Begini Caranya Bikin Bisnis Pet Shop Kamu Punya Nilai Plus dan Bercuan!

Bikin bisnis pet shop memiliki nilai plus dan bercuan, begini caranya!

Memiliki bisnis pet shop memang menarik sih, pasalnya kamu bakal menjual keperluan hewan peliharaan kesayangan pecinta satwa. Gak cuma itu, sebagai pemilik bisnis pet shop kamu juga bakal melihat tingkah laku hewan peliharaan konsumen. Nah gimana sih agar bisnis yang sedang kamu jalani ini memiliki cuan yang banyak? 

Ya bisnis pet shop adalah salah satu usaha yang wajib dipertimbangkan dalam mendatangkan penghasilan. Gak cuma itu, memiliki kecintaan terhadap hewan peliharaan menjadi landasan banyak orang melakukan bisnis ini. 

Selain passion, kamu juga dituntut nih memiliki ilmu yang oke soal bagaimana melihara hewan peliharaan. Gak cuma melihara aja, tapi penanganan saat hewan peliharaan sakit juga menjadi salah satu modal kamu membangun bisnis ini. 

Mulai dari vitamin, obat-obatan hingga makanan apa yang cocok buat hewan peliharaan sesuai dengan usianya juga salah satu modal kamu. Memulai dan sudah mendirikan bisnis ini kamu juga bakal ketemu sesama pecinta hewan peliharaan. 

Lantas gimana sih bikin bisnis pet shop kamu laris manis dan mendapatkan banyak uang serta pelanggan setia? Yuk simak aja di bawah sini, siapa tahu kamu bisa meningkatkan usaha yang sedang dijalani. 

Lalukan riset demi meningkatkan kualitas 

Lakukan riset terlebih dahulu sebelum membangun pet shop
Lakukan riset terlebih dahulu sebelum membangun pet shop, (Shutterstock).

Nah bagi kamu yang berencana membangun bisnis pet shop, gak ada salahnya nih melakukan riset kecil-kecilan. Riset soal jenis hewan peliharaan apa saja yang banyak digemari di daerah kamu pengin bikin pet shop. 

Dengan melakukan riset, kamu akan fokus nih peralatan atau barang-barang apa saja yang akan dijual di pet shop mu. Pada umumnya, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing menjadi primadona, maka gak heran kalau banyak orang mencari segala keperluan kedua hewan mamalia tersebut di pet shop. 

Melakukan promosi di media

Melakukan promosi melalui media maupun brosur bisa lho
Melakukan promosi melalui media maupun brosur bisa lho, (Shutterstock).

Salah satu pemasaran yang sangat efektif buat memperkenalkan bisnis pet shop kamu adalah dengan menggunakan media. Lama media sosial seperti Facebook, Instagram maupun Twitter bisa kamu manfaatkan. 

Gak cuma di dunia maya, kamu juga bisa melakukan promosi melalui brosur. Dengan melakukan promosi seperti di atas, dijamin memudahkan memperkenalkan bisnis mu ini. 

Lewat media di atas kamu juga bisa menyebutkan barang-barang, layanan apa saja yang bakal dijual di pet shop mu. 

Bikin komunitas dengan pecinta hewan

Bikin komunitas sesama pecinta hewan sangat perlu lho
Bikin komunitas sesama pecinta hewan sangat perlu lho, (Shutterstock).

Ketika membangun usaha ini, kamu mau gak mau bakal berhubungan nih dengan orang-orang yang menyukai hewan peliharaan. Oleh karena itu gak ada salahnya nih bikin perkumpulan atau gathering dengan komunitas pecinta hewan. 

Dengan rutin membuat gathering rutin bareng pecinta hewan, kamu bisa lho memulai mempromosikan bisnis mu. Mulai menjelaskan produk-produk apa saja yang dijual hingga layanan-layanan sangat menguntungkan bagi pecinta hewan bisa lho. 

Penataan atau estetika tempat pet shop yang unik!

Melakukan penataan pet shop juga penting lho agar bisnis mu makin ciamik
Melakukan penataan pet shop juga penting lho agar bisnis mu makin ciamik, (Shutterstock).

Ketika menginjakkan kaki di pet shop, tentunya estetika tempat bisnis juga mesti diperhatikan lho. Jangan sampai konsumen yang masuh ke pet shop mu merasa sesak atau pengap lantaran menumpuknya barang-barang yang dijual. 

Oleh karena itu sangat penting lho kamu melakukan penataan pet shop mu. Memikirkan estetika tempat bisnis juga perlu dipertimbangkan agar kenyamanan pelanggan juga terpikirkan gak hanya meraup cuan semata. 

Menata display jenis makanan sesuai dengan usia hingga aksesoris keperluan hewan peliharaan perlu banget nih. Jangan sampai pengunjung yang datang pusing mencari produk atau barang keperluan hewan peliharaan. 

Berikan konsultasi gratis

Memberikan konsultasi gratis menjadi nilai plus bagi pet shop bikinan mu
Memberikan konsultasi gratis menjadi nilai plus bagi pet shop bikinan mu, (Shutterstock).

Nah ini sangat penting nih bagi kamu yang berencana membangun bisnis pet shop dengan memberikan layanan konsultasi gratis. Ketika kamu memberikan layanan konsultasi gratis ke pelanggan soal keluhan hewan peliharaan. 

Konsultasi mulai dari kesehatan hingga jenis makanan hewan peliharaan memang sangat diperlukan nih buat sebuah pet shop. Oleh karena itu kamu mesti memiliki karyawan yang mempunyai keahlian serta cinta dengan hewan peliharaan. 

Dengan adanya layanan konsultasi gratis ke pelanggan, menjadi nilai plus nih bagi pet shop kamu. 

Bangun profesionalitas perlu lho!

Membangun profesionalitas di pet shop mu sangat penting, apalagi memiliki karyawan yang oke
Membangun profesionalitas di pet shop mu sangat penting, apalagi memiliki karyawan yang oke akan pengetahuan hewan peliharaan menjadi daya pikat tersendiri, (Shutterstock).

Ketika menjalankan bisnsi ini kamu mesti menghindari kesalahan-kesalahan dalam usaha ini. Yang mesti kamu hindari adalah mempekerjakan karyawan ceroboh atau gak telaten, ini penting banget buat di perhatikan lho. 

Misalkan menggunting kuku hewan peliharaan terlalu dalam sehingga luka dan bikin si makhluk lucu ini menjadi stres. Jadi kamu mesti memperkerjakan karyawan seprofesional mungkin.  

Memiliki karyawan dengan pengetahuan soal hewan peliharaan perlu banget nih bagi kamu yang membangun bisnis pet shop ini. 

Nah itu dia deretan cara jitu bikin bisnis pet shop kamu dapat menghasilkan cuan. Jadi membangun bisnis itu gak semata-mata hanya pengin mendapatkan keuntungan semata, tapi juga mesti memiliki nilai plus dan pelayanan yang baik. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →