Biar Bisnis Sampingan Sukses, Tanamkan 4 Hal Penting Ini di Dirimu!

Bisnis sampingan

Pekerja lepas maupun bisnis sampingan kini sudah banyak diminati. Bahkan, pendapatan dari bisnis sampingan bisa melebihi pekerja-pekerja kantoran pada umumnya. Jadi, gak heran banyak yang banting setir mendirikan usaha sendiri. 

Keuntungan lainnya adalah, kamu bisa menentukan sendiri jam kerja, tanpa harus terpaku aturan kantor. 

Untuk yang malas pergi pagi pulang malam sih cocok banget. Tapi, membuat bisnis sampingan jadi sukses bukanlah perkara mudah. Butuh perjuangan ekstra mulai dari produksi, pemasaran dan penjualan yang gak jarang dilakukan sendiri oleh pelaku bisnis. 

Jelas hal itu berbeda dengan bekerja di perusahaan besar yang segalanya dikerjakan bersamaan secara tim. 

Selain usaha ekstra, karakteristik pelaku bisnis sampingan juga memengaruhi kesuksesan lho! Kira-kira apa sih kualifikasi yang harus dimiliki pelaku bisnis supaya bisnisnya cepat berkembang dan berpotensi sukses? Berikut ini ulasannya seperti dilansir dari Business Insider

1. Mengetahui kekuatan diri sendiri 

Bisnis sampingan
Mengetahui kekuatan diri sendiri

Bisnis sampingan kadang bisa mencapai titik kritis, misalnya sepi klien sampai produk yang mandek itu-itu saja. Karena itu, kamu perlu mengetahui kekuatan diri sendiri sebelum memulainya. 

Kelebihan dan kekuatan di dalam dirimulah yang bisa menyelamatkanmu dari masa-masa kritis tersebut. Selain itu, kekuatan dan kelebihan berupa skill bisa digunakan untuk menentukan bisnis apa yang cocok buat kamu. 

Kamu jago desain, bisa membuka jasa desain grafis. Atau kamu piawai di bidang fotografi, bisa mencoba peruntungan menjadi fotografer wedding. Intinya jalankan bisnis sesuai keahlian yang dimiliki, karena itu berpotensi mencapai kesuksesan. 

Baca juga: 18 Usaha Sampingan dengan Modal Rp 2 Jutaan Ini Dijamin Menguntungkan

2. Mengetahui pasar 

Bisnis sampingan
Mengetahui pasar

Mengetahui kekuatan diri sendiri saja gak cukup buat bisnis sampinganmu sukses, untuk mendukungnya kamu perlu mengetahui target pasar. Caranya bagaimana? Tentunya dengan melakukan riset melalui internet misalnya. 

Riset tentang pasar ini penting untuk pengembangan produk sampai menentukan strategi pemasaran.

Baca juga: Pendapatan Gak Menentu? Ini 6 Kerja Sampingan yang Cocok buat Ojol

3. Memiliki niat dan tekad yang kuat 

Bisnis sampingan
Memiliki niat dan tekad yang kuat

Semua kesuksesan bisa diraih dengan niat dan tekad yang kuat. Karena dengan dua hal itu, kamu bakal menjalankan bisnis sampingan sebaik-baiknya. 

Salah satu niat yang harus dimiliki adalah keluar dari zona nyaman, bekerja kantoran dari jam 9-5. Buat yang sudah terbiasa mungkin akan kaget mengalami perubahan jam kerja yang waktunya gak menentu, bisa siang, bisa sampai malam hari. 

Tekad yang kuat juga bakalan diuji ketika bisnis sedang berada di zona kritis. Bagi mereka yang gak punya tekad, mungkin bakal menyerah di tengah jalan. 

Baca juga: Gak Perlu Modal Besar, 15 Usaha Ini Bisa Dijalankan dengan Uang Rp 10 Juta

4. Tidak terlalu banyak berpikir dan langsung bertindak 

Bisnis sampingan
Tidak terlalu banyak berpikir dan langsung bertindak

Bisnis itu gak cuma dipikirkan saja, tetapi butuh tindakan nyata. Kebanyakan bisnis mandek di tengah jalan karena terlalu banyak dipikirkan. 

Memang sih, memikirkan segala sesuatunya sebagai bentuk perencanaan sebelum membuka bisnis adalah hal yang baik, tapi kalau dipikirkan saja bisnis gak bakal jalan-jalan. 

Kamu harus segera mengeksekusi ide-ide liarmu. Sambil berjalan kamu pasti juga bakal mendapatkan pembelajaran baru nantinya. Karena kebanyakan orang sukses tidak kebanyakan mikir, namun langsung bertindak. 

Itulah empat karakteristik yang harus dimiliki pelaku bisnis sampingan. Tapi, keempatnya bukanlah penentu mutlak kesuksesan, hanya saja menjadi pembuka jalan untuk meraih keberhasilan dalam berbisnis. (Editor: Chaerunnisa)