Bisnis Rumahan Ini Tak Butuh Modal Besar, Layak Dicoba!

Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan semakin hari semakin populer. Selain bisa mendapat income tambahan, bisnis rumahan juga dikenal dengan modal yang murah, tidak membutuhkan peralatan maupun perlengkapan yang begitu banyak.

Dengan kelebihan tersebut, bisnis rumahan jadi pilihan banyak orang ketika ingin berbisnis tetapi tidak memiliki modal besar untuk sewa tempat. 

Bisnis rumahan juga jadi pilihan utama ketika bisnis masih dalam tahap pengembangan awal atau rintisan.

Salah satu bisnis rumahan yang bisa dijalani ialah menjual makanan olahan yang kini banyak dilakukan para pedagang yang memanfaatkan halaman atau garasi rumah sebagai lapak untuk berjualan. Seperti bisnis makanan berbahan dasar singkong yang dapat diolah jadi singkong keju.

Singkong kerap menjadi ejekan orang karena dinilai sebagai makanan orang kampung, padahal bahan pangan satu ini memiliki nilai jual yang tinggi ketika diolah dan disajikan dengan tampilan menarik dan menggugah selera.

Singkong juga bisa menjadi bahan baku makanan olahan bernilai jual tinggi seperti cake singkong, singkong Thailand, brownies singkong, keripik singkong, hingga singkong keju crispy.

Bisnis Rumahan Singkong Keju

bahan baku singkong
Bisnis Rumahan Singkong Keju (Shutterstock)

Cita rasa singkong yang tidak asing bagi orang Indonesia, hingga dapat diterima dari kalangan bawah hingga atas sekalipun membuat panganan ini cocok dikonsumsi untuk segala jenis usia.

Olahan singkong keju crispy juga memiliki rasa yang unik, harga yang terjangkau, dan tidak sulit dalam pembuatannya. 

Dalam merintis bisnis ini yang harus dipastikan adalah ketersediaan bahan baku singkong, upayakan memiliki satu penyalur tetap atau petani singkong yang bisa menjamin ketersediaan singkong setiap waktu.

Jika kamu bingung ingin merintis bisnis rumahan, bisnis olahan singkong keju crispy bisa menjadi pilihannya. 

Bahan Baku dan Peralatan Bisnis Singkong Keju

singkong sebagai bahan baku bisnis
Bahan Baku dan Peralatan Bisnis Singkong Keju (Shutterstock)

Sebelum proses pembuatan singkong keju, ada beberapa bahan baku dan peralatan yang harus disiapkan agar rasa singkong keju yang disajikan enak, renyah, dan tentunya membuat konsumen ketagihan terus membelinya.

1. Singkong Mentega

Dalam pembuatan singkong keju, tak sembarang singkong bisa menjadi panganan satu ini. Singkong keju membutuhkan bahan baku jenis singkong mentega, ketela satu ini dapat dikonsumsi dan memiliki rasa gurih seperti mengandung mentega, dan memiliki tekstur yang empuk setelah digoreng sehingga dapat diolah menjadi singkong keju.

2. Keju Parut

Olahan singkong keju, selain dibuat dengan bahan utama singkong, juga membutuhkan keju parut sebagai bahan baku tambahan untuk memberikan rasa gurih dan mempercantik sajian singkong keju itu sendiri.

3. Bubuk Rasa

Untuk memberikan rasa gurih pada singkong keju, bahan baku tambahannya adalah bubuk rasa atau yang biasa digunakan untuk bumbu kentang goreng. Bumbu ini ditaburkan setelah singkong selesai proses penggorengan.

4. Bawang Putih dan Garam

Bahan baku satu ini digunakan untuk sebagai bumbu saat proses perendaman singkong sebelum digoreng untuk memberikan cita rasa yang meresap hingga kedalam singkong.

5. Susu Kental Manis

Selain memiliki rasa gurih, singkong keju juga membutuhkan tambahan susu kental manis dalam penyajiannya, susu ini diperlukan untuk memberikan rasa manis pada singkong.

Peralatan Masak dan Perlengkapan Usaha

Nah, untuk memulai bisnis singkong keju, beberapa peralatan dan perlengkapan masak ini harus disiapkan. Apa saja? Yuk, ketahui di sini:

  1. Box Kertas
  2. Parutan Keju
  3. Pisau
  4. Talenan
  5. Pengupas Kulit Singkong
  6. Wadah Perendaman
  7. Saringan Minyak
  8. Wajan Penggorengan
  9. Spatula
  10. Plastik bungkus
  11. Garpu makanan
  12. Kompor Gas
  13. Tabung Gas
  14. Regulator Gas
  15. Penjepit gorengan
  16. Minyak Goreng

Resep dan Cara Pembuatan

singkong goreng dan keju parut
Resep dan Cara Pembuatan (Shutterstock)

Untuk proses pembuatan singkong keju, proses pertama adalah kupas singkong, kemudian, singkong dipotong-potong, direndam bumbu berupa campuran air, larutan garam, dan bawang putih, kemudian digoreng hingga kuning keemasan.

Sebelum disajikan singkong keju ditambahkan taburan keju parut, bubuk perasa keju, dan susu kental manis.

Penghitungan Modal

Untuk penghitungan modal awal yang terdiri dari bahan-bahan baku hingga peralatan untuk menjalankan bisnis ini, mari kita simak tabel di bawah:

No. Nama Barang Jumlah Harga
1 Box Kertas 200 Rp 200.000
2 Parutan Keju 1 Rp 15.000
3 Pisau 1 Rp 20.000
4 Talenan 1 Rp 15.000
5 Pengupas Kulit Singkong 1 Rp 20.000
6 Wadah Perendaman 1 RP 45.000
7 Saringan Minyak 2 Rp 60.000
8 Wajan Penggorengan 1 Rp 100.000
9 Spatula 1 Rp 15.000
10 Plastik bungkus 2 pack Rp 30.000
11 Garpu makanan 200 Rp 35.000
12 Kompor Gas 1 Rp 150.000
13 Tabung Gas 1 Rp 300.000
14 Regulator Gas 1 set Rp 100.000
15 Penjepit gorengan 1 Rp 20.000
16 Singkong 5 kg Rp 30.000
17 Keju 2 kg Rp 90.000
18 Bubuk Rasa 1 pack Rp 10.000
19 Bawang Putih 1 kg Rp 50.000
20 Susu Kental manis 5 kaleng Rp 50.000
21 Minyak Goreng 4 liter Rp 44.000
TOTAL Rp 1.259.000

Dari penghitungan modal di atas, kamu bisa mengetahui seberapa banyak perolehan laba yang bisa diraih dari bisnis satu ini.

Penjualan Rp 15000 x 200 box Rp 3.000.000
Modal Rp 1.259.000
Laba Rp.1.741.000

Pemasaran

seseorang tengah menelusuri media sosial
Pemasaran (Shutterstock)

Langkah terakhir setelah mengetahui tahapan-tahapan memulai bisnis singkong keju ialah pemasaran untuk menarik minat konsumen.

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah membagikan pangan ini kepada saudara, tetangga, dan kerabat dekat untuk tester secara gratis.

Jangan lupa, pasang spanduk bertuliskan nama usaha, serta menu singkong yang ditawarkan. gak usah sungkan untuk mencantumkan harga pada spanduk maupun banner yang dipasang, agar konsumen mengetahui harga produk yang dijual.

Untuk promosi bisnis ini, cantumkan nama produk, serta nomor telepon dan alamat lengkap. Agar konsumen yang ingin membeli, dapat menghubungi langsung. 

Bisa juga bergabung dengan layanan pesan antar Gofood dan GrabFood untuk membuat jangkauan lebih luas dan dikenal seluruh masyarakat dengan mudah. Jangan lupa pula melakukan pemasaran di berbagai sosial media.

Itulah sekilas informasi bagaimana cara memulai bisnis rumahan singkong keju yang menguntungkan. Jadi, dengan modal kecil kamu sudah bisa meraih pendapatan besar. So, tunggu apalagi? Yuk, coba jajal bisnis dan raih keuntungan besar! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →