BNI Taplus – Jenis Tabungan, Syarat, Biaya Admin dan Benefitnya

bni taplus

BNI merupakan salah satu bank milik negara yang memiliki banyak nasabah di Indonesia. Bank ini pun menawarkan berbagai jenis tabungan misalnya BNI Taplus. 

Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, BNI merupakan bank besar BUMN yang telah berpengalaman dalam bisnis perbankan tanah air. Kantor cabangnya tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri membuat BNI sangat accessible bagi masyarakat Indonesia. 

Untuk mengetahui lebih jelas terkait apa itu BNI Taplus, jenis produk tabungan dari BNI lainnya, benefit yang didapatkan serta biaya administrasi yang dikenakan, simak dalam artikel ini, ya.

Tentang BNI Taplus

BNI Taplus adalah jenis tabungan paling basic atau BNI Taplus biasa yang memberi nilai tambah kepada nasabahnya berupa suku bunga progresif dengan tingkat bunga yang cukup menarik dan dapat keikutsertaan dalam program undian berhadiah. BNI Taplus juga merupakan jenis tabungan BNI untuk mahasiswa.

Beberapa jenis kartu debit yang bisa dipilih diantaranya: 

  • Kartu Debit BNI Silver, kartu debit ini bisa menjadi pilihan buat kamu yang gak mau mengenakan biaya bulanan yang mahal. Kartu debit ini hanya mematok biaya bulanannya sebesar Rp 4.000.
  • Kartu Debit BNI Gold, kartu debit ini memberi keuntungan dari segi biaya yang diperoleh penggunanya namun memakan biaya admin yang cukup tinggi dibandingkan Debit Silver, yakni Rp 7.500 per bulan.
  • Kartu Debit BNI Platinum, dibandingkan kedua kartu debit sebelumnya, kartu yang satu ini memiliki biaya administrasi bulanan yang lebih besar, yakni Rp 10.000. Sudah pasti dengan biaya administrasi yang besar, keunggulannya pun lebih besar dengan limit tarik tunai hingga Rp 15.000.000

Syarat menjadi nasabah BNI Taplus

BNI Taplus memberikan banyak kemudahan dan kenyaman dalam melayani para nasabah melakukan transaksi. 

Adapun persyaratan dan biaya administrasi untuk membuka BNI Taplus seperti dikutip dari laman resmi BNI,  diantaranya sebagai berikut:

Syarat umum

  • KTP/ SIM/ Paspor dan NPWP (bagi warga negara Indonesia)
  • Paspor disertai KITAS/KIMS/ KITAP/ Referensi dan NPWP (WNA/ WNI)
  • Rp 500.000 untuk setoran awal ( wilayah Jabodetabek) dan Rp 250.000 ( luar Jabodetabek)
  • Rp 150.000 untuk saldo minimal.

Biaya administrasi dan lainnya

  • Biaya administrasi bulanan sebesar Rp 11.000
  • Denda untuk saldo dibawah minimum yakni Rp 5.000
  • Tunggakan denda kurang dari saldo minimum yakni maksimal 3X tunggakan
  • Tunggakan untuk biaya administrasi maksimal yakni 3X tunggakan
  • Tunggakan untuk biaya administrasi kartu  yakni maksimal Rp 10.000.

Apabila kantor cabang yang kamu tuju tidak sesuai dengan alamat KTP, kamu wajib melampirkan surat keterangan domisili yang bisa didapatkan dengan meminta dari RT atau RW setempat. Atau, bisa juga melampirkan surat keterangan bekerja dari perusahaan.

Suku bunga 

Setelah mengetahui persyaratan dan ketentuan pembukaan rekening di BNI Taplus, kamu harus tahu besaran suku bunga yang diberikan tabungan ini. 

Berikut suku bunga BNI Taplus:

SaldoSuku Bunga
Kurang dari Rp 1 Juta0,0%
Rp 1 Juta – Rp 50 Juta0,25%
Lebih dari Rp 50 Juta – Rp 500 juta0,25%
Lebih dari Rp 500 Juta – Rp 1 milyar1,00%
Lebih dari Rp 1 miliar1,50%

Jenis Tabungan BNI Taplus lainnya

Selain reguler, ada juga produk tabungan dari Bank BNI yang disesuaikan dengan kebutuhan dan segmentasi nasabah. Berikut beberapa di antaranya.

BNI Taplus Bisnis

BNI Taplus Bisnis, sesuai dengan namanya dikhususkan untuk kepentingan usaha kamu. Tentu terdapat perbedaan dengan antara BNI Taplus Bisnis dengan produk simpanan dari BNI yang lainnya. 

Salah satunya pembukaan rekening hanya dapat dilakukan oleh badan usaha (badan hukum, maupun non badan hukum) dan non badan usaha/ perorangan (asosiasi, perkumpulan, himpunan, instansi dan lainnya).

Apabila pembukaan dilakukan oleh perorangan maka dapat membawa identitas diri. Sementara untuk badan usaha harus melengkapi bukti legalitas. 

Adapun ketentuan dan persyaratan dalam pembukaan rekening BNI Taplus Bisnis yang wajib kamu ketahui seperti dikutip dari laman resmi bni.co.id.

  • Setoran awal minimal Rp 1 juta dengan setoran selanjutnya Rp5.000.
  • Saldo rata-rata minimal untuk bulanan yakni Rp 1 juta.
  • Biaya administrasi bulanan Rp 10 ribu.
  • Denda untuk saldo di bawah ketentuan rata-rata minimal yakni Rp 20 ribu.
  • Tunggakan biaya administrasi; maksimal 3 kali tunggakan
  • Tunggakan denda dibawah saldo minimal; maksimal 3 kali tunggakan.
  • Tunggakan biaya administrasi kartu; maksimal Rp 10.000

Untuk produk tabungan bisnis ini, BNI menyediakan dua pilihan kartu BNI Debit, seperti berikut ini:

  • Kartu BNI Debit Gold, dengan biaya pembuatan kartu Rp 15.000 dan penggantian kartu Rp 20.000
  • Kartu BNI Debit Platinum, dengan biaya pembuatan kartu Rp 20.000 dan biaya penggantian kartu RP 25.000.

Suku bunga  

Berikut besaran suku bunga yang diberikan dari tabungan BNI Taplus Bisnis, seperti pada tabel berikut:

SaldoSuku Bunga
Kurang dari Rp 5 Juta0,00%
Rp 5 Juta – Rp 100 Juta1,00%
Lebih dari Rp 100 Juta – Rp 1 Miliar1,25%
Lebih dari Rp 1 Miliar2,15%

BNI Taplus Muda

Seperti namanya, BNI Taplus muda adalah produk perbankan dari BNI Taplus yang diperuntukkan bagi kalangan muda. Target pasarannya adalah anak muda di Indonesia usia 17-35 tahun.

BNI Taplus Muda memberikan keringanan menabung karena patokan setoran awal yang cukup ringan yakni Rp 100 ribu dengan setoran selanjutnya Rp 10 ribu. Bagi kamu yang mau membuka rekening BNI Taplus Muda cukup membawa identitas diri berupa KTP atau Paspor ke kantor cabang BNI.

BNI Taplus Anak

BNI Taplus Anak adalah produk tabungan yang ditujukan untuk para nasabah anak yang berusia 0 s/d 17 tahun. Produk BNI yang satu ini memiliki keunggulan dengan tidak mengenakan biaya administrasi.

Walaupun kartu debit dan rekening menggunakan nama anak, tetap saja orang tua masih bisa memantau aktivitas transaksi. Uniknya, kartu debit ini dapat didesain dengan menggunakan foto anak. 

Dalam pembukaan rekening, anak dapat melakukannya bersama orangtua. Dengan cara membawa identitas diri sang anak, baik kartu pelajar, akta kelahiran bahkan paspor. Selain itu, sebagai keamanan tambahan orang tua juga bisa melampirkan identitas dirinya.

Adapun beberapa ketentuan untuk pembukaan rekening di BNI Taplus Anak yakni:

  • Biaya setoran awal minimal Rp 100.000
  • Biaya setoran selanjutnya minimal Rp 10.000
  • Gratis biaya administrasi
  • Limit transaksi belanja yakni Rp 500.000/ hari
  • Jenis kartu yang disediakan yaitu Kartu Debit Only dan Kartu Debit Combo Uang Elektronik BNI (TapCash)

Suku bunga 

Berikut besaran suku bunga yang diberikan dari tabungan anak, seperti pada tabel berikut:

SaldoSuku Bunga
Kurang dari Rp 100 ribu0,00%
Rp100 ribu – Rp5 juta1,00%
Lebih dari Rp5 Juta1,50%

Benefit Tabungan BNI Taplus Anak

Bagi yang membuka rekening BNI Taplus Anak, kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan lainnya, yakni:

  • Buku tabungan dan Kartu Debit/ATM atas nama anak sendiri.
  • Kartu Debit/ATM dapat di desain khusus dari sekolah.
  • Bebas biaya administrasi.
  • Akses layanan BNI SMS Banking.
  • Bebas antri di cabang karena kamu bisa menabung lewat BNI Cash Deposit Machine (CDM) 
  • Notifikasi SMS bagi Orangtua untuk setiap transaksi anak.

Bisa kerjasama dengan sekolah

Keunggulan lainnya dari produk simpanan ini adalah sekolah bisa bekerjasama dengan BNI dalam pembukaan rekening.

Sementara itu terdapat juga beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan untuk bisa melakukan kerjasama ini, diantaranya:

  • Jumlah siswa di sekolah minimal 500 orang dan diantaranya wajib membuka rekening BNI Taplus Anak.
  • Pihak sekolah bersedia membuka rekening operasional sekolah di BNI.
  • Pihak sekolah bersedia menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan BNI minimal berjangka waktu 3 (tiga) tahun.

Keuntungan membuka rekening di BNI Taplus

Setelah mengetahui berbagai jenis tabungan Bank BNI di atas, keuntungan apa sih yang didapatkan jika kamu membuka rekening ini. Kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungannya  sebagai berikut:

  • Suku bunga akan dihitung berdasarkan saldo harian
  • Bisa menikmati promo diskon dengan Kartu Debit BNI diberbagai merchant terkemuka seperti di restoran, super/ hypermarket, department store ataupun sarana kota lainnya.
  • Bisa menikmati layanan weekend Banking di hari Sabtu dan Minggu di beberapa cabang untuk memberi kesempatan bagi kamu yang tidak bisa berinteraksi di cabang pada hari kerja.

BNI Taplus adalah produk dari tabungan BNI yang paling basic yang  menawarkan berbagai jenis tabungan yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Proses pendaftaran dan transaksinya yang tidak terlalu ribet memudahkan calon nasabah untuk membuka rekening tabungan.

BNI Taplus ini menyediakan berbagai pilihan tabungan dari mulai produk simpanan yang disesuaikan dengan segmentasi dan kebutuhan nasabah. Tentunya dengan berbagai suku bunga yang sesuai.

Tips dari Lifepal! Dalam menentukan produk tabungan terbaik, perhatikan beberapa aspek seperti biaya administrasi, kemudahan dalam hal bertransaksi, serta lokasi cabang yang dekat dengan tempat tinggal kamu. 

Lengkapi perencanaan finansialmu dengan asuransi kesehatan terbaik

Setiap orang pasti memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai seperti memiliki rumah, membeli mobil, atau melanjutkan pendidikan. Dalam upaya mencapai hal tersebut, orang membuat perencanaan keuangan untuk mewujudkan keinginannya. 

Agar kamu bisa fokus untuk mewujudkan tujuan finansial, miliki asuransi yang dapat mengcover biaya tidak terduga. Salah satu asuransi yang paling vital adalah asuransi kesehatan yang bermanfaat untuk mengcover biaya berobat di rumah sakit. 

Asuransi kesehatan memberikan manfaat berupa penggantian biaya rawat jalan dan rawat inap di rumah sakit atau fasilitas kesehatan (faskes) lainnya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir keuanganmu akan terkuras bila terpaksa harus berobat. 

Cari tahu daftar asuransi kesehatan terbaik di Indonesia dan bandingkan sendiri biaya premi dan manfaat pertanggungannya. Dapatkan diskon hingga 20% jika kamu membeli premi asuransi di Lifepal

Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. 

Jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi diri dan finansial dengan asuransi supaya kantong gak jebol karena kejadian tidak terduga!

Sebelum membeli produk asuransi online, sebaiknya pelajari dulu fungsi dan pengertian asuransi, istilah-istilah dalam polis serta kenali berbagai jenis asuransi di Indonesia supaya kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi piilihanmu nantinya.

Temukan referensi berbagai perusahaan dan produk asuransi, bandingkan polis, hemat, klaim serta konsultasi secara gratis hanya di Lifepal!

Tidak ada salahnya juga untuk menyiapkan dana darurat yang bisa digunakan tidak hanya untuk keperluan mendadak, tetapi juga untuk pengeluaran tidak terduga yang berhubungan dengan kesehatan. 

Kamu bisa gunakan kalkulator dana darurat di bawah ini untuk menghitung dana darurat sesuai dengan usia. 

Pertanyaan Seputar BNI Taplus