BMW R9T: Inilah Spesifikasi dan Harganya

bmw r9t

BMW R9T adalah sebuah mahakarya BMW untuk motor gagah besutannya. BMW R9T bisa dikatakan jadi sepeda motor terbaik dunia yang pernah dibuat pabrikan otomotif asal Jerman ini.

Motor-motor garapan BMW memang selalu membuat semua orang kepincut, terlebih BMW R9T yang akan dibahas kali ini.

Kali ini akan dikupas tentang motor BMW R9T, cara menyebutnya adalah BMW Nine T. Motor BMW R9T dibekali mesin yang buas yaitu sebesar 999cc. Beragam fitur menarik dan canggih sudah disematkan kepada BMW R9T yang masuk kelas Heritage motor.

Dengan tenaga hampir 1000 cc, maka tak heran di pasaran kini harga BMW R9T bahkan jauh lebih mahal daripada mobil SUV. Harga satu unit BMW R9T kini dibanderol di kisaran harga Rp 600 juta rupiah.

Bagi beberapa gearhead, harga ini sangat pantas terlebih mengingat tenaga dan performa BMW R9T yang sangat tangguh ini.

BMW R Nine T sudah dilengkapi dengan teknologi canggih dari BMW, seperti teknologi Closed-loop 3-way catalytic converters yang berfungsi untuk mengontrol emisi buang.

Lalu juga ada teknologi Electronic Injection yang mampu meminimalisasikan tingkat konsumsi bahan bakar sehingga motor ini bisa lebih irit/hemat bahan bakar.

Lalu fitur apalagi yang membuat BMW R9T memiliki harga yang setinggi langit? Berikut beberapa spesifikasi singkat motor BMW BMW R9T ini.

Tampilan BMW R9T

BMW R9T memiliki desain yang cukup elegan, dengan tampilannya yang berpadu antara gagah dan sedikit sentuhan klasik.

Hal ini makin diperkeren dengan adanya eksterior modern yang menjadikan motor BMW R Nine T ini makin keren dan makin mewah.

BMW R9T sudah memiliki desain headlamp yang cukup dinamis serta mampu menghasilkan cahaya lampu yang sangat terang pada malam hari.

Kemudian juga disematkan panel speedometer digital yang canggih dan modern sehingga mampu memberikan informasi yang cukup akurat kepada pengendaranya.

Untuk dimensi, moge satu ini memiliki panjang mencapai 2.050 mm, dengan lebar BMW N9T mencapai 826 mm, serta tinggi 1.140 mm. Sehingga moge ini tampak sangat gede namun tetap mudah untuk dikendarai.

Kemudian BMW R9T juga handling-ya cukup nyaman dengan bantuan tangki bensin yang didesain aerodinamis berpadu dengan desain jok motor yang futuristik dan juga empuk.

Membuat tidak hanya tampilannya ganteng dan gagah, tapi juga membuat BMW R9T jadi terlihat mewah.

Dapur pacu BMW R9T

Mesin yang ditanam pada moge ini adalah mesin type mesin 4 tak dengan 4 silinder sejajar yang disertai dengan 4 titanium valves per cylinder dan 2 overhead camshafts. 

Sehingga tenaga yang dihasilkan motor ini mampu memberikan power yang lebih bertenaga dengan hentakan torsi yang cukup besar.

Lalu BMW ini juga mengadopsi sistem transmisi constant-mesh 6 speed. Lalu dengan kopling, multiplate clutch in oil bath, anti-hopping clutch, mechanically controlled. Motor mewah ini juga sudah diberikan cairan (Liquid Cooled) sebagai sistem pendinginnya.

Kemudian, motor ini juga memiliki kubikasi mesin sebesar 999cc menjadikan sebaran tenaga yang dihasilkan lebih besar hingga 146 kW dengan putaran mesin sebesar 13.500 rpm.

Lalu pada sisi torsi, motor ini maksimum torsinya mampu sebesar 113 Nm pada putaran 10.500 rpm.

Mesin buas pada tubuh BMW R9T ini juga didukung oleh beberapa fitur canggih yang membuat motor ini layak dihargai lebih dari setengah miliar.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa motor ini disematkan teknologi Closed loop 3 way catalytic converters.

Teknologi tersebut mampu mengontrol emisi buang pada motor ini, sehingga motor BMW R9T ini menjadi lebih ramah terhadap lingkungan.

Kemudian ada juga teknologi Elektronik Injection yang juga mampu mengontrol tingkat konsumsi bahan bakar pada motor BMW R9T ini.

Ketangguhan suspensi

BMW tidak mungkin hanya membuat mesin dengan tampilan mewah dan mesin buas. Pabrikan motor dan mobil asal Jerman ini juga mengutamakan kenyamanan berkendara pada BMW R9T.

Pada moge BMW ini sudah diberikan sistem suspensi yang tangguh dan juga handal.

Mengusung jenis suspensi Upside-down telescopic fork dengan diameter 46mm menjadikan sektor depan pada motor ini makin nyaman dan makin mantap saat melibas berbagai tekstur lintasan.

Kemudian pada bagian belakang motor, sudah ada suspensi dengan jenis Swing Arm yang akan membuat motor ini makin nyaman ketika dikendarai.

Sinergi kedua jenis suspense tersebut berpadu dengan sistem rangka yang kuat berjenis Aluminium composite bridge frame, partially self-supporting engine.

Meski berbahan dasar alumunium, namun rangka tersebut terbukti kokoh dan kuat sehingga mampu menopang berat mesin yang cukup berat.

Sehingga dengan mesin 999cc yang memiliki cukup berat, dan rangka yang kokoh dan kuat, menjadikan motor gede ini memiliki keseimbangan yang stabil terlebih ketika melahap lintasan aspal.

Fitur modern

Jika tadi sudah disinggung sedikit mengenai, fitur-fitur teknologi yang digunakan pada BMW ini. Tentunya masih banyak lagi fitur modern yang ada pada motor guna memaksimalkan performa motor bermesin buas ini.

Motor yang dijual di pasaran dengan harga mahal ini pada sektor pengeremannya sudah menggunakan teknologi rem Anti Lock Braking System (ABS).

Fitur modern ini yang membantu sistem sistem pengereman pada motor BMW R9T jadi semakin pakem dan juga aman.

Didukung juga dengan penggunaan ban jenis tubeless yang tidak hanya hanya membuat daya cengkram ban pada tanah makin kuat namun speaker yang dihasilkan pun menjadi semakin optimal.

Pada sisi tampilan layar, BMW R9T sudah dilengkapi dengan speedometer digital yang canggih dan modern.

Speedometer ini tak lagi menggunakan tuas analog, semua full digital sehingga mulai dari data kecepatan hingga indikator bensin ditampilkan dengan akurat dan juga keren.

BMW ini memiliki tangki bahan bakar yang mampu menampung sekitar 16 liter bahan bakar. Dengan berbagai fitur modern dan juga canggih yang berkombinasi dengan mesin buasnya, maka tak heran harga motor ini dilabeli sangat mahal.

BMW R Nine T Pure

BMW R Nine T Pure menurut pihak BMW merupakan model yang paling murni (pure) di kelasnya.

Tentu sesuai dengan namanya, BMW R Nine T Pure menampilkan sosok asli motor bergenre roadster klasik yang memadukan modernitas dan klasik dalam satu paket menarik.

Spesifikasi BMW R Nine T Pure ini bisa dilihat mulai dari hal sederhana seperti desain footstep dan segitiga berbahan aluminium forged dengan finishing anodized.

Kemudian juga pada tangki yang dilabur dengan pilihan warna vintage Catalano grey tanpa efek metalik.

Tampilan BMW R Nine T Pure memang jadi tidak tampak glamour. Namun dengan paduan warna hitam pada suspensi dan gardan belakangnya membuat R Nine T terlihat menarik serta menguatkan karakter roadster R Nine T yang klasik.

Pada dapur pacu, BMW R Nine T Pure dibekali mesin berkapasitas 1.170cc boxer dengan 110hp. Tenang, motor ini jelas sudah lulus uji emisi berstandar Euro4.

Kemudian pindah ke desain fisik, rangka modular besar masih tetap dipertahankan pada BMW R Nine T Pure. Hal tersebut guna memudahkan penggila kustom.

Menariknya, bagian depan motor dengan mesin melintang ini sudah dilengkapi cakram 320mm ganda dengan ABS dengan velg berbahan alloy berjari-jari 5 yang berukuran 3,5 x 17″ di bagian depan dan belakang 5,5 x 17″.

Harga BMW R Nine T Pure kini sekitar Rp 644 juta. So, jadi berminat membuat modifikasi ajaib dari BMW R Nine T Pure seharga mobil SUV ini?

BMW R9T Scrambler

BMW R9T Scrambler memiliki tangki yang lebih besar dari R9T biasa yaitu sebesar 17 liter kapasitas bahan bakar. Tentunya ini guna mendukung tampilannya yang scrambler.

Kemudian pada penerangan, BMW menambahkan headlamp klasik bergaya silinder.

Kemudian BMW R9T Scrambler memiliki juga multi information display (MID) atau sering disebut speedometer dalam bentuk bundar, yang semakin menunjukan bahwasannya motor ini benar-benar kental akan nuansa retro.

BMW R9T Scrambler juga memiliki jok yang pendek, namun tetap terlihat sporty dan gahar dengan knalpot dua lubang.

Meskipun jok pendek, namun posisi riding BMW R9T Scrambler begitu nyaman. Lantaran stang motor dibuat presisi, sehingga nyaman berlama-lama di jalan.

Dimensi BMW R9T Scrambler memiliki panjang 2175mm, lebar 880mm, tinggi 1330mm, dengan bobot seberat 220kg. Tampilan ini didukung juga dengan wheelbase 1830mm yang memudahkan saat bermanuver.

BMW R9T Scrambler dibekali dengan mesin tipe pendingin cair berukuran besar berjumlah dua buah (Boxer), 4-stroke, dua silinder plus 4 valve. Sementara itu untuk ukuran bore 101mm / stroke 73mm, dan kubikasi mesin sebesar 1170cc.

Dari racikan yang cukup garang tersebut, BMW R Nine T Scrambler dapat menghasilkan power maksimum hingga 110HP pada setiap putaran mesin 7750 rp, sedangkan torsi maksimal meraih skor 116 Nm pada 6000rpm.

Dengan mesin seperti itu, BMW R9T Scrambler dapat top speed 200 km/h, sementara untuk konsumsi bahan bakar per 100km yang ditempuh dalam kecepatan 90km/h, menghabiskan BBM sebanyak 4.5 liter.

Ya, motor ini tetap irit karena disematkan Electronic intake pipe injection + Closed-loop 3-way catalytic converter.

Pada sisi suspense, BMW R9T Scrambler memiliki suspensi jenis telescopic dengan diameter 43mm, dan di bagian belakang monoshock, dengan tingkat redaman yang bisa di ubah-ubah menurut selera si pengguna itu sendiri.

Kemudian, BMW R9T Scrambler  menggunakan velg model cast wheels dengan ukuran besar 19 inch serta dilapisi ban berukuran 120/70. Lalu pada bagian belakang menggunakan velg ring 17 inch lengkap bersama ban 170/60.

Sementara di sisi keamanan, double disc brake berdiameter 320mm + 4 kaliper piston pada lini depan, dan belakang single brake diameter 265mm + 2 kaliper piston. Jika kalian berminat, BMW R9T Scrambler bisa kalian beli di harga Rp 630 jutaan.

Perbedaan BMW R9T Scrambler dengan R Nine T biasa

Sepintas kedua motor gede ini tidak memiliki perbedaan berarti. Baik BMW R9T Scrambler dan motor BMW Nine R Nine T biasa. Namun jika diperhatikan kembali, perbedaan keduanya dapat ditemui di setiap bagian-bagian penting.

Semisal pada motor BMW R Nine T menggunakan mesin Boxer 4-stroke dengan 2 camshaft dan 4-radial aligned valve tiap silinder serta central balancer shaft.

Mesin 1.170cc ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 110 hp pada 7550 rpm dan torsi maksimum sebesar 119 Nm pada putaran mesin 6300 rpm.

Kemudian mesin pada motor BMW R Nine T ini memiliki tingkat kompresi 12:1 dan menggunakan electronic intake pipe injection.

Dengan performa keren tersebut, motor ini juga memiliki tingkat gas emisi rendah karena menggunakan closed-loop 3-way catalytic converter dan teknologi Euro3.

Sedangkan pada BMW R9T Scrambler juga sama menggunakan mesin Boxer 4-stroke dengan 2 camshaft dan 4-radial aligned valve tiap silinder serta central balancer shaft.

Kapasitas tenaga dan mesin pun sama, hanya saja torsi puncaknya hanya sebesar 116 Nm pada 6000 rpm, atau lebih kecil dari BMW R nineT.

Fitur pun juga sama hanya saja pada BMW R9T Scrambler sudah menggunakan teknologi Euro 4.

Kemudian pada motor BMW R Nine T menggunakan sistem listrik 3-phase alternator berdaya 600 W dengan kapasitas baterai 12V/14Ah.

Sedangkan pada BMW R9T Scrambler menggunakan sistem listrik 3-phase alternator berdaya 720 W dengan kapasitas baterai 12 V/14 Ah.

Lalu perbedaan lainnya pada motor BMW R NineT mengandalkan upside-down telescopic fork dengan diameter sebesar 46mm.

Maka pada BMW R9T Scrambler menyuguhkan suspensi depan telescopic fork dengan diameter fixed-tube sebesar 43mm

Selanjutnya pada motor BMW R NineT memiliki wheelbase sepanjang 1.476mm. Roda depan berukuran 120/70 ZR 17 dan roda belakang berukuran 180/55 ZR 17. Sedangkan pada jenis Scrambler wheelbase lebih pendek atau sepanjang 1.522mm. Roda depan berukuran 120/70 ZR 19 dan roda belakang berukuran 170/60 ZR 17.

Terakhir dimensi motor BMW R NineT dan Scrambler juga beda. Jika motor BMW R NineT memiliki dimensi (PxLxT) 2220mm x 890mm x 1265mm. Serta bobot seberat 430 kg dan memiliki tangki bensin sebesar 18 liter.

Maka pada BMW R9T Scrambler beda, ia memiliki dimensi (PxLxT) 2175mm x 880mm x 1330mm. Sedangkan beratnya sama dengan bobot BMW R nineT. Untuk BMW R nineT Scrambler memiliki tangki bensin sebesar 17 liter. [Amo/Ikh]

Pesaing BMW R9T

Meski harganya mahal, namun memang moge seperti ini diluncurkan untuk mengalahkan beberapa motor pesaingnya.

Pesaing R9T adalah Moto Guzzi V9 Roamer, Moto Guzzi V9 Bobber, Triumph Thruxton and BMW R Nine T Urban G/S, dan bahkan dari saudaranya sendiri yaitu BMW R9T Scrambler.

Motor BMW ini diciptakan khusus dengan penuh detail. Bahkan untuk urusan cat, moge yang satu ini memiliki ciri decal angka 21 pada sisi kiri dan kanan tangki.

Lalu juga untuk menempuh kesempurnaan, motor ini dicat tidak menggunakan mesin, namun secara manual oleh tangan.

Lindungi keuanganmu dari pengeluaran yang terlalu besar sehingga akhirnya menguras dana tabungan dengan asuransi motor. Asuransi motor akan memberi jaminan ganti rugi atas biaya perawatan dan perbaikan di bengkel.

Tips dari Lifepal! BMW R9T adalah sebuah mahakarya BMW untuk motor gagah besutannya. Motor ini dibekali mesin yang buas yaitu sebesar 999cc. Beragam fitur menarik dan canggih sudah disematkan kepada motor yang masuk kelas Heritage motor.

Di pasaran kini harga motor ini bahkan jauh lebih mahal daripada mobil SUV. Harga satu unit BMW R9T kini dibanderol di kisaran harga Rp 600 juta rupiah.

Untuk melindungi tunggangan kamu, jangan lupa asuransi motor terbaik. Pilihlah asuransi motor yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Lindungi kendaraanmu

Biaya perbaikan dan perawatan motor tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan motor kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi motor supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Jika kamu memiliki mobil, hitung sendiri berapa kisaran premi asuransi mobil dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

Kemudian pilihlah asuransi mobil yang cocok, dengan bantuan Kuis Asuransi Mobil Lifepal di bawah ini

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar BMW R9T 

Berapa top speed BMW R9T Scrambler

BMW R9T Scrambler bisa mendapatkan top speed 200 km/j, sementara konsumsi bahan bakar per 100km yang ditempuh dalam kecepatan 90km/j, menghabiskan BBM sebanyak 4.5 liter.

Kenapa penting untuk memiliki asuransi

Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan sebagainya. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.

BMW R9T Scrambler bisa mendapatkan top speed 200 km/j, sementara konsumsi bahan bakar per 100km yang ditempuh dalam kecepatan 90km/j, menghabiskan BBM sebanyak 4.5 liter.
Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan sebagainya. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.