Tagline Brand Ini Bikin Kita Termotivasi Memulai Bisnis Sampingan

Patung lilin Steve Jobs di Madame Tussauds Beijing. (Shutterstock)

Selain pekerjaan utama, bisnis sampingan juga bisa diandalkan untuk menambah pundi-pundi uang kita. Tapi, gak jarang juga banyak orang yang masih bingung atau bahkan takut memulai bisnis sampingan.

Padahal, selama bisnis sampingan yang dijalani tidak bertentangan dengan peraturan atau usaha perusahaan, pekerjaan satu ini bisa menambah pundi-pundi uangmu.

Namun, banyak karyawan tidak memulai usaha sampingan karena terkendala modal. Banyak di antara kita beranggapan tanpa modal yang kuat atau besar, maka bisnis sampingan tersebut tidak akan mulai.

Jika kamu memiliki gaji pas-pasan sebagai karyawan, maka pinjaman dana tunai dari bank merupakan harapan modal bisnis. Tapi, ada juga cara lain untuk memulai usaha sampingan tanpa butuh pinjaman, yaitu melalui usaha sampingan modal kecil.

Selain modal, alasan lainnya mengapa belum juga bisa menjalani usaha sampingan karena belum berani melakukannya.

Kata-kata bijak

Jika termasuk kamu, maka perlu meresapi beberapa kata-kata bijak yang membangkitkan keberanianmu. Salah satunya, bisa meresapi tagline brand-brand ternama dari luar negeri.

Brand ternama baik dari dalam negeri maupun luar negeri pasti memiliki tagline untuk meningkatkan branding produk mereka. Seperti Apple yang memiliki tagline Think Different atau Nokia dengan kata-kata legendanya Connecting People.

Terbukti, brand tersebut membekas di pikiran kita ketika iklan-iklan di TV berkali-kali menayangkannya dan seolah menghipnotis untuk membelinya. Dengan tagline khas, sebuah brand juga jadi mudah dikenal oleh khalayak ramai.

Rata-rata tagline tersebut memiliki makna sangat universal, tergantung dari perspektif konsumennya. Banyak juga konsumen cenderung cuek, karena esensinya sebuah brand adalah produknya, bukan tagline.

Padahal, kalau dicerna baik, tagline itu bisa lho memberikan efek positif ke kita. Jadi gak cuma beli produknya, kita juga bisa mendapatkan semangat baru.

Yuk, kita lihat tagline brand ternama yang bisa kamu serap jadi penyemangatmu memulai atau mengembangkan bisnis sampingan!

Nike, “Just Do It”

NIKE (Instagram/@nike)
NIKE (Instagram/@nike)

Kalau produk yang satu ini udah gak asing banget deh sama kalian, sebuah brand sportwear yang mulai diperkenalkan tahun 1972 di AS ini memiliki tagline Just Do It yang bisa diartikan ‘lakukanlah’ atau ‘lakukan saja’.

Ya, tagline yang ini cocok banget buat kamu yang lagi bimbang untuk mengambil keputusan penting. Mengajak kamu untuk berani melangkah ke depan.

Misalnya, jika kamu ingin memulai usaha sebagai pemula tentu banyak pertimbangan-pertimbangan yang kamu pikirkan, tapi Just Do It!

Cobalah untuk bergerak dan tidak hanya berpikir, setiap usaha pasti ada gagalnya hingga mencapai kesuksesan. Tapi, kalau kamu tidak mencoba, kamu mungkin tidak akan pernah tahu bakal sukses atau tidak.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Adidas, “Impossible is nothing”

Adidas (Instagram/@adidas)
Adidas (Instagram/@adidas)

“Kemustahilan itu gak ada” bunyi tagline dari brand tiga strip asal Jerman ini memang bikin kita semangat buat berjuang.

Tagline ini dibuat sesuai dengan sifat para atlet yang tak mudah menyerah, dan terus bekerja keras demi meraih kemenangan. Berusaha melangkah lebih jauh lagi, menemukan terobosan baru, dan lampaui batasan diri kamu sendiri.

Kalau kamu serius mau terjun ke sebuah usaha atau bisnis sampingan dan kamu memiliki angan-angan menjadi sukses, mulailah dari sekarang, jangan menyerah untuk mengerjakannya, nikmati prosesnya, dan tunggu hasil manisnya.  

Toyota, “Moving Forward”

Logo Toyota
Logo Toyota

Hidup dalam bayang-bayang masa lalu? Hati-hati lho, itu bisa bikin kamu susah berkembang. Ada baiknya kamu coba resapi dalam-dalam tagline, Toyota ini “Melangkah ke Depan”.

Kamu harus berani untuk melupakan masa lalu dan menikmati masa kini dan masa yang akan datang.

Memikirkan masa lalu memang gak ada untungnya, lebih baik kamu memikirkan masa depan dengan perencanaan yang matang. Karena masa lalu tidak bisa diulang, sementara masa depan pasti akan kita hadapi.

Misalnya, kamu ingin membuka sebuah usaha atau usaha sampingan, tapi kegagalan bisnismu di masa lalu bikin kamu takut.

Nah, coba deh singkirkan jauh-jauh pikirannya itu. Pasalnya, masa lalu ya masa lalu, dan masa depanmu siapa yang tahu kalau ke depannya kamu bakalan lebih sukses.  

Honda, “The Power of Dreams

Soichiro Honda
Soichiro Honda

Honda didirikan tahun 1948 oleh Soichiro Honda orang sukses yang tak mengenyam pendidikan formal.

Tagline itu dicetuskan dirinya sendiri ketika seorang anak pandai besi dan tidak memiliki pendidikan yang cukup tinggi, kemudian mampu mendirikan perusahaan otomotif terbesar saat ini.

Honda percaya segalanya berawal dari mimpi, kemudian mimpi tersebut membantu membentuk mentalnya untuk lebih maju lagi.

Secara gak langsung, Honda mengajarkan kita untuk berani bermimpi karena suatu saat siapa tahu mimpimu bisa terwujud.

Kamu bermimpi memiliki sebuah usaha sampingan dengan omzet ratusan juta perbulan, teruslah berusaha mewujudkannya dengan berpegang teguh pada mimpimu. Siapa tahu kamu bakalan sukses kaya Soichiro Honda.

Apple “Think Different”

Orang terkaya di dunia
Steve Jobs (computerbild)

Steve Jobs memang dikenal sebagai ahli teknologi jenius. Tagline yang disematkan untuk Apple juga dia terapkan dalam pekerjaannya.

Kalian pasti paham kan produk Apple banyak berbeda dari produk-produk ponsel lainnya. Meski beda, tapi buktinya Apple semakin sukses kok.

Nah, tagline ini mengajarkan kita bahwa berpikir berbeda itu tidak ada salahnya kok. Apalagi kalau kamu punya bisnis sampingan, coba dong berpikir berbeda dengan bisnis yang lainnya, tapi kamu juga imbangi dengan inovasi-inovasi keren ya! Karena kalau berbeda aja gak cukup bikin kamu maju.

Cara bepikir beda, coba untuk mencari referensi-referensi usaha baik dari dalam negeri maupun luar negeri, bisa deh kamu terapkan di bisnismu.

Tips usaha sampingan sukses

Sekarang sudah tahu kan berbagai tagline yang bermanfaat untuk membangkitkan keberanianmu memulai usaha sampingan, yuk ketahui tips biar usahamu sukses:

1. Waspadai virus mager

Sampai kapan pun juga, virus ini adalah virus yang paling berbahaya di dunia. Karena ketika seorang sudah terjangkit virus ini, mustahil dia mau melakukan apa yang semestinya dia lakukan buat menebalkan dompet.

Malas gerak alias mager gak cuma menyerang manula, anak muda produktif pun banyak yang sudah kebiasaan mager. Kalau malas, ya jangan pernah mimpi jadi crazy rich di usia muda seperti Mark Zuckerberg dan lainnya.

2. Seribu pelanggan masih belum cukup

Kalau 1.000 klien atau pelanggan saja belum cukup, kayak apa kalau kamu cuma punya satu? Itu tandanya usaha sampinganmu gak menghasilkan apa-apa.

Cobalah menerapkan strategi jemput bola alias cari pelanggan untuk usahamu ini. Jangan kebiasaan nunggu bos, nanti rezeki dipatok ayam!

3. Jangan boros-boros

Ketika gak ada duit, ya jawabannya harus cari duit bukan? Ketika lagi cari duit, ya jangan boros-boros.

Ingat, beberapa usaha sampingan di atas tentu ada yang butuh modal. Coba buat target dalam jangka waktu tertentu untuk mengembalikan modal yang sudah kamu keluarkan.

Itulah tadi beberapa tagline dari brand ternama yang bisa jadi penyemangatmu dalam memulai usaha. Bisnis sampingan memang bukanlah hal mudah, karena kamu harus membagi waktunya dengan pekerjaan utamamu.

Mulai saja bisnis sampingan dari yang kecil-kecil dulu, biar kamu tahu gimana rasanya membagi waktu. Kalau usaha sampinganmu sudah menghasilkan pundi-pundi keuntungan, kan lumayan buat bantu-bantu kebutuhanmu sehari-hari, atau bahkan buat tabungan di masa depan! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →