Kisah BlackBerry Messenger, dari Untung Rp 279 Triliun Sampai Harus Gulung Tikar

blackberry messenger

Berita mengenai akan berhentinya layanan pesan singkat BlackBerry Messenger pada tanggal 31 Mei 2019 sontak menjadi perbincangan hangat di jagat media sosial. Gimana tidak, platform yang pernah menyandang gelar aplikasi sejuta umat ini secara tiba-tiba mengumumkan hal tersebut melalui website miliknya sendiri.

“Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami. Kami harap Anda akan terus mengenang berbagai memori indah bersama BBM yang telah turut membentuk masa depan platform pesan instan hingga hari ini,” tulis tim manajemennya.

Untuk kamu yang pernah memiliki smartphone BlackBerry mungkin tahu gimana rasanya ketergantungan buat berkomunikasi menggunakan BBM. Kalau dulu kita harus bayar pulsa untuk berkirim pesan melalui SMS, tapi semenjak adanya aplikasi yang satu ini segalanya menjadi lebih murah dan efisien. Kamu hanya membutuhkan kuota internet untuk saling berkirim pesan dengan teman atau keluarga tanpa perlu memikirkan pulsa.

Namun dibalik segala kemudahan dan kenyamanan yang diberikan dari layanan BBM terdapat kisah yang menarik untuk diketahui mulai dari awal kisah berdirinya sampai pada hari terakhir layanannya tutup. Penasaran?

Yuk langsung aja nih kita simak kisah BlackBerry Messenger berikut ini.

Baca juga: Ketenaran Gak Jadi Jaminan, 4 Bisnis Kuliner Artis Ini Bangkrut

Ide BlackBerry Messenger dicetuskan oleh Gary Klassen

blackberry messenger
Gary Klassen. (communitech.ca)

Dikutip dari BlackBerry, pada tahun 2005 seorang karyawan bernama Gary Klassen yang menjabat sebagai Principal Architect BlackBerry mencetuskan sebuah gagasan platform pesan singkat yang independen untuk produk-produk smartphone asal Kanada itu. Di versi pertamanya hanya ratusan orang yang mengunduh aplikasi ini sehingga membuat Klassen merasa was-was apakah karyanya bisa berhasil atau tidak.

Guna mendapatkan pengguna yang banyak, salah satu langkah yang diambil oleh Gary Klassen dan timnya adalah dengan  mempromosikan BBM ke komunitas-komunitas tertentu sebagai salah satu strategi marketing. Hasilnya, cara tersebut terbilang berhasil untuk meningkatkan jumlah pengguna setiap harinya.

Pada awalnya platform gratis ini memiliki nama QuickMessenger sebelum akhirnya diganti oleh rekan kerja Klassen yakni Jeremy Kettle menjadi BBM yang kita ketahui sampai hari ini. Sayangnya pada tahun 2016 Gary Klassen memilih untuk mengundurkan diri dari BlackBerry setelah lebih dari 10 tahun mengabdi.

Baca juga: 7 Kesalahan Umum yang Bikin Bisnis Startup Kamu Mandek bahkan Bangkrut

BlackBerry Messenger berkontribusi besar atas keuntungan Rp 279 triliun

blackberry messenger
Tampilan layar Blackberry Messenger. (Instagram/@BBM)

Setelah berumur 6 tahun, BBM berhasil berkontribusi besar atas keuntungan yang didapatkan oleh BlackBerry. Tercatat, di tahun 2011 perusahaan yang berpusat di kota Waterloo, Kanada ini meraih keuntungan tersebesarnya dalam sejarah, yakni mencapai US$ 19,9 miliar atau setara Rp 279 triliun.

Pencapaian tersebut gak lepas karena kepopuleran BBM yang mencapai puncaknya di waktu yang bersamaan. Pengguna aktif setiap harinya tercatat mencapai angka 90 juta lebih dari seluruh dunia.

Selain kontribusi dari layanan itu, total pendapatan itu juga didapat dari hasil penjualan smartphone BlackBerry yang dijual di pasaran waktu itu. Kamu pernah punya?

Baca juga: Ritel Sepatu Murah Payless Bangkrut, Begini Sepak Terjangnya

Memulai petualangan baru di era Cross Platform tahun 2013

blackberry messenger
Ilustrasi pengguna BBM. (Instagram/@BBM)

Karena keuntungan yang terus merosot dan persaingan dari aplikasi pesan singkat gratis lain semakin ketat, manajemen BlackBerry Messenger terpaksa harus memutar otak gimana caranya para pengguna gak beralih ke yang lainnya.

Salah satu gebrakan yang paling fenomenal saat itu ialah membuat BBM gak lagi eksklusif untuk pengguna smartphone BlackBerry aja. Itu artinya pengguna sistem operasi Android dan iOS juga bisa mengunduh aplikasi ini. Cross Platform dilakukan pada akhir tahun 2013.

BlackBerry Messenger dibeli oleh perusahaan Tanah Air yaitu EMTEK sebesar Rp 2,9 T

blackberry messenger
Salah satu ponsel BlackBerry. (Pexels)

Gak disangka-sangka pada tahun 2016 perusahaan media asal Indonesia, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, membeli lisensi BBM sebesar US$ 207,5 juta atau setara Rp 2,9 triliun. Langkah ini sebetulnya dilakukan untuk memperbesar pasar ekspansi yang tadinya hanya aplikasi pesan singkat menjadi sebuah wadah portal berita, hiburan, video, E-Commerce dan game.

Sayangnya hal tersebut gak berjalan sesuai rencana dan harus menerima kenyataan kalau mereka justru mendapatkan kerugian yang gak sedikit.

FYI nih kalau EMTEK adalah salah satu media terbesar di Indonesia yang memiliki kendali atas siaran televisi SCTV, Indosiar dan O Channel.

Mengalami kerugian sampai Rp 1,97 triliun dan terpaksa gulung tikar

blackberry messenger
Unggahan salam perpisahan dari BBM. (Instagram/@BBM)

Pascapembelian BlackBerry Messenger, EMTEK mengalami kerugian mencapai Rp 1,97 triliun di tahun 2018 karena merosotnya Goodwill. Goodwill sendiri adalah aset gak berwujud yang muncul saat sebuah korporasi mengakuisisi usaha lain dan dimasukan ke dalam grup korporasi tersebut.

Fakta tersebut bisa jadi salah satu alasan mengapa layanan BBM Messenger harus ditutup pada tanggal 31 Mei 2019 nanti.

Mau gimanapun seseorang berusaha, pasti yang namanya jatuh bangun akan dirasakan suatu saat. Sama halnya dengan yang terjadi dengan BlackBerry Messenger. Walau dulu pernah menjadi primadona, tapi sekarang harus menerima kenyataan yang pahit. Buat kamu yang masih punya foto atau video kenangan yang disimpan di BBM sebaiknya segera melakukan back up sebelum seluruh data dihapus dari server. Jangan sampai kelupaan ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →