Blower AC Mobil – Fungsi hingga Cara Mengatasi Bila Rusak

gambar blower ac mobil

Sebagai pemilik mobil, kalian tentu harus harus memahami setiap komponen yang ada. Salah satu komponen yang sangat penting adalah sistem AC mobil, termasuk blower AC mobil.

Sebagai informasi, blower AC memang menjadi salah satu bagian penting dalam sistem pendingin mobil. Sistem pendingin mobil sendiri berperan untuk memberikan rasa sejuk pada pengendara dan penumpang mobil.

Blower AC dalam kendaraan roda empat sendiri terdapat di bagian belakang evaporator alias sebuah komponen yang berperan mengeluarkan hawa sejuk di dalam kabin.

Lantas, seperti apa cara kerja blower AC mobil dan apa fungsinya? Jika blower AC, apa penyebabnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Fungsi blower AC mobil dan cara kerjanya

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, blower AC mobil merupakan salah satu komponen krusial dalam sistem pendingin mobil.

Blower AC sendiri terdiri atas beberapa komponen, mulai dari motor blower, sekring, tahanan pengatur kecepatan dari motor blower, hingga saklar pengatur. 

Blower AC juga memiliki fungsi tersendiri, yaitu mengisap udara yang ada di sekitar blower. Kemudian, udara tersebut dihembuskan ke ruang kabin melalui sirip-sirip dari evaporator.

Lewat proses ini, udara mampu melepaskan panas ke bagian freon yang memiliki suhu lebih rendah. Dengan demikian, udara yang nantinya masuk ke kabin mobil kalian sudah pasti lebih dingin atau sejuk. 

Soal seberapa banyak udara masuk ke kabin, ini tergantung pada kecepatan blower AC. Kecepatan ini ditentukan dari pengaturan AC yang dipilih penumpang. 

Karena itu, cara kerja blower AC pun tergantung pada pengaturan AC, mulai dari rendah, sedang, hingga tinggi.

Untuk pengaturan AC rendah, arus angin akan mengalir dari kunci kontak ke bagian saklar motor blower evaporator. Setelah itu, arus angin masuk ke motor blower AC dan massa.

Motor blower mulai berputar, tapi secara lambat lantaran melewati dua tahanan. Inilah yang mengakibatkan posisi pengaturan AC rendah pada mobil menjadi tidak terlalu dingin.

Lantas, bagaimana cara kerja blower AC mobil untuk pengaturan AC sedang. Pengaturan ini berbeda dengan pengaturan AC rendah. 

Faktanya, pada pengaturan AC sedang, arus angin mengalir melalui satu tahanan saja. Jadi, arus yang mengalir ke bagian motor blower AC menjadi semakin besar. Akhirnya kecepatan putarannya lebih tinggi.

Untuk cara kerja blower AC dalam pengaturan AC tertinggi, arus menuju motor blower sudah pasti tidak melalui tahanan lagi. Hasilnya, arus menjadi maksimal hingga putaran motor menjadi paling tinggi.

Penyebab blower AC mobil mati dan cara mengatasinya

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah blower AC mati dan menyebabkan AC mobil tidak dingin. Berikut adalah berbagai penyebabnya: 

1. Kerusakan pada relay blower

Blower AC mati juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada relay. Komponen satu ini mengatur daya listrik yang mengalir ke motor blower.

Apabila relay rusak maka blower tidak akan berputar karena tidak ada aliran listrik ke motor.

2. Kerusakan motor blower

Penyebab kerusakan selanjutnya adalah kerusakan pada dinamo atau motor blower itu sendiri. Dinamo memiliki fungsi untuk mengubah energi listrik ke dalam energi gerak yang membuat blower berputar.

Kerusakan pada dinamo ini bisa terjadi pada salah satu komponen pada dinamo, paling umum terjadi pada carbon brush dan kumparan dinamo.

3. Resistor terputus

Resistor blower yang terputus adalah salah satu penyebab blower AC mati tiba-tiba. Resistor sendiri merupakan susunan tahanan listrik yang besar kecilnya memengaruhi kecepatan blower berputar.

Saat listrik yang mengalir ke resistor kecil, blower akan berputar lebih cepat. Sebaliknya blower justru kecil putarannya saat listrik yang melewati resistor besar.

Namun jika tidak ada listrik sama sekali yang mengalir ke blower karena resistor terputus, tentu blower juga tidak akan berputar.

4. Kerusakan pada saklar

Saklar adalah alat untuk mengaktifkan dan menonaktifkan suatu alat elektronik, ini juga terdapat pada AC mobil.

Saklar AC biasanya memiliki tingkatan untuk mengatur seberapa dingin AC. Saat kamu menyalakan saklar dan AC tetap tidak menyala, bisa jadi saklar rusak dan menyebabkan blower AC tidak berputar.

5. Kerusakan pada sekring

Penyebab yang terakhir adalah rusaknya sekring yang berfungsi mengamankan arus listrik menuju blower. Sekring rusak atau putus sendiri bisa disebabkan karena lonjakan arus yang berlebihan.

Nah apabila AC mobil mati karena berbagai penyebab di atas, cara mengatasinya adalah dengan membawa mobilmu ke bengkel AC mobil terdekat.

Penyebab blower AC berisik dan cara mengatasinya

Selain blower AC mati, kalian mungkin pernah mengalami blower AC mobil berisik. Kondisi ini tentu tidak nyaman bagi pengendara dan para penumpang mobil. 

Hal ini juga menjadi tanda ada yang tidak beres pada sistem AC mobil kalian. Lantas, apa penyebab blower AC berisik?

1. Masalah pada kompresor

Ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan bunyi berisik terkait kompresor, yakni oli kompresor kurang, hilangnya kompresi pada kompresor, dan kompresor AC mengalami macet.

Jika sumber bunyi berasal dari kompresor, kalian disarankan untuk segera membawa mobil ke bengkel AC mobil recommended.

Masalah AC mobil berisik yang diabaikan dalam menyebabkan kerusakan meningkat dan menyebabkan biaya perbaikan melonjak drastis.

2. Kerusakan pada komponen-komponen AC mobil

Masalah kedua yang menyebabkan blower AC berisik adalah kerusakan komponen-komponen pada AC mobil. 

Seperti yang sudah disampaikan di atas, sistem AC mobil terdiri dari banyak komponen, seperti motor blower, sekring, tahanan pengatur kecepatan dari motor blower, saklar pengatur, dan lainnya.

Nah, beberapa kerusakan komponen yang menyebabkan blower AC berisik, yaitu magnetic clutch bermasalah, kebocoran saluran AC, dan pemasangan fan belt AC mobil yang tidak sesuai.

3. Kotoran pada sistem blower AC mobil

Masalah ketiga adalah terkait dengan kotoran yang ada di sistem blower AC. Faktanya, cukup banyak masalah AC mobil yang bunyi berisik terjadi karena terdapat benda-benda asing yang berputar di dalam sistem blower. 

Benda-benda asing ini bisa berupa daun-daunan, bungkus plastik sisa makanan, potongan kertas, maupun serangga yang terjebak di dalam sistem blower.

Kotoran ini yang menyebabkan munculnya bunyi berisik dari dalam sistem AC mobil.

Untuk mengatasi masalah blower AC mobil berisik gara-gara terdapat kotoran, biasanya dilakukan pembongkaran blower, pembersihan, dan kemudian sterilisasi. 

Sterilisasi ini sangat diperlukan terutama jika bunyi berisik terjadi karena ada kecoa di dalam sistem blower.

Cara membersihkan blower AC mobil

Membiarkan blower AC kotor memang dapat menyebabkan masalah seperti AC berisik. Kotoran yang dibiarkan juga bukan tidak mungkin dapat merusak komponen pada AC yang kemudian menyebabkan AC tidak mau menyala.

Cara membersihkan AC mobil dengan mudah bisa menggunakan produk AC cleaner. Namun cara ini dianggap kurang efektif untuk membuat blower maupun evaporator AC jadi bersih.

Berikut langkah membersihkan blower:

  • Bongkar dan keluarkan blower.
  • Bersihkan debu pada blower dengan sikat halus yang dapat menjangkau kisi-kisi blower.
  • Gunakan air untuk membersihkan blower. Gunakan selang dengan tekanan tinggi agar air yang disemprotkan dapat membantu membersihkan kotoran pada blower.
  • Keringkan blower, lalu pasang kembali.

Selain bagian blower, kamu juga sebaiknya membersihkan bagian evaporator agar AC bisa bersih maksimal. Lakukan pembongkaran dengan hati-hati, jangan sampai ada kabel atau komponen lain yang rusak.

Apabila kamu kesulitan untuk membongkar komponen AC mobil, kamu juga bisa membawa mobil ke bengkel untuk dibersihkan AC-nya.

Lengkapi dengan perlindungan dari asuransi mobil

Jangan lupa untuk memberikan proteksi pada kendaraan kesayanganmu dengan asuransi mobil. Mengingat biaya perawatan dan perbaikan di bengkel itu tidak sedikit.

Dengan adanya asuransi mobil, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan berbagai risiko yang dapat menimpa kendaraanmu.

Pasalnya, kamu bisa mendapatkan jaminan finansial berupa ganti rugi ketika kamu mengalami kecelakaan ataupun kehilangan karena pencurian.

Ada juga beberapa manfaat tambahan yang bisa kamu dapatkan dari asuransi mobil, yaitu penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara, dan bencana alam.

Kalau kamu bingung jenis asuransi mobil apa yang cocok untukmu, kamu bisa mengisi kuis asuransi mobil terbaik berikut:

Untuk mengetahui kisaran premi asuransi mobil, kamu bisa menggunakan kalkulator premi asuransi mobil berikut:

Pertanyaan seputar blower AC mobil

Dapatkan Promo