BNI TabunganKu, Simpanan Mudah Mulai Rp20 ribu!

bni tabunganku

BNI TabunganKu merupakan produk tabungan bagi perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan. Produk bernama TabunganKu ini bukan hanya diluncurkan oleh BNI, melainkan sejumlah perusahaan perbankan Tanah Air lainnya. Tujuannya adalah menumbuhkan budaya menabung yang diharapkan mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Apa aja sih yang bikin TabunganKu BNI ini unggul? Simak serba-serbi komplit tentang produknya berikut ya!

Fitur BNI TabunganKu

tabunganku bni

Sebagai salah satu produk yang paling mudah dijangkau oleh masyarakat Indonesia secara menyeluruh, TabunganKu menawarkan beberapa fitur yang bikin nasabahnya nyaman. Berikut ini fitur dan keunggulannya.

  • Tetap menyediakan buku tabungan yaitu TabunganKu BNI
  • Saldo minimum setelah penarikan Rp20 ribu, tidak seperti produk tabungan lain antara Rp50-100 ribu
  • Jumlah penarikan minimum di teller Rp100 ribu
  • Bebas biaya administrasi
  • Setoran awal ringan, Rp20 ribu saja
  • Kekurangannya adalah transaksi seperti penarikan tunai, setoran, dan pindah buku.

Meski standar yang diberikan dari Bank Indonesia (BI) adalah bahwa tabungan ini diterbitkan  tanpa ATM, TabunganKu juga memiliki fitur optional atau kustomisasi yang bisa ditawarkan bank dalam menyelenggarakan program TabunganKu. Salah satu fitur ini adalah kartu ATM dan layanan jasa lain dengan kesepakatan dalam biaya yang lebih ringan.

Poin fitur ini yang menjadi pembeda antara TabunganKu BNI dan produk TabunganKu bank lain. BNI sendiri menawarkan TabunganKu konvensional dan TabunganKu syariah dengan aturan berbeda.

Syarat buka rekening TabunganKu

Syarat Pengajuan Kartu Kredit BNI

Sebagai salah satu rekening yang bertujuan meningkatkan minat menabung masyarakat, TabunganKu tidak membebani kita saat ingin membuka rekening. Namun, kamu harus ingat bahwa TabunganKu ini bertujuan sebagai simpanan alias murni tabungan, bukan untuk keperluan bisnis ataupun bertransaksi.

Itu salah satu alasan kartu ATM menjadi pilihan tambahan, bukan fitur utama yang ditawarkan program dari pemerintah ini. Lalu apa saja syarat membuka rekening BNI TabunganKu? Berikut penjelasannya.

  • KTP asli (harus sudah KTP elektronik)
  • Uang tunai minimal Rp20 ribu sebagai setoran awal.

Mudah bukan?

Apakah perlu membawa NPWP? Jawabannya adalah tidak. Kenapa? Karena seperti penjelasan sebelumnya, TabunganKu ini program pemerintah untuk mendongkrak minat menabung masyarakat, makanya dibuat sederhana tanpa ribet.

Cara buka rekening BNI TabunganKu

rhb sekuritas

Kamu yang berniat menabung dan menyukseskan program pemerintah ini bisa banget lho pilih tabunganku! Caranya gak jauh berbeda saat membuka rekening bank lainnya. Pertama, tentu pilih bank yang memiliki TabunganKu seperti BNI.

Kemudian datangi kantor cabang terdekat dan sampaikan tujuan kamu untuk membuka rekening. Biasanya ada nomor antrean yang harus kamu ambil.

Kemudian, kamu akan mendapat penjelasan seputar fitur dan program TabunganKu BNI. dua syarat yang telah disebutkan sebelumnya harus kamu kasih ke bagian customer service.

Oya, jangan lupa isi formulir pembukaan rekening TabunganKu BNI dan membayar setoran awalnya di teller ya! Setelah semua proses ini selesai, rekening TabunganKu sudah bisa kamu bawa pulang dan kamu bisa mulai deh program menabungmu.

Adakah biaya lain saat buka TabunganKu?

Sebenarnya, setiap pembukaan rekening ada biaya tambahan lain yang tidak terlalu besar yaitu materai 6000. Gak cuma di tabungan umum lainnya, TabunganKu BNI pun demikian.

Jadi, selain uang setoran awal sebesar Rp20 ribu, ada tambahan biaya materai 6000. Ada beberapa bank yang juga bakal meminta biaya fotokopi.

Informasi lain mengenai TabunganKu

menentukan usaha dagang

Sebelum berangkat ke bank buat buka rekening TabunganKu, ada hal lain yang perlu kamu tahu. Berikut penjelasannya.

Rekening ini hanya bisa digunakan perorangan. Artinya, satu rekening hanya bisa dimiliki satu orang. Begitupun sebaliknya, satu orang hanya bisa membuka satu rekening TabunganKu. Hal ini dikecualikan bagi orangtua yang ingin membuka rekening TabunganKu bagi anaknya.

Selain itu, TabunganKu tidak bisa digunakan sebagai rekening bersama. Itu sebabnya, rekening ini gak bisa kamu gunakan untuk keperluan bisnis, terlebih jika bisnis bersama.

Tanpa transaksi 6 bulan berturut-turut, pemilik rekening dikenakan denda Rp20 ribu. Rekening juga bakal ditutup pihak BNI jika saldo minimal Rp20 ribu. Nominal Rp20 ribu ini akan hangus karena menjadi biaya penutupan rekening sesuai sistem di BNI.

Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat ya! Kamu bisa kunjungi Lifepal untuk informasi lain seputar perbankan dan finansial!