam kurun waktu setahun, maka keanggotaannya akan dihapus.
  • Persaingan produk kecantikan dengan harga murah sudah semakin tinggi sehingga kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar akan sulit.

Bisnis Oriflame memang dipercaya bisa memberikan keuntungan yang besar. Namun persaingan yang tinggi membuat kita harus lebih bekerja keras. Siapkan strategi yang matang dan pisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis agar kita menjadi lebih mudah mengelola keuangan.

Nah, untuk berjaga-jaga selama kita bekerja keras berbisnis mencari keuntungan, jangan lupa untuk memproteksi diri dengan asuransi

Jika masih bingung memilih produk asuransi yang cocok di bujet atau kondisi saat ini, kita bisa cek berbagai jenis asuransi menarik dengan harga terjangkau di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →