8 Ide Bisnis untuk Pemula di Semua Usia

Bisnis untuk pemula bisa dilakukan oleh para anak muda ataupun kita yang sudah berusia tidak lagi muda. Memulai bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kita yang sudah bertahun-tahun menjadi karyawan.

Meski demikian, memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Meski begitu, jangan pesimis dulu karena ada 8 ide bisnis untuk pemula berikut yang bisa dikelola oleh semua usia.

1. Berjualan Camilan

Siapa yang tidak suka camilan? Sepertinya hampir semua orang menyukai jenis makanan ini. Kita bisa memulai bisnis ini dengan meluangkan waktu membeli berbagai varian camilan dalam kantong besar di pasar dengan harga yang murah. Kemudian, kemas camilan tersebut dalam kantong yang lebih kecil. Tentu saja, naikkan harga dibanding harga modal. Selain itu, kita juga dapat mencoba menjual camilan buatan sendiri.

2. Layanan Titip Hewan Piaraan

Untuk kita yang menyukai hewan piaraan, bisa mempertimbangkan bisnis untuk pemula ini. Sebagai langkah awal, kita dapat memanfaatkan tetangga atau relasi yang sedang bepergian yang perlu menitipkan hewan piaraan mereka. Namun, pastikan kita memiliki kemampuan yang baik untuk menjaga dan merawat hewan piaraan yang dititipkan. Kemungkinan, beberapa jenis hewan piaraan membutuhkan perlakuan khusus.

3. Jasa Titip Beli Barang Bermerek atau Branded

Jasa titip atau jastip untuk membeli barang branded atau merek tertentu kini semakin marak. Untuk mengelola bisnis untuk pemula ini, maka kita memerlukan kamera dan ketekunan untuk menawarkan barang. 

Kita dapat berjalan di mal-mal sekitar, lalu memotret barang-barang yang sekiranya menarik untuk jastip. Kita dapat posting di media sosial atau membuat grup tersendiri dengan minat yang sama. Jastip yang dikenakan mulai dari puluhan ribu dari tiap barang.

4. Perencana Perjalanan (travel planner)

Melakukan perjalanan atau traveling semakin banyak diminati, termasuk di Indonesia. Nah,  kita yang terbiasa melakukan perjalan, jadikan hal ini sebagai ide bisnis untuk pemula. Kita bisa menjadi perencana perjalanan bagi calon wisatawan, termasuk memesan pesawat, hotel, mobil, restoran ataupun aktivitas lain. Jangan khawatir, berbagai platform online bisa kita jadikan andalan untuk membantu menjalankan bisnis ini.

5. Usaha di Bidang Fotografi

Bisnis untuk pemula fotografi terbilang beragam. Dengan bermodalkan kemampuan fotografi yang baik dan perlengkapan fotografi, kamu bisa membuka jasa event organizer (EO). Sebagai awal, kita bisa bergabung dengan EO sebagai penyedia jasa fotografi. Ada berbagai event yang dapat kita abadikan, mulai dari pernikahan, wisuda, acara kantor ataupun ulang tahun. Selain itu, kita juga bisa menjual hasil foto di situs web tertentu.

6. Event Organizer

Merencanakan dan melaksanakan acara memerlukan persiapan dan tenaga yang tidak sedikit. Itu sebabnya usaha bidang event organizer (EO) tidak pernah sepi. Jangan segan memulai usaha EO ini dengan menangani acara kecil. Jika kita dipercaya oleh klien, tidak mustahil akan kembali memakai jasa EO kita untuk acara yang lebih besar. Kita dapat melakukan berbagai pemesanan secara online dan menemui klien di cafe atau rumah mereka.

7. Buka Gerai Kopi

Bisnis untuk pemula yang satu ini memang sedang naik daun. Kita bisa melihat gerai kopi hampir di setiap sudut kota. Mulai dari pusat perbelanjaan, perkantoran ataupun di sekitar perumahan. Meski itu berarti ada banyak saingan, namun hal itu juga berarti banyak permintaan untuk kopi. Kita dapat menyesuaikan kopi yang kita jual dengan minat target pembeli, harga kopi yang dijual, dan lokasi yang strategis.

8. Rental Motor

Untuk memulai bisnis rental motor, kita bisa menggunakan motor pribadi atau milik teman yang tidak terpakai. Kita bisa mulai menyewakan pada orang-orang di sekitar rumah atau kantor. Selain itu, ada pula potensi menyewakan pada wisatawan yang berkunjung. Pembayaran rental motor ini bisa per hari atau per jam. Selain itu, saat ini ada pula rental motor listrik yang umumnya disewakan per jam.Jadi, bisnis untuk pemula apa yang akan kita pilih? Jangan biarkan usia jadi penghalang niat kita memiliki usaha sendiri. Berbagai ide bisnis di atas bisa kita lakukan untuk memulai usaha.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →