Makelar hingga Penulis, Ini Bisnis Tanpa Modal Menjanjikan

Telah Ditinjau: Lifepal Lifepal
usaha sampingan tanpa modal

Siapa bilang usaha sampingan atau bisnis tanpa modal itu tidak ada? Asalkan kamu jeli menangkap peluangnya, ada banyak pilihan bisnis tanpa modal untuk mendapat keuntungan besar tanpa keluar uang. 

Sekarang zaman sudah semakin canggih, kehadiran teknologi tentunya membuka peluang besar buat kamu yang ingin menjadi wirausaha meski dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sepeserpun. 

Memikirkan untuk menjalankan bisnis tanpa modal, kenapa kamu tidak berencana untuk mendaftarkan diri memiliki asuransi jiwa. Penting lho bagi kamu untuk memiliki asuransi jiwa sejak dini. 

Banyak manfaat yang diberikan ketika kamu mendaftarkan diri dan sudah mengantongi asuransi jiwa. Melalui Lifepal kamu bisa mendapatkan penawaran menarik serta pilihan asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

Dengan modal ponsel pintar yang sehari-hari untuk melihat Instagram juga bisa. Istilah bisnis tanpa modal, tapi menggunakan jaringan internet itu ada dropshipper maupun jasa titip. 

Itu merupakan sistem bisnis baru yang muncul karena perkembangan teknologi. Proses transaksi semuanya bisa dilakukan hanya lewat ponsel pintar, tinggal menentukan saja komoditas apa yang mau dijual.

Sebelum memulai apa itu bisnis tanpa modal?

Bisnis tanpa modal bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup menjanjikan mendatangkan hasil besar kalau ditekuni dengan serius. Tentu saja, kamu harus bekerja dengan keras. Sebenarnya, sesuatu yang biasa kita pakai atau sukai punya peluang jadi usaha tanpa modal, tapi balik lagi tergantung kemampuanmu membuatnya jadi nyata.

Hal penting mesti dimiliki sebelum memulainya

Ketika kamu berencana menjalankan sebuah bisnis yang ada di dalam pikiran dan hati adalah, yakin gak ya menekuninya? Nah kalimat seperti itu terkadang muncul bagi kamu yang berencana menjalankan sebuah usaha demi mendapatkan penghasilan tambahan. 

Menjalankan sebuah bisnis diperlukan yang namanya fokus dan penuh perencanaan. Apalagi kamu bakal menekuninya sebagai mata pencaharian yang tetap, oleh karena itu perlu banget yang dinamakannya perencanaan. 

Selain perencanaan kamu mengetahui dengan kebutuhan konsumen dengan begitu apa yang dilakukan kelak sesuai permintaan pasar. Selain itu, tentunya harus memiliki komitmen tinggi ya dalam menjalankan sebuah bisnis meskipun tanpa modal. 

Kamu juga perlu mengetahui bidang yang menjadi keunggulan agar saat menjalankannya sesuai dengan rencana. Terakhir tentunya kamu mesti memiliki sifat kritis dalam menjalankan bisnis yang tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. 

Misalnya, mau dikemanakan uang hasil dari bisnis ini? Berapa lama target kamu menjalankan bisnis ini? Nah itu lah pemikiran-pemikiran kritis yang dapat membantu kedepannya. 

Ini deretan bisnis tanpa mengeluarkan modal yang perlu kamu coba

Berikut ini beberapa komoditas atau peluang usaha sampingan tanpa modal yang bisa kamu jalankan dan bisa mendatangkan banyak cuan: 

1. Makelar properti

Siapa bilang jualan rumah mesti survei lokasi dulu, sekarang kamu bahkan bisa gak perlu mondar-mandir lagi. 

Foto-foto rumah yang ingin dijual bisa dikirimkan melalui pesan singkat atau email, dan juga bisa dipasarkan lewat media sosial atau situs-situs jual beli. Gampang banget kan

Tapi harus ada modalnya, yaitu modal koneksi, terutama ke kontraktor-kontraktor. Kalau misalnya koneksimu sedikit, ya jangan harap dapat banyak info soal rumah dijual. 

2. Bisnis online jual pakaian bekas

Bisnis pakaian bekas lagi laku di Instagram, kalau kamu punya baju-baju bagus, bermerek, dan gak terpakai lagi, bisa kamu jual. 

Untuk menambah varian bajunya kamu bisa mengajak teman-teman kamu untuk menaruh pakaian bekas dan layaknya di lapak Instagrammu. 

3. Jasa desain grafis 

Buat kamu yang jago gambar, jago mendesain, kamu bisa membuka usaha tanpa modal sebagai freelancer jasa desain grafis. 

Tinggal pajang portofolio-mu di feed Instagram, masukkan hashtag potensial yang bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke profil Instagrammu, misal #jasadesaingrafis #desaingrafis, dan lain-lain. 

Patok harga sesuai dengan tingkat kerumitan gambar. Semakin rumit kamu bisa mematok harga yang tinggi, tapi kalau simpel, kasih harga murah supaya mereka loyal ke kamu. 

4. Jasa titip mainan

Usaha untuk pemula dan bisa dijalankan tanpa modal adalah jasa titip mainan. Caranya tinggal pergi ke tukang mainan seperti pasar gembrong, kemudian foto-foto mainan yang menarik, pasang deh di media sosial seperti Instagram. 

Tapi yang terpenting, kamu harus izin dulu ke penjualnya. Minta izin untuk memfotonya dan menjualnya lewat instagram. Kalau bisa minta harga grosir biar kamu bisa mengambil untung yang banyak. 

5. Freelance video editor

Lihai merangkai video-video singkat menjadi video panjang dan menarik? Buka saja jasa video editor. Sekarang banyak orang-orang yang membutuhkan jasa ini, terutama di industri kreatif seperti media, maupun event organizer

Kamu gak perlu repot-repot mondar-mandir, ngambil gambar, tinggal tunggu video dikirim via email, kamu sudah bisa menggarapnya. 

Usaha tanpa modal ini bahkan bisa kamu kerjakan di rumah, asalkan ada perangkat komputer yang memadai saja. 

6. Usaha rumahan membuka les privat

Usaha tanpa modal lainnya adalah membuka tempat les privat untuk anak-anak sekolah. Kalau kamu mahir dalam satu bidang, misal matematika atau bahasa asing, tinggal sulap saja rumahmu jadi tempat les-lesan. 

Kamu gak perlu keluar uang untuk menyediakan peralatan yang canggih, cukup pakai buku atau papan tulis saja juga bisa. Promosikan jasamu ini ke kerabat-kerabat terdekat atau tetangga-tetangga sekitar. 

7. Bisnis tanpa modal, grosir sembako online

Salah satu dampak negatif perkembangan teknologi adalah bikin orang malas ke mana-mana, sampai-sampai buat beli sembako saja mesti via online

Memanfaatkan kecenderungan pola berbelanja masyarakat ini, kamu bisa menangkap peluang bisnis jualan grosir sembako online

Caranya, kamu harus mengajukan kerja sama dulu ke distributor-distributor sembako offline, misalnya di pasar. Bilang kalau kamu siap menjadi agen mereka, dan menjual produk-produk sembilan bahan pokok secara online

Sistem pengambilan keuntungannya pun bisa bagi hasil, atau kamu melebihkan harga yang sudah mereka berikan, alias di-markup. Media berjualannya sudah banyak, bisa lewat e-commerce seperti Tokopedia, OLX, atau lewat media sosial. 

8. Penulis lepas

Penulis lepas juga banyak dicari-cari, entah itu menulis artikel berita, atau menulis artikel SEO. Kalau untuk artikel berita, biasanya media luar yang mencari jasa ini. 

Sementara penulis SEO biasa dicari oleh perusahaan-perusahaan rintisan yang pengin mendobrak popularitas di Google. 

Jasa penulis lepas lumayan menggiurkan, karena bayarannya bisa per satu artikel. 

9. Penerjemah

Usaha sampingan tanpa modal hasil melimpah berikutnya adalah penerjemah. Kamu cuma modal kemampuan berbahasa asing, sudah bisa menjalankan usaha ini. Biasanya bahasa yang diterjemahkan ke Indonesia adalah bahasa Inggris. 

Mereka yang membutuhkan jasa ini bisa dari penerbit buku independen, maupun perusahaan-perusahaan kecil. Hal ini lantaran mereka tidak memiliki tenaga penerjemah full-time, tapi selalu bersinggungan dengan dokumen-dokumen berbahasa asing. 

10. Bikin kue pesanan 

Usaha sampingan ibu rumah tangga ini bisa dijalankan tanpa modal, asalkan memiliki keahlian dalam membuat kue. Bagaimana tanpa modal, kan harus beli bahan-bahannya? Nah, sistemnya bisa kamu ubah menjadi bayar di awal. 

Artinya, sebelum memesan, pelanggan diharuskan membayar DP atau bayar full dahulu untuk kemudian uangnya digunakan sebagai modal membeli bahan-bahannya. 

11. Makelar mobil atau motor bekas

Beberapa orang malas untuk menjual mobil atau motor bekasnya lewat internet. Alasannya beragam, ada yang malas foto atau malas upload.

Kamu bisa memanfaatkan hal itu, tanya saja ke teman-teman yang pengin jual motor atau mobil bekasnya. Kamu bisa datang ke rumahnya memfoto setiap sudut kendaraan tersebut, terus upload deh di situs jual beli online

12. Bisnis rumahan katering sehat

Jual katering sehat juga bisa menjadi usaha tanpa modal. Sama seperti jual kue, kamu cuma perlu memiliki keterampilan memasak, dan menerapkan sistem DP untuk setiap pemesanannya. 

DP tersebut kemudian dijadikan modal untuk kamu membeli bahan-bahan, sampai pengeluaran-pengeluaran lainnya seperti transport ke pasar atau biaya pengiriman nantinya.

13. Dropshipper

Kalau kamu suka belanja online pasti gak asing sama nama ini. Ya, dropshipper adalah salah satu usaha tanpa modal. Sistem dropship yang dimaksud di sini adalah, kamu akan mencatat semua pesanan pembeli lalu catatan itu diberikan ke penjual utama.

Intinya, kamu ngumpulin pesanan sejumlah yang dipesan bukan menyimpannya untuk dijual sendiri. 

14. Penonton YouTube bayaran

Penonton YouTube bayaran ternyata ada lho. Gak cuma si pembuat video saja yang dapat cuan, kamu juga bisa. Baru tahu, kan?

Ternyata, ada situs-situs yang membuka jasa ini. Kamu dibayar setelah menonton video yang ditentukan, situs-situs tersebut contohnya Paid2Youtube, You-Cubez dan Watch2Earn.

15. Admin Olshop

Lowongan admin toko online bisa kamu coba juga. Semakin banyak online shop yang kini bertebaran, semakin banyak juga kesempatannya. Biasanya, lowongan ini dibuka oleh toko online untuk melebarkan dan mengembangkan konten. 

Selain itu, admin ini punya tugas melakukan interaksi dengan audience medsos yang dipunyai si olshop. Nah, karena itu, admin medsos dituntut untuk komunikatif.

Kalau kamu kepo, buka saja akun medsos atau situs si olshop. Mereka bakal umumkan kalau butuh admin buat handle medsosnya.

16. Vlogger

Kamu termasuk orang yang pinter ngomong di depan orang banyak dan percaya diri tampil di kamera? Jangan sia-siain kemampuan yang kamu punya. Itu adalah aset yang bagus buat kamu memulai menjadi vlogger.

Eits, jangan lupa, buat konten di videomu sekreatif mungkin agar engagement bagus. Kalau sudah dapet atensi bagus dari penonton, sangat terbuka lebar potensi kamu buat terkenal dan mendapatkan uang dari endorsement atau iklan.

17. Driver Online

Pernah dengar kan kalau penghasilan driver online atau ojek online termasuk tinggi? Usaha sampingan ini bisa kamu coba buat isi waktu luang saat libur kerja atau sepulang kerja. Lumayan lho, jadi kamu bisa dapat double salary.

18. Sewa Kendaraan

Kini mobilitas orang sangat tinggi. Artinya adalah semakin meningkat juga kebutuhan buat naik kendaraan agar sampai ke tempat tujuan. 

Inilah saatnya, sewa kendaraan boleh banget dicoba. Bakal untung banget nih kalau kamu tinggal di sekitar tempat wisata. Tinggal pasang tarif dan sebarin informasi seluas-luasnya kalau kamu buka jasa sewa kendaraan.

19. Garage Sale

Kamu punya barang bekas atau barang yang sudah gak kepakai? Siapa bilang semua barang itu sudah gak bernilai. Coba saja buka garage sale

Gak usah bingung, coba lihat-lihat di sekitar kamar atau rumahmu. Kumpulin semua barang yang masih bagus dan layak buat dijual. Oh iya, kalau barang-barangnya berdebu dan kotor, jangan lupa dibersihkan, ya!

Foto barangnya semenarik mungkin, lalu unggah di medsos biar semua teman kamu tau. Bisa juga ajak teman kamu buat kolaborasi, jadi usahanya makin berkembang, deh.

20. Model

Lagi dan lagi, kalau kamu termasuk orang yang punya kepercayaan diri tampil di depan kamera, dan merasa good looking, model adalah salah satu usaha sampingan yang bisa dimanfaatkan.

Untung banget jika sebelumnya kamu sudah ada pengalaman atau punya portofolio, tinggal disebar ke agensi-agensi. 

Kalau agensi dirasa berat, coba hubungi teman-teman kamu yang punya bisnis clothing, tawarkan diri menjadi modelnya. Tapi jangan lupa ya, walaupun nantinya kamu model bisnis temanmu, tetap tunjukkan profesionalitas.

Hal yang harus diperhatikan untuk memulai usaha sampingan

Kamu pasti setuju kalau apapun itu usaha, dan pekerjaan dibutuhkan profesionalitas. Walaupun usaha di atas bersifat sampingan dan bukan usaha utama, kamu harus berkomitmen, jangan sampai usaha sampingan mengganggu pekerjaan utama, bisa-bisa bukannya untung malah buntung.

Selain itu, niat adalah yang utama. Semua yang kita lakukan sangat tergantung dari apa yang diniatkan. Jangan sampai kamu hanya semangat di awal dan lupa akan niatnya sebelum memulai usaha sampingan. Kalau hal tersebut terjadi, bahaya banget, yang ada semua pekerjaan jadi keteteran.

Itulah 20 usaha sampingan tanpa modal. Modal bukanlah salah satu penentu kesuksesan orang berusaha kok, banyak pengusaha-pengusaha yang mencapai kesuksesannya saat menjalankan usaha tanpa modal. 

Sebut saja seperti Mark Zuckerberg yang dulu membangun Facebook dari kamar asramanya tanpa modal besar. 

Ada beberapa sikap yang harus ditanamkan oleh pengusaha yang memulai usaha tanpa modal agar bisa untung besar, pertama adalah berorientasi pada pelanggan, dan kedua adalah tidak berhenti berusaha sampai mendapatkan keuntungan. Semoga informasi tadi bermanfaat! 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →