Black Card: Fungsi, Kegunaan, dan Cara Mendapatkannya

Black card

Black card adalah salah satu kartu kredit kalangan kelas atas yang artinya, kartu ini dikhususkan untuk orang kaya. Sama seperti kartu kredit yang merupakan salah satu alat pembayaran yang telah dikenal oleh masyarakat, kartu ini punya kekhasan tersendiri, dan jenisnya pun beragam.

Ini bukan sembarang kartu. Pasalnya, ini adalah kartu kredit paling elite yang cuma bisa dimiliki orang-orang tertentu. Dengan kata lain, kartu ini menjadi simbol status sosial tertinggi bagi pemiliknya.

Lantas, apa saja syarat untuk bisa mempunyai kartu ini? Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kalian mengetahui lebih dalam definisi black card.

Apa Itu Black Card?

Masih eksis hingga saat ini, black card sebenarnya sudah ada sejak tahun 1999. Black card adalah kartu kredit yang diterbitkan American Express atau Amex dengan nama resmi American Express Centurion Card.

Sebagai informasi, Amex merupakan perusahaan penerbit kartu kredit terbesar di dunia asal Amerika Serikat (AS).

Fakta menariknya, kartu ini terbuat dari titanium dengan desain mewah dan elegan. Karena itu, kartu kredit yang memang pada umumnya dicetak dengan warna hitam atau gelap ini merupakan kartu pembayaran eksklusif.

Menyasar kalangan tertentu, kartu kredit ini banyak digunakan orang-orang kaya di dunia dari beragam profesi, seperti pengusaha hingga selebritas.

Pemilik Black Card 

Lantas, siapa saja yang bisa memiliki kartu tersebut di dunia ini? Para pemilik black card sudah jelas masuk dalam kalangan orang elite dan jutawan.

Namun tidak hanya kaya, orang-orang yang bisa memiliki adalah mereka yang mendapatkan undangan eksklusif dari American Express Centurion Card.

Jadi, orang-orang yang tidak mendapatkan undangan tersebut bisa jadi dipandang belum layak mempunyai kartu kredit ini.

Syarat punya Black Card

Orang-orang yang tidak mendapatkan undangan sebenarnya bisa mengajukan permintaan ke Amex, agar diundang sebagai pemegang kartu kredit ini.

Ada beberapa kriteria yang membuat seseorang berpeluang diundang oleh Amex untuk menjadi pemilik kartu eksklusif tersebut:

  • Tercatat sebagai pengguna kartu Amex lainnya.
  • Aktif memakai kartu Amex minimal selama satu tahun.
  • Pengeluaran setiap tahun menggunakan kartu Amex minimal sebesar 250 ribu dolar AS. Akan tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa kartu ini baru bisa diberikan kepada orang yang sering berbelanja minimal 450 ribu dolar AS setiap tahun.

Namun, ketiga syarat tersebut masih sebatas perkiraan. Pasalnya, Amex tidak mempublikasikan secara resmi syarat memiliki black card. Jadi, meski sudah memenuhi kriteria di atas, kalian tidak serta merta bisa langsung memiliki kartu ini.

Biaya yang dikenakan kepada pengguna kartu ini

Sama seperti kartu kredit pada umumnya, ada biaya yang perlu disiapkan pengguna. Yang membedakan adalah jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk mempertahankan kartu ini, ada biaya inisiasi atau biaya pendaftaran yang perlu dibayarkan, yakni sebesar 10 ribu dolar AS. Sementara itu, iuran tahunan kartu eksklusif ini sebesar 5 ribu dolar AS.

Fungsi dan kegunaan Black Card

Karena disebut-sebut sebagai kartu eksklusif, kartu kredit tentu menghadirkan banyak benefit menggiurkan untuk penggunanya. Tak tanggung-tanggung, berikut ini kegunaan black card yang bisa dinikmati oleh para pemegangnya.

  • Pelayanan akses VIP

Para pemilik kartu ini dapat merasakan benefit menggiurkan berupa akses VIP ke sejumlah event atau tempat.

Contohnya, pemilik kartu ini bisa menonton konser di barisan terdepan atau tempat strategis. Intinya, mereka akan selalu diprioritaskan di sejumlah event dan tempat.

  • Akses sebagai tamu elite di sejumlah hotel mewah

Saat menginap di hotel mewah, pengguna kartu bisa mendapatkan status sebagai tamu elite.

Status ini memungkinkan pemegang kartu mendapatkan kelonggaran dalam banyak hal, contohnya upgrade kamar atau memundurkan jadwal check out.

  • Akses Centurion Lounge di seluruh bandara

Centurion Lounge tergolong sebagai lounge terbaik di dunia karena memiliki makanan berkualitas tinggi hingga pelayanan yang sangat memuaskan.

Para pemegang kartu mendapatkan akses untuk menikmati kemewahan di Centurion Lounge yang ada di sejumlah bandara internasional.

  • Status penyewaan mobil elite

Kartu kredit juga memberikan pemiliknya akses ke perusahaan persewaan mobil elite, seperti Hertz dan Aviz. Kartu ini diterima untuk program Centurion Auto. Program ini merupakan akses layanan penyewaan mobil mewah dengan harga pilihan.

Lamborghini, Bentleys, dan mobil balap Formula Satu (F1) bisa disewa dengan kartu kredit ini, bahkan beserta asuransi persewaan mobil dan bantuan pinggir jalan (derek gratis dan jumpstarting).

  • Poin reward

Setiap kali menggunakan kartu ini, para penggunanya akan memperoleh satu poin reward.

  • Akses ke kamar paling mewah di berbagai kapal pesiar

Benefit menggiurkan lainnya bagi para pengguna kartu, yakni mereka memiliki akses ke kamar paling mewah di berbagai kapal pesiar.

  • Menutup toko untuk berbelanja eksklusif

Pemilik kartu kredit eksklusif ini bisa meminta sebuah toko untuk tutup, agar ia bisa berbelanja secara pribadi di situ.

  • Dapat undangan eksklusif dari brand terkenal

Orang-orang yang memakai kartu ini bisa mendapatkan undangan eksklusif dari brand ternama, seperti Fashion Show Victoria’s Secret atau lainnya.

Selain American Express Centurion Card, ada pula kartu lain yang diterbitkan oleh MasterCard. Kartu ini diberi nama The MasterCard Black Card.

Akan tetapi, ada perbedaan yang cukup signifikan di antara American Express Centurion Card dan The MasterCard Black Card. 

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, black card yang diterbitkan Amex merupakan kartu kredit untuk kalangan tertentu dengan undangan khusus.

Sementara itu, black card yang dikeluarkan Mastercard merupakan kartu kredit perjalanan kelas atas. Siapa saja bisa mengajukan kepemilikan kartu ini.

FAQ