Sesuai Passion dan Unik! Ini Lho 8 Tips Bisnis Rumahan Agar Sukses

Memulai bisnis rumahan bisa lho, ini tips suskesnya

Pengin punya usaha atau bisnis sendiri pasti sudah menjadi mimpi kebanyakan orang, benar gak? Kenapa gak mencoba bisnis rumahan saja? Tapi kamu mesti ketahui dulu lho tipsnya. 

Lelah berangkat pagi dan pulang malam kerja sebagai orang kantoran? Perubahan zaman dan pola hidup orang kita kini perlahan-lahan sudah mulai berubah. 

Salah satunya, banyak lho orang kantoran yang banting setir akhirnya membuka usaha kecil-kecilan. Nah memilih bisnis rumahan memang cocok nih bagi para karyawan yang sudah jenuh dengan meeting maupun deadline. 

Pasalnya memulai bisnis di rumah sendiri, kamu bisa memonitor keseharian anak, mulai sekolah apalagi tugas dari sekolah, benar gak? Membuka bisnis di rumah memang salah satu keputusan yang menarik banget buat dilakukan. 

Memanfaatkan ruangan kosong maupun garasi rumah bisa lho dijadikan tempat usaha. Memiliki modal yang cukup juga salah satu penunjang banget untuk menjalani bisnis di rumah. 

Tapi gimana sih caranya agar bisnis rumahan kamu sukses dan hasilkan cuan? Yuk intip tips menarik di bawah sini, bagaimana caranya menjalankan usaha ini dengan sukses. 

Memilih bisnisnya sesuai passion

Bisnis rumahan kamu mesti memiliki passion

Punya cukup modal tapi kalau gak punya passion dalam menentukan berbisnis, buat apa? Sayang gak sih kamu sudah memiliki modal untuk memulai bisnis tapi gak mempunyai passion.

Jika memiliki passion yang bagus, untuk menjalankan sebuah bisnis atau pekerjaan apapun bakal terasa lancar. Passion salah satu landasan nih agar bisnis rumahan berjalan dengan sukses. 

Misalkan kamu suka dengan fotografi dan pengin membuka studio foto di rumah, bisa banget lho. Nah itu dia yang disebut passion dalam berbisnis. 

Pikirkan visi dan misi bisnis kamu

Memiliki visi misi dalam menjalankan bisnis rumahan juga sangat penting

Menentukan visi dan misi sangat penting banget nih buat menentukan arah bisnis yang sedang dijalankan. Meskipun hanya bisnis rumahan, gak ada salahnya lho kamu memikirkan visi dan bisnis ini. 

Jangan asal menjalankan saja tapi gak memiliki visi maupun misi yang jelas. Soal target tentunya menjadi salah satu yang wajib kamu pikirkan lho. 

Pasalnya nih jika gak memiliki visi dan misi bisnis, bagaimana bisa mencapai tujuan dan target. 

Jauhkan pikiran dari kata gagal

Memiliki pikiran positif, jauhkan pikiran gagal

Dalam berbisnis memang ada dua pilihan, gagal atau sukses. Nah yang mesti kamu tanamkan dalam pikiran adalah sukses, jangan pernah berpikir bisnis bakal gagal. 

Meskipun pemula, kamu mesti memiliki pola pikir yakin menjalankan usaha yang bakal di jalankan. Jangan pernah memiliki rasa pesimis buat menjalankan sebuah bisnis meskipun hanya di dalam rumah. 

Sebagai pebisnis mesti memiliki mental bisnis yang kuat lho seiring berjalannya waktu dan rintangan. Jadi, tanyakan pada diri sendiri, kuat mana antara berpikir untuk sukses dan gagal sebelum bisnis berjalan. 

Minta dukungan keluarga

Memiliki dukungan keluarga salah satu kunci sukses kamu dalam bisnis rumahan

Meminta restu dan dukungan dari keluarga juga salah satu poin penting nih dalam menjalankan bisnis rumahan. Pasalnya, kamu bakal menghabiskan waktu mu di rumah demi menghasilkan cuan ke dalam dompet setiap hari.

Keluarga menjadi pendukup atau support system dari segi materil dan non materil, benar gak? Pasalnya nih jika keluarga gak mendukung jalannua bisnis anda, bisa-bisa malah gagal karena tidak mendapatkan dukungan dari keluarga. 

Mulai dari merintis hingga sukses nanti, keluarga merupakan poin terpenting bagi kelangsungan bisnis. 

Berhitung kebutuhan modal

Pikirkan modal juga lho dalam menjalankan sebuah bisnis

Nah modal menjadi salah satu poin juga yang sangat mendukung bisnis rumahan mu berjalan dan sukses. Jika sudah memiliki niat berbisnis tapi gak memiliki modal yang cukup, rasanya agak sulit ya buat menjalankan sebuah bisnis. 

Hitung dengan teliti mana saja kebutuhan yang paling penting demi menjalankan niatan bisnis mu. Kamu juga mesti menghindarkan membelikan barang-barang yang rasanya gak penting nih atau gak perlu. 

Pandai-pandai memanfaatkan apa yang ada di rumah, misalkan garasi, kamar kosong, dapur demi menjalankan bisnis mu. 

Memikirkan waktu untuk memulai

Memikirkan waktu yang tepat salah satu langkar maju dalam berbisnis

Jika poin-poin di atas, ada baiknya nih kamu gak menunda-nunda untuk memulai bisnis rumahan. Pasalnya waktu terus berjalan, kebutuhan di dalam rumah juga mesti dipenuhi, maka dari itu untuk memikirkan waktu memulainya. 

Menjalankan bisnis memang gak bisa asal-asalan lho. Tapi jangan terburu-buru juga ya, kamu mesti memikirkan masak-masak dan cermat, salah sedikit saja kamu bisa merugi dan bikin pusing. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Misalnya, menjelang Ramadan kamu sudah terpikirkan nih untuk memulai bisnis rumahan seperti jualan makanan kecil hingga menu berbuka puasa. 

Punya keunikan barang yang dijual

Memiliki keunikan dalam menjalankan bisnis di rumah itu sangat penting

Saat terpikirkan dan mau memulai bisnis di rumah, kamu juga mesti memikirkan keunikan bisnis mu. Jenis barang yang dijual mesti memiliki keunikan, atau pelayanan bagus sehingga bisnis kamu bisa diterima oleh banyak orang. 

Apalagi saat ini bisnis kecil-kecilan atau rumahan udah banyak saingannya nih. Jadi pandai-pandai lah dalam mengelola bisnis termasuk barang yang akan dijual. 

Promosi sebagai vitamin bisnis

Melakukan promosi lewat sosial media yang ada

Dalam menjalankan bisnis kamu perlu banget nih untuk melakukan promosi. Lakukan promosi yang gak memakan biaya besar, misalkan memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram. 

Dua sosial media di atas memang salah satu peluang kamu untuk mempromosikan bisnis mu. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan promosi bisnis mu di rumah. 

Nah itu dia deretan tips bisnis rumahan agar sukses dan bercuan setiap harinya. Memulai dari nol gak apa-apa, asalkan kamu bisa mengelola dan kelak menerima hasil jerih payah. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →