Cara Cek BPKB Palsu, Nomor, dan Mengurusnya Kalau Hilang

BPKB

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah dokumen pemberi legitimasi kepemilikan kendaraan bermotor yang diterbitkan Polri dan berisi identitas kendaraan bermotor serta pemilik, yang berlaku selama kendaraan bermotor tidak dipindahtangankan.

Kepemilikan BPKB secara jelas telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Undang-undang tersebut menjelaskan kalau BPKB menjadi bukti kendaraan bermotor telah diregistrasi.

Dengan ketentuan tersebut, BPKB menjadi syarat mutlak dalam urusan jual beli kendaraan bekas. Mirisnya nih penjualan kendaraan bekas juga diiringi modus penipuan BPKB palsu yang tentu aja bikin masyarakat resah.

Lagi pula, kalau bicara soal surat penting kendaraan, gak bisa dipungkiri kalau masih banyak yang belum mengetahui perbedaan antara BPKB palsu dan yang asli. Alhasil, kasus tertipu BPKB palsu masih banyak dialami masyarakat Indonesia.

Gimana gak bikin pusing, soalnya BPKB itu bukti sah kalau kamu memang pemilik kendaraan tersebut. Kalau BPKB yang kamu miliki palsu, berarti status kepemilikan kendaraan tersebut jadi gak jelas dong.

Karena itu, pentingnya buat mengetahui perbedaan BPKB palsu dan asli. Gimana cara membedakannya? Berikut ini ulasannya.

Cara cek BPKB palsu dan membedakannya dengan yang asli

Dilansir dari Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia (Polri), inilah cara cek BPKB palsu dan membedakannya dengan yang asli agar tak kena tipu.

BPKB Asli BPKB Palsu
Bahan cover lebih gelap. Bahan cover agak buram.
Hologram di halaman paling depan berwarna abu-abu dan tidak berubah jika diterawang. hologram di halaman paling depan warnanya berubah jadi kuning saat diterawang.
Identitas pemilik BPKB tidak terlihat mencurigakan, seperti ada bekas cetakan ulang atau dihapus. Biasanya BPKB palsu sekedar mengubah data kendaraan saja, sedangkan data pemilik tidak berubah. Sekalipun berubah, biasanya akan terlihat seperti sudah dicetak ulang.
Pada halaman ke-14 terlihat lambang Korlantas Polri bila disinari cahaya ultraviolet. Saat diraba, kertas terasa kasar karena mengikuti logo Korlantas Polri yang timbul. Tidak terlihat lambang Korlantas Polri bila disinari cahaya ultraviolet. Saat diraba, kertas tidak terasa kasar.
Nomor seri di bawah hologram, untuk membedakan domisili. Untuk detail lebih lanjut hanya ada di Korlantas Polri dan tidak bisa dipublikasikan. Tulisan dan nomor seri yang tertera pada BPKB berbeda dengan yang asli.

Cara cek nomor BPKB

Cek nomor BPKB di STNK

Kalau informasi di atas memberi tahu cara cek BPKB palsu dan asli, cara berikut ini berguna bagi pemilik kendaraan yang hendak mengecek nomor BPKB.

Biasanya nomor BPKB menjadi syarat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ataupun memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Lalu, gimana cara mengetahui nomor Buku Pemilik Kendaraan Bermotor? Ini cara-caranya.

Cek nomor langsung di Buku Pemilik Kendaraan Bermotor

Namanya nomor BPKB pastinya tertera di Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Namun, cukup banyak pemilik kendaraan yang belum tahu di mana letak nomor tersebut. Ini cara cek letak nomor tersebut:

  • Buka halaman Identitas Pemilik di Buku Pemilik Kendaraan Bermotor.
  • Pada bagian pojok kanan atas, tertera No. yang terdiri dari huruf dan angka. Itulah nomor BPKB.

Cek nomor BPKB di STNK

Pemilik kendaraan bermotor juga bisa mengecek nomor Buku Pemilik Kendaraan Bermotor di STNK lho. Berikut ini cara ceknya.

  • Lihat lembaran Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
  • Temukan informasi NOMOR BPKB/VEHICLE OWNERSHIP DOCUMENT NUMBER di STNK.

Cek nomor BPKB di TBPKP

Selain di lembaran STNK, nomor Buku Pemilik Kendaraan Bermotor juga tercantum dalam Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP). Berikut ini cara ceknya.

  • Lihat lembaran Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran.
  • Temukan informasi NOMOR BPKB.

Cara mengurus BPKB yang hilang dan rusak

BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor harus dijaga dengan hati-hati sebagaimana menjaga Kartu Tanda Penduduk agar gak hilang. Kalau sampai hilang, gak usah panik. 

Berikut ini cara mengurus BPKB yang hilang ataupun rusak di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM sebagaimana dilansir dari Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Syarat mengurus Buku Pemilik Kendaraan Bermotor

Syarat mengurus BPKB hilang Syarat mengurus BPKB rusak
Isi formulir permohonan. Isi formulir permohonan.
KTP asli dan foto copy pemilik kendaraan. KTP asli dan foto copy pemilik kendaraan.
Surat kuasa bermaterai bagi yang diwakilkan oleh orang lain. Surat kuasa bermaterai bagi yang diwakilkan oleh orang lain.
Surat keterangan hilang dari unit regident tempat BPKB diterbitkan. BPKB yang rusak masih ada.
Surat pernyataan pemilik mengenai BPKB yang hilang tidak terkait kasus pidana atau perdata di atas kertas bermaterai. Cek fisik kendaraan.
STNK asli dan foto copy. STNK asli dan foto copy.
Bukti penyiaran pada media massa cetak sebanyak tiga kali berturut-turut dengan tenggang waktu masing-masing satu minggu di media cetak yang berbeda.
Cek fisik kendaraan (harus dihadirkan).

Cara mengurus Buku Pemilik Kendaraan Bermotor

Pemilik kendaraan yang kehilangan BPKB bisa mendapatkan BPKB baru dengan mengurusnya di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di mana Buku Pemilik Kendaraan Bermotor tersebut diterbitkan. Pastinya ke sana dengan membawa semua syarat dokumen yang diminta.

Biaya penerbitan BPKB baru

Cara mengurus STNK dan BPKB yang hilang

Biaya penerbitan BPKB diatur dalam PP No 60 tahun 2016 tentang PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), yakni sebesar:

Biaya penerbitan buat kendaraan roda dua atau tiga

  • Baru: Rp 225 ribu
  • Ganti kepemilikan kendaraan: Rp 225 ribu

Biaya penerbitan buat kendaraan roda empat atau lebih

  • Baru: Rp 375 ribu
  • Ganti kepemilikan kendaraan: Rp 375 ribu

Nah, udah tahu kan sekarang cara cek BPKB palsu dan asli serta cara cek nomor BPKP dan cara mengurusnya kalau hilang. Semoga dengan informasi di atas kamu lebih jeli dalam membeli kendaraan bekas!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →