Cara Mengelola Bisnis Percetakan dengan Omzet Besar

Bisnis percetakan menjadi salah satu peluang usaha yang banyak menarik perhatian pebisnis muda saat ini. 

Ini dikarenakan usaha percetakan memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Selain itu, usaha ini juga seakan tidak pernah mati dan dibutuhkan oleh orang banyak. Sebut saja contohnya percetakan undangan, brosur, spanduk, dan lainnya. 

Nah, sebelum memutuskan untuk menekuni bisnis ini, sebaiknya ketahui terlebih informasi seputar bisnis percetakan di bawah ini, ya!

Jenis-Jenis Bisnis Percetakan 

peluang sukses bisnis percetakan

Bisnis percetakan pada umumnya terbagi dalam beberapa kategori, di antaranya adalah:

1. Kartu undangan

Percetakan kartu undangan rasanya selalu ramai dipasaran. Sesuai dengan namanya, bisnis ini menawarkan pelayanan percetakan kartu undangan baik pernikahan, ulang tahun, khitanan, dan perayaan penting lainnya.  

Jika tertarik untuk menggeluti bisnis cetak kartu undangan, sebaiknya sesuaikan modal yang ada dengan strategi bisnis kita. Misalnya, jika memiliki modal terbatas, mulailah menjual kartu undangan dalam skala pasar yang lebih kecil. Seperti keluarga, teman, tetangga, dan lainnya. 

Sedangkan jika memiliki modal yang lebih besar, jangan ragu untuk promosikan pada pasar yang lebih luas. Misalnya, dengan mengikuti pameran pernikahan, mempromosikan bisnis tersebut secara online, dan lainnya. 

2. Formulir 

Percetakan formulir umumnya memiliki pasar yang lebih luas, di mana kita menawarkan layanan percetakan meliputi kop surat, amplop, kartu nama, poster, brosur, kalender, mug, dan lainnya. 

Berbeda dengan layanan cetak sebelumnya, jenis percetakan ini perlu melakukan pendekatan kepada berbagai perusahaan. Tidak perlu langsung ke perusahaan besar, kita bisa mulai dari perusahaan berskala kecil atau UKM terlebih dahulu. Selain itu, jangan ragu untuk berikan harga khusus pada awal pemesanan, ya. Dengan begitu, kita dapat membangun hubungan kerja sama yang baik. 

3. Buku

Jika dibandingkan dengan kedua jenis percetakan sebelumnya, layanan percetakan buku terbilang lebih tersegmentasi. Ini dikarenakan pengguna jasa percetakan buku adalah pihak penerbit buku saja. Namun, keuntungan yang didapat oleh jenis bisnis ini juga lebih menguntungkan, karena skala permintaannya juga lebih besar. 

Sebagai informasi tambahan, buku yang laris dicetak adalah buku yang berkaitan dengan soal-soal ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri dan soal-soal tes CPNS. Untuk itu, kita bisa melakukan pendekatan pada jenis penerbit buku tersebut.. 

Potensi Sukses Bisnis Percetakan 

bisnis percetakan di Indonesia

Usaha percetakan memiliki potensi kesuksesan yang cukup besar. Jika dibandingkan dengan ide bisnis lainnya. Ini dikarenakan jasa percetakan selalu dicari dan menjadi kebutuhan penting, khususnya bagi berbagai lembaga badan usaha. 

Meski begitu, perlu diingat bahwa tingkat persaingan  bisnis ini juga terbilang sangatlah tinggi. Ini terbukti dengan banyaknya tempat percetakan baru yang terus bermunculan baik di daerah perkotaan hingga daerah yang lebih terpencil. Namun, jika menggunakan strategi bisnis yang tepat, kita pasti bisa bersaing dengan usaha percetakan lainnya. 

Tips Sukses Mengelola Bisnis Percetakan

lokasi bisnis percetakan

Untuk dapat bersaing dan menghasilkan omset besar, kita perlu menetapkan strategi bisnis yang tepat. Salah satunya adalah dengan memahami peluang usaha yang ada. Artinya,jika memiliki lingkup pergaulan yang mayoritas adalah pemilik bisnis, maka sebaiknya buka usaha percetakan jenis formulir. Berikut ini beberapa tips lainnya yang bisa dipertimbangkan:

1. Pelajari tahapan proses percetakan 

Ketika memutuskan untuk menjalankan usaha percetakan, tentu kita perlu mengerti terlebih dahulu skema tahapan yang harus dijalankan, seperti: 

  • Menerima order
  • Menganalisa order.
  • Cari tahu komponen produksi yang diperlukan. 
  • Kalkulasikan biaya produksi dan tetapkan harga. 
  • Proses produksi. 
  • Lakukan quality controlling. 
  • Proses packaging. 
  • Proses pembayaran.
  • Proses pengiriman.

2. Tetapkan lokasi yang strategis

Lokasi menjadi salah satu penentu utama kesuksesan suatu bisnis percetakan. Itu sebabnya, sebaiknya pilih lokasi usaha percetakan dekat dengan pasar yang dituju. Misalnya, jika menargetkan pangsa pasar mahasiswa, maka buka usaha cetak di depan kampus. 

Namun, untuk bisa mendapatkan lokasi strategis tersebut, umumnya kita perlu menyiapkan dana sewa tempat yang cukup besar. Namun, jangan khawatir, cara lainnya kita juga bisa membuka usaha percetakan rumahan. Dengan begitu, kita tidak perlu menyiapkan dana besar untuk sewa tempat.

Meski begitu, karena akses usaha percetakan rumahan umumnya tidak terlalu mencolok, maka kita perlu ekstra kerja keras dalam mempromosikan bisnis tersebut baik secara online maupun offline.  

Cara Memulai Bisnis Percetakan 

Pengertian Uang dan Fungsinya

Untuk bisa memulai bisnis percetakan, kita perlu menyiapkan modal awal untuk membeli beberapa alat percetakan, seperti:

Peralatan Percetakan Kisaran Harga
Komputer  Rp3 juta
Mesin percetakan Rp10 juta
Mesin pemotong Rp3 juta
Mesin laminating Rp800 ribu
Kertas dan ATK Rp1 juta
Tinta mesin cetak Rp300 ribu
TOTAL Rp28 juta

Ketika membeli peralatan di atas, yang paling penting adalah teliti dalam memilih printer. Sebagai rekomendasi, beli printer dengan jenis all in one, di mana satu printer dapat digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari fotokopi, cetak, dan scan. Umumnya, harga untuk printer jenis ini adalah sekitar Rp10 juta. 

Demikian beberapa informasi penting seputar bisnis percetakan. Dengan mempertimbangkan poin-poin di atas, kita tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis menguntungkan ini. 

Namun ingat, bisnis apa pun yang dijalani, kita tetap harus punya asuransi yang dapat memproteksi kita atas risiko pengeluaran finansial, seperti biaya pengobatan akibat sakit keras, kecelakaan berat, dan musibah-musibah lainnya. 

Nah, kabar baiknya Lifepal menawarkan produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang sangat beragam, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kita. Bahkan, ada beberapa produk asuransi yang dapat dibeli dengan bujet mulai dari Rp5 ribuan per bulan. Tertarik? Jangan segan untuk menghubungi tim Lifepal, ya!

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →