Bosan Sama Es Teh? Kreasikan Jadi 5 Minuman Bermodal Rp 40 Ribu Ini

Siapa coba yang gak suka sama es teh? Minuman yang satu ini jadi penolong kalau lagi nongkrong saat uang udah menipis. Dan rasanya segar minta ampun buat buka puasa.

Udah nikmat, segar, dan gak perlu khawatir dengan adanya zat-zat yang membahayakan kesehatan. Bahannya aja dari teh yang dikenal sebagai antioksidan alami yang berguna buat tubuh. Jadi, dijamin kamu bakal sehat.

Cuma ada kalanya rasa bosan melanda kalau es teh yang diminum, sajiannya gitu-gitu doang. Nah, supaya buka puasamu gak ngebosenin, MoneySmart mau berbagi resep kreasinya yang dijamin low budget.

1. Honey milk tea

Es teh
Honey milk tea (lawsofbaking)

Minum teh aja udah sehat. Biar makin sehat, tambahkan ke dalam es teh campuran madu dan susu. Jadilah honey milk tea.

Dari honey milk tea, kamu gak cuma dapetin efek positif dari antioksidan, tapi juga manfaat peningkatan stamina dari madu dan kesehatan tulang dari susu. Apalagi di bulan puasa ini, kamu perlu asupan yang bernutrisi dan berenergi agar tetap fit dan segar.

Kalau kamu pengin bikin honey milk tea sebagai sajian buka puasa, berikut ini bahan-bahan dan modal yang mesti kamu siapkan.

Teh celup 2 kantong: Rp 1.500 per saset

Air mendidih 250 ml

Es batu

Susu kental manis 4 sendok teh: Rp 3.000 per dua saset

Madu 3 sendok: Rp 4.000 per dua saset

Total: Rp 8.500

Cara bikinnya, seduh teh dengan air panas seperti biasa kamu bikin teh. Biarkan sampai dingin begitu warnanya sudah kecokelatan.

Terus campur es batu, susu kental manis, dan madu ke gelas yang berisi teh tersebut. Aduk sampai semua campuran menyatu. Es teh honey milk tea siap disajikan.

2. Green tea latte

Buat penyuka teh hijau, pasti udah akrab dengan green tea latte-nya Starbucks. Ternyata green tea latte Starbucks yang digandrungi itu bisa kok dibikin di rumah. Apalagi buat buka puasa, dijamin seger deh pokoknya. Menyehatkan pula!

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Ketimbang kamu keluar Rp 40 ribu buat minum green tea latte Starbucks, mendingan pakai resep es teh green tea latte yang hemat bujet ini. Berikut bahan-bahan yang perlu kamu siapkan.

Matcha atau green tea powder: Rp 2.000 per saset

Susu cair putih 1 cangkir: Rp 5.000 per kemasan

Gula pasir 1 sendok

Air panas

Total: Rp 7.000

Cara bikinnya, seduh bubuk matcha atau green tea dengan sedikit air panas. Aduk hingga larut. Secara terpisah, rebus susu cair putih dengan ditambah satu sendok gula pasir.

Begitu mendidih, tuang susu cair tersebut ke dalam cangkir yang berisi green tea. Aduk campuran tersebut. Setelah selesai, taburi sedikit bubuk matcha di atasnya.

3. Es teh bubble tea

Es teh
Es teh bubble tea (detik)

Kalau kamu pernah ke KOI caffe, udah gak asing tentunya dengan yang namanya bubble tea yang dicampur ke dalam es teh. Enak sih memang, dan harganya cukup terjangkau. Tapi, puasnya cuma sebentar karena minumnya sedikit.

Lebih baik kamu buat sendiri aja di rumah. Bahan-bahan yang kamu siapkan buat bikin es teh yang satu ini di antaranya:

Bubble tea (tapioca pearl): Rp 20.000 per kg

Green tea atau thai tea powder: Rp 2.000 per saset

Air mendidih 250 ml

Es batu

Total: Rp 22.000

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Cara bikinnya, kamu pertama-tama rebus bubble tea dengan air dalam panci hingga mendidih selama 30 menit sambil diaduk. Habis itu bilas bubble tea yang udah direbus dengan air mengalir.

Tuang air sedikit ke bubble tea yang sudah dipindahkan ke wadah lain agar tidak lengket. Selanjutnya, persiapkan teh dengan menyeduh green tea atau thai tea powder dengan air mendidih.

Diamkan sebentar hingga dingin, kemudian taruh es batu dan campur dengan bubble tea. Es teh bubble tea siap disajikan.

4. Es teh leci

Buah leci itu memang legit rasanya dan punya aroma yang sedap di hidung. Makanya buah yang satu ini diburu selama bulan puasa.

Bahkan, es teh berasa sangat nikmat dengan dicampur buah leci. Wah, gimana cara buatnya? Mula-mula kamu persiapkan bahan es teh leci ini ya:

Teh celup 2 kantong: Rp 1.500 per saset

Air mendidih 500 ml

Es batu

Lemon 2 buah

Leci 7 buah: Rp 20.000 per kaleng

Total: Rp 21.500

Cara bikinnya, seperti bikin teh pada umumnya, kamu seduh dua kantong teh celup dengan air mendidih. Biarkan hingga dingin.

Lalu campur dengan perasan lemon dan tambah dengan batu es. Aduk hingga benar-benar tercampur. Habis itu tambahkan buah leci ke dalamnya. Es teh buah leci siap disajikan.

5. Es teh taro milk tea

Es teh
Taro milk tea (richardpantry)

Usai thai tea mendapat penggemar di sini, varian teh yang satu ini juga gak mau kalah. Taro milk tea jadi salah satu minuman teh yang digemari belakangan ini.

Taro sendiri merupakan jenis umbi-umbian yang ekstraknya dijadikan bahan teh. Selain rasanya unik, taro juga punya kandungan nutrisi yang bagus buat tubuh.

Jadi, boleh banget nih buka puasa dengan es teh taro milk tea. Segarnya berasa, sehatnya pun ada. Bahan-bahan yang kamu sediain buat bikin es teh taro milk tea, antara lain:

Taro powder 70 gr: Rp 30.000 per 100 gr

Air panas 180 ml

Krimer 2-3 sendok makan: Rp 500 per saset

Gula cair 2-4 sendok makan

Es batu

Bubble tea (tapioca pearl): Rp 10.000 per 500 gr

Total: Rp 40.500

Cara bikinnya, pertama-tama siapkan bubble tea seperti yang sudah dikasih tahu sebelumnya.

Setelah itu, seduh taro powder dengan air panas lalu aduk. Kemudian tuang ke dalam botol lebih bagus lagi ke gelas shaker dengan ditambah krimer dan gula cair plus es batu.

Habis itu semua yang telah tercampur dikocok sambil diguncangkan. Lalu tuang ke dalam gelas dan es teh taro milk tea siap diminum buat buka puasa.

Gimana? Udah ada pilihan dari kreasi di atas yang pengin kamu bikin buat buka puasa? Selain modalnya minim, kamu bisa banget bikin kreasi es teh ini saat ada acara buka bersama.

Malah dijadikan ide mengeruk untung juga bisa. Hitung-hitung sambil menyelam minum air. Jadi, selamat mencoba ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →