23 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Gak Ada Matinya

Telah Ditinjau: Lifepal Lifepal
bisnis rumahan modal kecil

Menjalankan bisnis rumahan modal kecil bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu. Banyak sekali peluang bisnis yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan minat serta kemampuan. 

Melihat peluang dan memiliki minat serta kemampuan dengan begitu, bisnis kamu nanti bisa bertahan dan berkembang. Kamu pasti sudah tahu, bila ingin menjalankan sebuah bisnis memerlukan modal. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang melirik peluang untuk membuat bisnis. Bisnis yang dibuat pun dalam skala rumahan alias kecil dan melirik pangsa pasar di lingkungan sekitar seperti teman kerja, saudara, tetangga atau lainnya. 

Jadi jangan pernah berpikiran kalau ingin membuat sebuah bisnis kamu diharuskan mengeluarkan uang besar untuk modal. 

Bisnis rumahan modal kecil yang bisa kamu lirik

Tak sedikit orang mengurungkan untuk menjalankan sebuah bisnis lantaran memikirkan modal. Padahal menjalankan sebuah bisnis tidak melulu berbicara soal modal yang besar dan menguras kantong.

Melihat peluang bisnis rumahan, kamu sebetulnya tidak perlu mengeluarkan modal yang besar lho. Banyak kok bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal besar, bahkan di antaranya tidak perlu modal sepeserpun. Yuk simak informasinya di bawah ini!

Bisnis camilan unik

Memang sih bisnis ini terdengar umum tapi jangan salah setiap tahunnya pasti ada saja bisnis camilan yang bermunculan dengan rasa dan bentuk unik. Kuncinya buatlah usaha camilan berbeda dengan yang ada di pasaran pada umumnya. 

Modal yang kamu keluarkan untuk membuka bisnis camilan ini gak sampai Rp1 juta, lho. Pilih bisnis camilan yang mudah kamu pasarkan serta modal tidak begitu menguras kantong. 

Usaha roti dan kue

Sama halnya dengan usaha camilan unik di atas, usaha ini sudah banyak dilakukan. Walaupun demikian, ada banyak celah untuk menjadikannya lebih bervariasi dengan kreasi yang kamu buat sendiri yakni membuka usaha roti dan kue. 

Modal maksimal yang kamu perlukan saat ingin membuka usaha roti dan kue adalah Rp15 juta untuk keperluan peralatan dan operasional. Eitss, kamu bisa kok meminimalisirnya dengan membuat roti dan kue menggunakan peralatan yang sudah ada di rumah dan jumlah produksi terbatas. 

Memanfaat sistem pre order atau PO, bisa lho menjadi salah satu cara kamu berbisnis tanpa perlu mengeluarkan modal besar. Perkenalkan terlebih dahulu, jenis kue dan roti yang kamu perjualbelikan ke rekan-rekan terdekat. 

Menjual sayuran dan buah siap santap

Tidak semua orang memiliki waktu untuk belanja dan menyiapkan makanannya sendiri karena kesibukan. Atas dasar inilah, menjual sayuran dan buah siap santap bisa dijadikan alternatif usaha. Dengan modal kurang dari Rp2 juta saja, kamu bisa meraup untung menggiurkan.

Katering

Jangan anggap sepele bisnis satu ini yang sudah banyak dilakoni oleh orang, katering. Tantangan usaha yang satu ini tidak kalah dengan usaha lainnya lho, bayangkan saja kamu harus memenuhi selera orang yang berbeda.

Maka dari itu, gunakan kreativitas kamu kalau ingin terjun dalam usaha ini. Cobalah untuk meramu berbagai menu yang bisa dinikmati oleh semua orang dari berbagai kalangan. 

Kalau berhasil, kamu bakal direkomendasikan oleh pelanggan yang sudah terpuaskan. Modal yang kamu perlukan cukup minim yaitu sekitar Rp3 jutaan saja untuk membeli bahan baku dan perlengkapan lainnya.

Sewa kostum

Gak cuma saat hari-hari besar saja, sewa kostum juga bisa laku saat musim orang-orang menikah, sebab mereka butuh busana yang cantik agar momen bahagia pernikahan semakin melekat dan gak terlupakan.

Modal awal yang kamu butuhkan sangat tergantung dari apa yang bakal kamu beli. Paling besar, modal berkisar Rp15 juta dan Rp20 juta yang dipakai untuk membeli lemari display, gantungan baju, beberapa mannequin, serta pakaian-pakaian berkualitas baik yang akan disewakan.

Jasa menjahit pakaian

Kalau kamu bisa menjahit, coba saja buka kios jahit atau butik di rumah. Modal awal yang harus disediakan untuk memulai usaha ini adalah sekitar Rp3 juta untuk membeli mesin jahit (seharga Rp1,5 juta – Rp 2,5 juta), serta perlengkapan menjahit – benang, jarum, dan lain-lain (seharga Rp 50.000-Rp 100.000).

Bisnis kreasi hantaran

Bisnis ini bisa kamu lirik ketika musim bulan-bulan orang memutuskan untuk menikah. Saat ini memang banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk mengundur mengikat janji sehidup semati lantaran pandemi Covid-19. 

Misalkan kamu termasuk orang yang kreatif, manfaatkan momen ini untuk berbisnis kreasi mahar atau hantaran. Bisnis ini tidak perlu modal besar, benda daur ulang bisa menjadi mahar yang lucu dan mengesankan. Tapi, jika diuangkan, modalnya berkisar antara Rp1 juta – Rp5 juta.

Desain uang mahar

Siapa sih yang gak ingin desain mahar saat pernikahannya terlihat unik? Hal tersebutlah yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain mahar uang yang menarik.

Dibutuhkan keterampilan dalam usaha ini seperti menggulung, menyusun, melipat dan menempel uang hingga kain sebagai hiasannya. Oh iya, walaupun namanya mahar uang, bukan berarti uangnya harus asli, kamu bisa siasati dengan uang mainan. Modalnya kurang lebih sama dengan bisnis kreasi mahar yaitu Rp1 juta – Rp5 juta.

Bisnis souvenir dan kerajinan tangan

Souvenir biasanya lekat dengan toko oleh-oleh dan ciri suatu daerah. Bisnis ini bisa kamu jalankan dengan membuat souvenir dan menitipkannya ke toko oleh-oleh. 

Biar makin cuan, jual juga hasil karyamu di toko online yang jangkauannya lebih luas dan vendor-vendor pernikahan. Modal awal yang dibutuhkan tergantung dari jenis dan kualitas. 

Untuk standar souvenir pernikahan, biaya produksi berkisar antara Rp2.500 ribu per buah, dengan harga jual berkisar antara Rp3 ribu – Rp10 ribu per buah.

Usaha refill air minum

Sekarang banyak orang bergantung pada air minum isi ulang dikarenakan tempat mereka yang tidak punya sumber air dan minim air bersih. Nah, jadilah solusi dari permasalahan tersebut dengan membuka usaha isi ulang minuman. 

Modalnya tergantung dari paket yang kamu ambil, misalnya untuk paket depo air minum lengkap besarnya sekitar Rp18 jutaan.

Bisnis laundry

Gak semua orang punya waktu buat mencuci bajunya sendiri. Dari sinilah peluang bisnis laundry punya prospek yang cemerlang. Di kota-kota besar, bisnis ini sudah berkembang pesat.

Mau jadi bagian dari pesatnya bisnis laundry? Inilah saatnya kamu buka usaha laundry. Biar makin menjanjikan, kamu bisa membukanya di sekitar perkantoran dan kampus.

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis rumahan ini berkisar antara Rp 8,5 juta – Rp 10 juta yang dialokasikan untuk membeli mesin cuci, setrika, timbangan, dan sabun beserta pengharumnya.

Budidaya ikan hias

Untuk mengembangkan peluang usaha ini, kamu perlu ketelitian dan ketekunan. Di samping itu, kamu wajib tahu jenis ikan yang akan dibudidayakan. 

Sebab, jenis ikan akan mempengaruhi perawatan mana yang harus dilakukan. Bisnis ini termasuk bermodal kecil, lho.

Budidaya ikan gurame 

Sebagai jenis ikan yang bisa dikonsumsi, budidaya ikan gurame punya potensi yang besar sebagai mata pencaharian dibandingkan dengan jenis ikan tawar lain. Modal awalnya dimulai dari Rp940 ribu saja.

Jual beli barang antik

Siapa bilang barang antik sudah kehilangan pasar. Masih banyak lho orang-orang yang butuh barang antik untuk sekadar koleksi atau memang dipakai kegunaan secara utuh.

Modalnya tidak terlalu besar, kok. Kamu bisa memulainya dengan menjual barang yang tidak terlalu mahal. Kemudian, kamu bisa menambahnya jika sudah berkembang pesat dengan berbagai jenis ukuran dan harga. 

Bahkan, lebih enak kalau kamu sudah memiliki barang antik di rumah dan dapat dimanfaatkan untuk dijual. Kamu tinggal lakukan promosi untuk menjualnya melalui media sosial seperti Facebook, Instagram maupun e-commerce.

Usaha warung kelontong

Usaha ini termasuk yang menjanjikan karena pada dasarnya barang-barang yang dijual sangat beragam dan memang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Mudah banget cara mulainya, cukup dengan menyulap teras rumah, kamu sudah bisa buka usaha warung kelontong. Modal yang harus kamu keluarkan kira-kira Rp5 jutaan.

Rias pengantin

Buat kamu yang hobi make up, menjalankan usaha rias pengantin terbilang menjanjikan, lho. Untuk memulainya, kamu butuh modal kisaran 10-20 juta rupiah, tergantung besar kecilnya bisnis.  

Misalkan kamu masih menerima tawaran kerjaan untuk merias teman atau sahabat, modal yang dikeluarkan tidak begitu besar. Hasil dari kamu merias wajah, keuntungan yang didapatkan bisa menambah alat tempur mu saat menekuni usaha makeup ini.

Modal tersebut digunakan untuk membeli alat makeup, busana pendukung, dan biaya promosi awal. Gak usah pusing sama tempatnya. Kamu cukup manfaat satu ruangan di rumah untuk menaruh semua perlengkapan.

Jasa cuci motor

Rumah yang strategis banyak lalu lalang kendaraan di depannya, punya peluang dijadikan sebagai ide usaha jasa cuci motor. Coba deh kamu perhatikan tempat cuci motor lain, gak pernah sepi, bukan? Apalagi saat musim hujan, bisa-bisa keuntungan kamu berlipat. Modal membuka usaha ini kurang lebih Rp8 juta saja.

Rental Playstation

Playstation masih jadi favorit sebagian orang untuk dimainkan, apalagi bagi para remaja. Peluang tersebut bisa dijadikan ide usaha rumahan dengan cukup menyediakan 2 TV dan 2 Playstation 4.

Warung kopi

Usaha lagi tren banget di tengah budaya minum kopi masyarakat yang meningkat. Kalau kamu merasa rumahmu cukup strategis, coba buka saja warung kopi. 

Mulai saja dengan menu-menu yang sederhana biar kamu gak repot membuatnya. Biar semakin cuan, sediakan makanan pendamping seperti roti bakar dan pisang coklat. 

Dengan begitu pengunjung akan semakin betah berlama-lama, kalau dirasa sudah ada tambahan penghasilan, coba menyediakan fasilitas wifi. Total perkiraan modal buka warung kopi adalah Rp6,3 juta.

Pertamini

Lagi dan lagi, bisnis ini cocok buat kamu yang rumahnya strategis alias pinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan. Membuka pertamini di depan rumah punya peluang untuk menghasilkan keuntungan. Modal yang perlu kamu keluarkan berkisar Rp7 jutaan.

Jual pulsa dan paket internet

Sekarang banyak sekali orang menggunakan ponsel. Nah, akibatnya muncul peluang usaha rumahan baru yang menarik menurut saya yaitu membuka konter pulsa. Cukup dengan Rp500 ribu, kamu sudah bisa buka bisnis ini. Selain pulsa, jual juga paket internet dan aksesoris.

Jasa penitipan anak

Menarik sekali kalau kamu manfaatkan peluang bisnis yang satu ini, apalagi bagi kamu yang suka anak-anak. Peluang bisnis ini cocok banget kamu lakukan di kota-kota besar di mana para orangtua sibuk dengan pekerjaan dan gak punya waktu buat mengurus anak mereka.

Rumah kamu bisa lho dijadikan sebagai pusat penitipan anak dengan cara merenovasinya menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak. Jangan lupa sediakan peralatan bermain biar makin lengkap.

Bisnis cuci sepatu

Bisnis ini termasuk tengah booming dan banyak dicari saat ini. Bagaimana tidak, sepatu kini menjadi bagian yang penting dalam penampilan oleh karena itu butuh perawatan.  

Tarif jasa cuci satu pasang sepatu normalnya berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp200 ribu. Kalau sehari saja ada 3 sepatu, sudah kebayangkan berapa cuan yang masuk?

Ternyata banyak lho bisnis rumahan bermodal kecil yang bisa banget kamu tekuni. Contoh di atas adalah rekomendasi buat kamu yang bingung bisnis mana yang bakal kamu pilih. 

Agar usaha kamu berkembang, coba sesuaikan dengan minat, jangan lupa juga memanfaatkan internet untuk memperluas pasar. Selamat mencoba.

Giat berbisnis jangan lupa juga manfaatkan asuransi jiwa

Memiliki bisnis rumahan yang mendatangkan keuntungan pasti menyenangkan bukan. Sebagai pebisnis, kamu juga perlu nih memikirkan untuk mempunyai asuransi jiwa sebagai salah satu proteksi untuk dirimu. 

Bekerja mati-matian untuk menghidupi keluarga boleh saja asalkan kamu sudah mengantongi polis asuransi jiwa sekeluarga. Penting lho untuk saat ini bagi pebisnis memiliki asuransi jiwa sendiri, pasalnya kamu bekerja mandiri tidak di bawah naungan perusahaan. 

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan uang santunan kepada ahli waris yang ditunjuk oleh nasabah atau pemegang polis. Santunan akan dibayarkan apabila nasabah pemegang polis meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan. 

Nantinya, manfaat asuransi jiwa yang dimiliki adalah untuk mengelola risiko keuangan keluarga. Jadi sudah saatnya nih kamu bagi pebisnis memiliki asuransi jiwa demi menjaga kesejahteraan bersama. 

Oh iya, uang santunan yang diberikan kepada ahli waris nantinya sebagai pengganti sumber penghasilan lantaran tulang punggung meninggal dunia. Bagi kamu yang memang tengah memikirkan asuransi jiwa, kenapa tidak langsung saja mengunjungi situs Lifepal

Melalui Lifepal kamu bisa mendapatkan penawaran serta promo menarik untuk pembelian asuransi jiwa murah, jadi tunggu apalagi. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →