Boleh Gak Sih Anak Pegang Kartu Kredit? Nih 4 Manfaat Kartu Kredit untuk Anak yang Bisa Diajarkan

kartu kredit untuk anak

Siapa sih yang gak kenal salah satu diva cantik Indonesia bersuara merdu Rossa? Belum lama ini biduan yang biasa dipanggil Ocha kaget tatkala melihat tagihan kartu kredit yang mencapai belasan juta rupiah.

 

Padahal itu kartu kredit termasuk jarang ia gunakan. Usut punya usut, Ocha memberi kepercayaan kepada anaknya yang berusia 9 tahun untuk menggunakan kartu kreditnya buat membeli game online hingga tagihan membengkak.

 

Well, di era yang serba mudah dan bebas ini, gak bisa dimungkiri, banyak orang tua di luar sana yang kurang mengawasi sang anak. Mereka memberikan akses kartu kredit kepada anak-anak yang beranjak remaja tanpa pembekalan. Walhasil anak jadi lepas kendali dan menyalahgunakan fasilitas tersebut.

 

[Baca : Moms Wajib Baca Tips Penting Pendidikan Keuangan Anak]

 

Apakah kartu kredit bisa diberikan kepada anak? Dimulai dari usia berapa?

 

Lalu gimana dong? Apakah salah memberi fasilitas kartu kredit tambahan pada anak? Kapan sih saat yang tepat memberi fasilitas kartu kredit pada anak? Ini pertanyaan-pertanyaan yang harus dipertimbangkan baik-baik oleh para orangtua.

 

Orang tua gak bisa sembarangan memberi fasilitas kartu kredit untuk anak. Pastikan usia anak sudah cukup untuk menggunakan kartu kredit. Anak yang memegang kartu kredit itu jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja. 

 

Kartu kredit sebenarnya bisa menjadi alat pembelajaran agar anak cermat mengatur keuangannya. Hanya saja orang tua harus memberikan pendampingan dan pemahaman yang cukup soal manfaat dan bahaya menggunakan kartu kredit.

 

Berikut 4 manfaat memberi kartu kredit pada anak:  

 

[Baca : Pendidikan Keuangan Sejak Dini Patutkah Memberi Anak Uang untuk Melakukan Tugas Rumah]

 

1. Mengajari anak cara mengelola keuangan

 

kartu kredit untuk anak

Cermat belajar mengelola keuangan bisa dimulai dari usia dini kok!

 

 

Salah satu cara terbaik menanamkan kebiasaan baik pada anak dalam mengelola uang adalah dengan memperkenalkan kartu kredit. Coba lihat sejauh mana anak dapat belajar mengatur pemasukan, pengeluaran dan utang.

 

Orang tua tinggal menentukan berapa limit yang boleh digunakan sehingga anak belajar bertanggung jawab. Lakukan pengecekan terhadap pemakaian kartu kredit mereka setiap bulan.

 

Hal ini bisa jadi bekal di masa depan mereka nanti loh! Kalau gak jadi ahli keuangan profesional, ya paling gak mereka bisa mengelola keuangan pribadi dengan baik.

 

2. Menanamkan rasa tanggung jawab

 

Menanamkan rasa tanggung jawab adalah nilai-nilai kebaikan lain dari memberikan kartu kredit pada anak. Orang tua bisa melihat dan memantau bagaimana anak memanfaatkan kepercayaan yang diberikan.

 

kartu kredit untuk anak

 Anak yang beranjak remaja harus diberikan tanggungjawab, pastikan orangtua bersikap tegas untuk yang satu ini

 

 

Namanya saja anak, pasti masih sangat rentan dengan godaan buat nyobain hal-hal baru. Itulah kenapa orang tua harus selalu melakukan pendampingan. Ajari mereka cara bertanggung jawab terhadap penggunaan kartu kredit yang bijak.

 

3. Belajar mengendalikan diri

 

Nah seperti yang disebut pada poin ke-2 di atas, usia muda rentan dengan godaan. Ini sama artinya dengan gimana anak belajar mengendalikan diri. Tanamkan dalam benak mereka bahwa kartu kredit bukan uang orang tua, melainkan utang kepada bank yang harus dibayar.

 

kartu kredit untuk anak

Paling susah deh menahan godaan apalagi kalau yang ada di depan mata adalah benda-benda kesukaan 

 

 

4. Belajar memiliki rekam jejak yang baik

 

Suatu saat anak-anak akan beranjak dewasa dan memiliki kartu kredit mereka sendiri. Sebelum itu, mereka bisa belajar tentang membangun rekam jejak kredit yang baik. Ajari mereka menjadi nasabah yang baik.

 

Kartu kredit memang utang namun bisa memberi keuntungan kalau digunakan dengan baik dan benar. Sisi positifnya, di kemudian hari mereka bisa lebih mengerti bagaimana menggunakan kartu kredit lebih bijak.

 

kartu kredit untuk anak

Melalui kartu kredit, anak bisa belajar sedari dini menjadi nasabah yang baik dan bertanggungjawab 

 

 

[Baca : Buka Tabungan Anak Bukan Sekadar Didik Si Upik Belajar Nabung]

 

Ternyata kartu kredit bisa memberi manfaat kan buat anak. Tapi ingat, orangtua sangat berperan loh! Memberi akses kartu kredit bukan berarti lepas tangan gitu saja. Tetap beri pendampingan dan pengawasan dong, jangan malas! Emangnya mau kebobolan tagihan?

 

Memberikan fasilitas kartu kredit kepada anak memang berpotensi bikin anak jadi boros, meremehkan uang dan membiasakan anak berutang. Namun, selama orang tua mampu mengarahkan penggunaan kartu kredit, gak ada yang perlu dikhawatirkan.

 

 

Cek lagi kondisi keuangan keluarga dengan keputusan memberikan anak fasilitas kartu kredit, apakah sudah sesuai. So, be a smart parent ya!

 

 

 

Image Credit :

  •  http://media.viva.co.id/thumbs2/2014/08/23/265283_ilustrasi-anak-menabung_663_382.jpg
  • http://www.heartline.co.id/parenting/images/parent.jpg
  • https://pengrajinboneka1471m.files.wordpress.com/2015/01/b2d4c-dstore.jpg?w=625
  • http://2.bp.blogspot.com/-jW3rY2Xqy9Y/Va-_TIZ6UXI/AAAAAAAAAM4/dd44nmckvgg/s1600/kpu1asxfzuqz2xh8n7op.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →