Bisnis Properti Bisa Gagal Kalau Lakukan 5 Kesalahan Ini

Bisnis properti kini banyak dilirik orang karena dapat memberikan keuntungan yang besar banget. Gak heran kalau banyak orang yang semakin kaya karena menggeluti bisnis properti. Malah beberapa orang terkaya di Indonesia ya bisnisnya properti ini.

Kenapa sih bisnis properti bisa bikin kaya raya?

Alasan yang paling utama karena tingginya kebutuhan tempat tinggal seperti rumah, apartemen, ruko, dan lainnya. Alasan lain, harga tahan makin tahun makin naik. Ini bikin harga sewa properti otomatis terkerek.

Walaupun menguntungkan banget, tapi bukan berarti gak ada kerugiannya lho. Gak sedikit orang yang mengalami bangkrut akibat bisnis properti.

Karena itu, penting buat siapa aja untuk tahu kesalahan apa aja sih yang harus dihindari biar gak gagal menjalankan bisnis properti.

Penasaran apa aja itu? Simak yuk lima kesalahan yang bisa bikin bisnis properti gagal total.

1. Salah pilih lokasi

bisnis properti
Salah pilih lokasi (marketeers)

Salah satu kesalahan bisnis properti yang bikin bangkrut adalah salah pilih lokasi. Dalam bisnis properti itu, posisi memengaruhi prestasi. Dengan kata lain lokasi usaha dapat memengaruhi sukses atau tidaknya bisnis.

Misalnya kamu membangun kost-kostan di kawasan perkantoran atau kampus. Dijamin bakalan laris manis deh ketimbang di pelosok.

Banyak banget yang mengalami rugi besar karena salah menentukan lokasi pembangunan properti. Misalnya, akses terlalu susah atau jauh dari mana-mana.

Nah, buat menghindari kesalahan tersebut pilihlah lokasi yang emang potensial, jangan cuma mengutamakan harga tanah yang masih murah aja.

[Baca: Bisnis Properti: Ternyata Ini 4 Kerugian Jual Beli Tanah]

2. Gak mementingkan kualitas

bisnis-properti
Gak mementingkan kualitas (samiliar)

Karena pengin mendapatkan keuntungan yang besar, kamu malah menomor duakan kualitas. Misalnya dengan memilih bahan bangunan yang paling murah.

Hal itu kamu lakukan karena beranggapan kalau konsumen gak menjadikan hal tersebut sebagai prioritas utama.

Padahal, jika terjadi kerusakan bangunan dalam waktu dekat seperti kurang dari satu tahun, kredibilitas perusahaanmu yang bakal jadi taruhannya.

Terlebih jika udah banyak omongan negatif yang beredar di sosial media. Bisa-bisa masyarakat gak percaya lagi. Kalau udah seperti itu, siap-siap gulung tikar deh.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

3. Over kredit

bisnis properti
Over kredit (logic-immo)

Kesalahan lainnya yang harus kamu hindari adalah over kredit. Apa maksudnya?

Over kredit adalah situasi dimana kamu gagal melakukan pembayaran kredit atau utang yang akhirnya harus mengalihkan bisnis properti ke pihak lain. Kondisi tersebut tentu aja merugikan kamu banget. Uang yang kamu keluarkan di awal hangus gitu aja.

Karena itu, sebelum benar-benar mulai menjalankan bisnis tersebut, lakukan perencanaan keuangan dengan baik dan tepat.

Ingat kalau bisnis properti itu membutuhkan modal yang besar banget. Jadi, kamu gak bisa sembarangan. Kamu tentu gak pengin berhenti di tengah jalan karena kekurangan modal.

[Baca: Bisnis Properti, 5 Artis Indonesia Ini Makin Tajir Melintir!

4. Terlalu terburu-buru

bisnis-properti
Terlalu terburu-buru (comparaonline)

Gak sedikit pengembang properti yang mengerjakan proyek pembangunan dengan terburu-buru tanpa perencanaan yang matang.

Padahal biar bisnis yang kamu jalankan berjalan lancar, syaratnya adalah bikin persiapan yang matang biar hasilnya semakin baik. Misalnya, dengan memperhitungkan jangka waktu serta biaya pembangunan.

Hal itu bertujuan buat menghindari masalah yang bisa aja terjadi di tengah proses pembuatan proyek.

5. Harga terlalu mahal

bisnis-properti
Harga terlalu mahal (velaasia)

Kesalahan lainnya yang bikin bisnis properti gagal total adalah mematok harga yang terlalu mahal.

Harga jual atau sewa itu menjadi hal yang penting banget dalam pemasaran properti. Karena itu, kamu sebaiknya melakukan riset dan perhitungan yang tepat sebelum menentukan angka.

Jika kamu memberikan harga yang terlalu tinggi, yang ada banyak orang yang gak pengin atau mampu menyewa atau membeli di kamu. Ingat, kini masyarakat semakin cerdas melakukan perbandingan harga.

Karena itu, biar bisnismu lancar jaya, sebaiknya tentukan harga secara bijak ya.

[Baca: Bisnis Jual Beli Properti, 4 Orang Ini Sukses Jadi Konglomerat]

Itu dia lima kesalahan yang bisa bikin bisnis propertimu gagal total. Karena bisnis properti membutuhkan modal yang gak sedikit, sebaiknya buat perencanaan yang benar-benar matang, karena kalau rugi bisa bikin kamu langsung bangkrut.

Semoga bermanfaat!

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →