EForm BNI: Cara Mudah, Aman, dan Untung Menabung di BNI

bni eform

Sebagai salah satu bank negara, jaminan kemudahan akses bagi calon nasabah untuk melakukan pembukaan rekening simpanan baru jelas sangat dibutuhkan. Karenanya, tidak heran jika layanan BNI eForm dihadirkan.

Untuk mempersingkat waktu pembukaan rekening, tak dimungkiri bahwa semakin banyak orang lebih memilih memanfaatkan layanan lebih praktis yang dimiliki oleh perusahaan perbankan dengan melakukan pengisian formulir atau pendaftaran secara online.

Sejalan dengan banyaknya jenis rekening simpanan yang dimiliki untuk berbagai kebutuhan berbagai jenis BNI eForm yang dihadirkan pun ikut beragam.

Mulai dari rekening simpanan prakerja, kredit usaha rakyat (KUR BNI), ataupun rekening simpanan biasa dalam hal ini taplus.

Lalu bagaimana cara jika ingin buka rekening BNI dengan menggunakan BNI eForm?

Cara BNI EForm Pembukaan Rekening

Untuk mengetahui layanan simpanan apa saja yang dapat dimiliki, para nasabah bisa terlebih dulu membuka laman eform.bni.co.id. Pada laman tersebut akan terlihat berbagai pilihan rekening simpanan yang ingin dibuka.

Di bagian bawah setiap pilihan menu, biasanya tersedia pilihan syarat dan ketentuan untuk berbagai pilihan layanan. Kamu bisa langsung klik ‘Daftar BNI eForm’ untuk layanan rekening simpanan biasa.

Jika sudah memilih sesuai dengan kebutuhan, calon nasabah akan dibawa ke halaman lanjutan yang berbeda. Salah satu contohnya adalah BNI KUR di mana calon nasabah akan terlebih dahulu di bawah ke halaman syarat dan ketentuan (S&K), kemudian jika menyetujui kolom persyaratan umum akan berlanjut ke laman selanjutnya yang berisi data diri.

Sementara itu untuk pembukaan rekening simpanan, calon nasabah dapat melakukan langkah sebagai berikut:

  • Klik pilihan ‘Daftar BNI eForm’, lalu klik ‘Daftar’ saat sudah berada di halaman lanjutan.
  • Siapkan dokumen wajib berupa eKTP, alamat email aktif, serta kertas dan alat tulis untuk foto tanda tangan
  • Setujui syarat dan ketentuan
  • Pilih jenis tabungan yang tersedia (BNI Taplus, BNI Taplus Muda, BNI Taplus Bisnis)
  • Isi data diri sesuai dengan kolom yang tercantum pada eForm, termasuk nama, tempat dan tanggal lahir, nomor KTP, status perkawinan, hingga alamat.
  • Masukkan nomor telepon dan alamat email yang masih aktif, karena penting untuk menerima notifikasi dan kode verifikasi.
  • Unggah wajah selfie, foto selfie, foto KTP yang tersedia.
  • Isi kode Captcha di kolom yang telah ditentukan, kemudian centang kotak “Syarat & Ketentuan”, klik “Selanjutnya”
  • Setelah formulir selesai diisi, pilih jadwal kedatangan pembukaan rekening di kantor cabang BNI terdekat sesuai dengan domisili.
  • Pilih pula tanggal dan jam kedatangan ke kantor BNI cabang
  • Setelah selesai, pendaftar akan menerima kode verifikasi melalui SMS sesuai dengan nomor telepon yang didaftarkan.
  • Cetak eForm yang telah berhasil diisi untuk dibawa ke kantor cabang BNI sesuai dengan jadwal dan lokasi yang dipilih.

Kiat Menabung di BNI

Tidak cukup sekadar memiliki rekening tabungan. Kewajiban dan keinginan untuk menyisihkan uang agar tabungan dapat bertambah tentu perlu dilakukan setiap orang. Bukan hal yang mudah, dibutuhkan niat dan trik khusus dalam menyisihkan sebagian pendapatan yang dimiliki untuk menabung.

Bagaimana tips agar menabung dapat berjalan dengan baik dan lancar?

Tentukan tujuan menabung

Baik dari segi jangka waktu atau prioritas sesuai kebutuhan, tentukan barang darurat atau penting apa yang ingin lebih dulu dibeli. Lalu hitung dalam kurun waktu berapa lama kira-kira waktu menabung yang dibutuhkan.

Buat target atau hasil tabungan yang akan dihasilkan

Cara menabung paling efektif adalah dengan mengetahui target serta waktu yang diperlukan agar tabungan kita tercapai. Misal untuk membeli sebuah ponsel seharga Rp15 juta, kita membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk bisa mengumpulkan nominal tersebut.

Mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan detail

Hal ini sangat penting untuk mengatur arus masuk dan keluar keuangan pribadi. Jangan sampai aliran uang tidak terkendali dan merusak kebutuhan lainnya termasuk untuk menabung.

Tanamkan prinsip sisihkan bukan sisakan

Dalam artian menabung harus dianggarkan bukan hanya semata-mata karena dana sisa dari pendapatan yang kita miliki.

Utamakan berhemat

Hentikan kebiasan buruk yang terlalu boros terutama dari segi hiburan yang berlebihan atau tidak terlalu diperlukan. Hemat penggunaan sumber daya dapat membantu mengurangi tagihan serta tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan, dan lain sebagainya.

Usahakan memiliki penghasilan tambahan

Hal satu ini merupakan salah satu solusi terbaik yang bisa dicoba untuk menambah pemasukan. Selain berhemat, dengan memiliki pemasukan tambahan kita dapat memiliki dua anggaran tambahan untuk menabung dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Rajin berinvestasi 

Tidak hanya menabung, kita juga bisa belajar memberanikan diri untuk berinvestasi. Awali dana yang lebih kecil terlebih dahulu, bisa dalam bentuk obligasi, reksadana, saham, dan lain sebagainya termasuk asuransi.

Keuntungan Menabung di BNI

BNI sendiri memiliki sejumlah produk yang dapat mendukung proses menabung nasabah yang semuanya bisa dilakukan secara otomatis atau auto-debit.

Mulai dari layanan tabungan berjangka berupa deposito untuk tahap menabung dengan tenggat waktu, investasi emas, sampai reksadana.

Selain itu, layanan BNI eForm juga menjadikan proses pembukaan rekening lebih praktis. Mempersingkat waktu nasabah atau calon nasabah.

Tips dari Lifepal! Selain menggunakan BNI eform, kamu juga bisa memanfaatkan BNI mobile banking untuk membuka rekening BNI.

Siapkan juga dana darurat yang bisa digunakan tidak hanya untuk keperluan mendadak, tetapi juga untuk pengeluaran tidak terduga yang berhubungan dengan kesehatan. 

Kamu bisa gunakan kalkulator dana darurat di bawah ini untuk menghitung dana darurat sesuai dengan usia. 

Kamu juga bisa mulai cari informasi tentang manfaat asuransi lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia di Lifepal.

Pastikan keluarga telah terlindungi secara finansial dengan asuransi jiwa terbaik. Proteksi finansial dari asuransi jiwa akan memberi keluarga dan ahli waris pertanggungan berupa santunan tunai andai tertanggung kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau meninggal dunia.

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Uang pertanggungan asuransi

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Pertanyaan seputar BNI Eform