4 Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Cocok Buat Pecinta Kucing

Membuka bisnis adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk memperoleh pundi-pundi dalam jumlah banyak. Bagi pemula, bisnis rumahan modal kecil bisa banget diterapkan. Karena semuanya perlu berkembang secara bertahap, jangan langsung maunya terjun ke bisnis skala besar saja, padahal pengalaman juga belum punya. Jadi cobalah memulai berbisnis dari dalam rumah terlebih dahulu.

Ada beragam bisnis rumahan yang bisa dicontoh, misalnya membuka warung kelontong. Kamu sulap saja rumahmu menjadi warung, lalu belanjalah kebutuhan-kebutuhan sehari-hari. Membuka warung kelontong bisa kita jalankan dengan santai. Sambil menunggu pembeli, kamu bisa sambil mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah atau sekedar nonton TV.

Dengan membuka bisnis di rumah, kamu berarti telah berhemat biaya produksi, karena gak perlu lagi sewa lahan. Paling, kamu hanya memerlukan biaya untuk merenovasi sedikit rumahmu untuk keperluan bisnis.

Bisnis rumahan modal kecil bisa dicoba oleh siapa saja, termasuk kamu pecinta kucing. Berikut ini ada beberapa rekomendasi berbisnis yang bisa kamu terapkan di rumah dan memungkinkan kamu untuk bertemu dengan binatang-binatang menggemaskan setiap saat.

Baca juga: Pengin Wajah Bersih dan Bebas Kerutan, Ini 7 Make up Remover Murah yang Bisa Kamu Pakai

1. Penitipan kucing peliharaan

Penitipan kucing peliharaan (Shutterstock).

Bagi pecinta kucing, bertemu dengan banyak kucing adalah hal yang paling menyenangkan. Nah kamu bisa membuka bisnis yang super menyenangkan setiap harinya dengan membuka jasa penitipan.

Selain itu bisnis penitipan kucing ini gak perlu lahan yang luas-luas banget kok. Kamu tinggal menyulap salah satu ruangan yang ada di rumahmu, pilihlah ruangan yang paling besar sebagai tempat kandang atau arena bermain kucing titipan. Sedikit poles ruangan tersebut sehingga nyaman untuk kucing.

Berikan beberapa mainan yang disukai kucing, karena sejatinya hewan yang satu ini juga doyan main dan mencakar-cakar sesuatu. Dilihat di Tokopedia, harga untuk mainan kucing bervariasi, seperti bola rajut harganya hanya Rp 7.500 satunya, ada juga rumah kucing bersusun lengkap dengan tangga dan tempat bermainnya seharga Rp 1 jutaan.

Untuk alas tidurnya, coba letakkan sesuatu yang lembut dan nyaman seperti handuk atau bantal. Harga bantal khusus untuk kucing juga gak terlalu mahal kok, harganya mulai dari Rp 75 ribu – Rp 500 ribuan tergantung dari kualitasnya.

Bisnis yang satu ini biasanya bakal ramai saat lebaran. Karena banyak yang mudik selama berminggu-minggu dan mau gak mau harus meninggalkan peliharaannya. Satu-satunya solusi adalah dengan menitipkannya ke jasa penitipan.

Demi kenyamanan, cobalah untuk membatasi kucing titipan, sesuaikan dengan ruangan yang kamu miliki.

2. Jasa studio foto kucing

Jasa studio foto kucing (Shutterstock).

Gak cuma model, kucing kini juga doyan difoto. Tapi ini sih kayaknya keinginan dari pemiliknya saja. Coba kamu lihat di Instagram saat ini sudah banyak para pecinta kucing yang memfoto hewan peliharaannya, bahkan di studio foto.

Fenomena yang satu ini bisa banget kamu manfaatkan jadi ladang bisnis. Buka jasa studio foto kucing di rumahmu. Kamu hanya perlu mempersiapkan salah satu ruangan di rumahmu yang disulap menjadi studio lengkap dengan beragam latar atau background dan juga pernak-pernik menarik.

Kalau kamu bisa foto sih bagus banget, tapi kalau gak bisa, bekerja sama saja sama temanmu yang seorang fotografer. Hal yang perlu menjadi perhatian adalah soal pencahayaan, agar mendapatkan hasil foto yang bagus.

Sebagai sarana pemasaran, buatlah akun Instagram, dan upload hasil karyamu sebagai portofolio. Kalau hasil karya fotomu memuaskan, pasti para klien akan merekomendasikan bisnismu ke rekan-rekan mereka.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Baca juga: Gaya Traveling Turis Indonesia Ternyata Lebih Suka Meluangkan Waktu untuk Bersantai

3. Salon kucing

Salon kucing (Shutterstock).

Bisnis salon kucing mungkin gak terlintas di benak pebisnis pada umumnya. Tapi bagi pecinta kucing, ini merupakan bisnis yang paling menjanjikan dan menyenangkan. Modal yang dikeluarkan juga gak terlalu besar kok, bahkan bisa di bawah Rp 5 juta.

Kamu hanya perlu mempersiapkan ruangan di rumahmu, gak usah terlalu besar, dan kemudian membeli alat-alat yang diperlukan. Bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan adalah shampo, kondisioner, serta suplemen. Sementara alatnya, kamu wajib membeli gunting, sisir, handuk, dan hairdryer.

Tapi kamu jangan asal membuka bisnis ini saja, karena perlu ilmu dan keterampilan khusus. Sebelum membukanya, pastikan kamu memiliki pengetahuan yang lebih, jika belum, bisa mengikuti pelatihan-pelatihan atau kursus.

Kalau kamu gak mau repot, bisa kok merekrut seorang yang sudah terbiasa bekerja di salon kecantikan binatang, tentunya harus keluar duit lebih lagi untuk menggajinya dong.

4. Bisnis aksesori untuk kucing

Aksesoris kucing (Shutterstock).

Bisnis yang satu ini bisa banget kamu jalankan dengan modal kecil dan menguntungkan, yaitu bisnis pembuatan aksesori untuk kucing. Tapi memerlukan keterampilan khusus agar bisnismu ini dapat berjalan dengan lancar.

Bisnis seperti ini memang sudah bukan hal baru lagi. Cek saja di media sosial atau aplikasi ritel yang tersohor, pasti banyak pelapak yang membuka bisnis serupa seperti ini. Sekarang cara untuk meningkatkan daya saingnya adalah dengan beradu inovasi dan desain.

Aksesori untuk kucing itu sangat beragam, misalnya bisa berupa kostum lucu, alas tidur, kandang, atau mainan-mainan seperti bola. Kamu bisa memulainya skala kecil dulu dengan mengerjakannya seorang diri di rumah. Gunakan teknik pemasaran yang sederhana dengan memanfaatkan media sosial. Kalau dirasa sudah banyak yang berminat, saatnya kamu mengembangkannya menjadi lebih besar dengan merekrut orang-orang demi meningkatkan skala produksi.

Itu tadi rekomendasi empat bisnis rumahan modal kecil yang bisa kamu jadikan peluang untuk mendapatkan pundi-pundi bagi seorang pecinta kucing. Semoga saja bisa menginspirasi kamu dan langsung deh tergerak untuk membuka usaha. Karena membuka usaha sendiri adalah hal yang menyenangkan karena kamu bisa mengatur sendiri jadwal tanpa harus bertanggung jawab ke atasan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →