Pengertian BPKB dan Pahami Cara Mengurusnya Jika Hilang

surat kepemilikan kendaraan

Saat membeli kendaraan baru atau bekas, kita turut diberikan surat-surat bukti kepemilikan dan pajak kendaraan, seperti BPKB, STNK, dan faktur pembelian. 

Tanpa surat-surat resmi ini, artinya kendaraan kita bisa dikategorikan sebagai bodong alias kendaraan tanpa surat-surat resmi. Jika sampai ketahuan polisi lalu lintas, tentu bisa jadi masalah.

Jadi, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB adalah tanda bukti kepemilikan yang sah atas sebuah kendaraan bermotor. Di dalam surat ini biasanya mencantumkan identifikasi kendaraan, baik nama pemilik, asal-usul, riwayat kepemilikan, hingga data fisik kendaraan bersangkutan.

Jika kita ingin mengurus perpanjangan pajak tahunan maupun pajak lima tahunan kendaraan, BPKB dijadikan sebagai salah satu dokumen resmi wajib yang disertakan dengan STNK dan kartu identitas (e-KTP) pemilik yang asli. 

Fungsi dan Jenis BPKB Kendaraan

samsat jakarta

Dalam pemahaman secara sederhana, BPKB bisa disama-artikan dengan fungsi sertifikat tanah, namun tentu barangnya berbeda, ya. Selain menjadi bukti kepemilikan kendaraan, BPKB juga bisa digadaikan dan memiliki nilai secara finansial.

BPKB kendaraan roda dua maupun roda empat sering kali dijadikan jaminan kepada lembaga keuangan, seperti

Jika kita ingin menjual kendaraan dalam kondisi rusak pun tetap wajib mencantumkan BPKB-nya sebagai bukti administrasi bagi negara dan kepolisian.

Dengan adanya BPKB akan mempermudah identifikasi kendaraan baik untuk kepentingan data administrasi, pajak daerah, serta identifikasi jika terjadi kecelakaan sebagai bukti forensik bagi kepolisian maupun bagi pihak penjamin asuransi.

BPKB juga bisa diartikan sebagai tanda pengenal bagi kendaraan bermotor jenis apa pun. Setiap kendaraan yang digunakan di jalan raya yang meliputi sepeda motor, mobil, truk kecil, truk gandeng, dan alat berat pun tetap wajib memiliki BPKB. 

Bahkan kendaraan untuk para penyandang disabilitas serta kendaraan instansi pemerintah, kepolisian, ambulans, dan pemadam kebakaran pun diwajibkan atas kelengkapan BPKB kendaraan.

Betapa pentingnya surat ini hingga menjadi jaminan bagi leasing khusus bagi kendaraan yang masih dalam masa angsuran. Sebelum debitur melunasi sisa kreditnya, BPKB tidak akan diserahkan dan akan menjadi jaminan bagi perusahaan leasing.

Itulah sebabnya, jika kita ingin membayar pajak kendaraan kredit harus mengurus penggandaan dokumen BPKB dalam bentuk fotokopi yang telah dilegalisir dan surat pengantar dari perusahaan leasing, baru kemudian mengurus pajaknya di Samsat.

Bagaimana Jadinya Jika BPKB Kendaraan Kita Hilang?

samsat online

Jika BPKB hilang, otomatis akan membuat harga jual kendaraan pun turun drastis. Sebelum kendaraan dijual, lebih baik diurus dulu BPKB-nya agar harga tawar penjualan kendaraan kita pun kuat.

Nah, syarat dan cara mengurus BPKB yang hilang mudah saja. Selain itu, kita juga bisa mengurusnya sendiri tanpa menggunakan calo agar biayanya jadi semakin murah dan terjangkau.

1. Syarat Pengurusan BPKB Hilang

Beberapa langkah mengurus BPKB hilang mungkin akan memakan waktu, jadi sabar saja dan ikuti prosesnya hingga selesai. Berikut langkah-langkah yang kita bisa ikuti.

  • Sebelum mengurus BPKB ke kantor Polda, buatlah surat laporan kehilangan dan berita acara pemeriksaan (BAP) terlebih dahulu di kantor kepolisian sesuai dengan domisili. Bisa mengurus di Polsek ataupun di Polres, pilih yang terdekat saja.
  • BPKB tidak memiliki masa berlaku, berbeda dengan STNK dan SIM. Jadi pengurusan surat laporan kehilangan BPKB dilakukan di bagian reserse kantor kepolisian setempat.
  • Setelah itu, datanglah ke kantor Samsat dan mengisi formulir permohonan dan menyertakan berbagai syarat dokumen berikut ini:
    • Surat keterangan kehilangan.
    • Berita acara pemeriksaan (BAP).
    • Fotokopi identitas diri.
    • Surat kuasa bermaterai jika pengurusan diwakilkan orang lain.
    • Surat pernyataan BPKB hilang di atas materai Rp6.000.
    • Bukti iklan berita kehilangan BPKB di media massa sebanyak dua kali setiap bulannya dengan tenggang waktu penyiaran selama dua bulan, boleh di media cetak lokal, regional maupun nasional. Sisipkan bukti fisik iklannya berupa potongan iklan dari koran beserta kuitansi pemasangan iklan. Iklan bisa berupa iklan baris dengan harga yang relatif murah.
    • Surat keterangan dari bank atau leasing bahwa BPKB tidak dalam status jaminan bank atau dijadikan agunan.
    • STNK asli dan fotokopinya satu lembar.
    • Cek fisik kendaraan dan bukti formulir cek fisik dari petugas.
  • Setelah itu tinggal menyerahkan dokumen-dokumen yang diminta secara lengkap di loket.
  • Petugas akan memeriksa seluruh dokumen dengan saksama.
  • Proses pembuatan BPKB baru biasanya butuh waktu sekitar satu bulan. Petugas akan memberikan jadwal pengambilan BPKB dalam bentuk resi. 

Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu

skck adalah

Saat membeli kendaraan second, kita wajib memperhatikan keaslian BPKB-nya. Pastikan kembali bahwa BPKB kendaraan asli agar tidak mendapatkan masalah sehingga diduga menerima atau menadah barang curian.

Nah, tentu pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara membedakan antara BPKB asli dan palsu? Berikut ini adalah beberapa ciri keaslian BPKB yang harus kita perhatikan.

  1. Cocokkan nomor BPKB sesuai dengan nomor pelat polisi atau nomor pelat kendaraan. Semua data harus sama antara BPKB, STNK, dan data di kepolisian. Cara ini dinilai yang paling mudah dan sederhana.
  2. BPKB asli memiliki tanda hologram dengan simbol atau logo Tribarata Polri di setiap halamannya mulai dari bagian sampul hingga bagian dalam. Cara memeriksanya adalah melihatnya di tempat yang bercahaya remang agar logo hologram bisa memantulkan cahaya dengan jelas.
  3. Selain ada logo hologram, BPKB asli juga dilengkapi dengan benang pengaman seperti benang pada uang kertas. Benang ini mencantumkan tulisan BPKB yang dapat dibaca dengan jelas.

Tiga tanda tersebut adalah cara membedakan BPKB asli dengan yang palsu. Jangan sampai terkecoh dengan BPKB palsu, deh. Sebaiknya juga langsung memeriksa bukti fisik BPKB-nya secara langsung dan jangan hanya percaya jika sekadar ditunjukkan dengan fotonya saja.

Biaya Balik Nama BPKB 

kantor samsat

Paling aman setelah membeli kendaraan second atau kendaraan bekas adalah melakukan balik nama kendaraan. Sebagaimana halnya STNK, sebaiknya kita mengurus balik nama atas BPKB kendaraan yang baru dibeli. Prosedurnya dilakukan di kantor Polda sesuai dengan domisili setempat.

Biaya balik nama BPKB cukup terjangkau jika tidak ditambah dengan biaya PKB, SWDKLLKJ, biaya administrasi STNK kendaraan, dan biaya TNKB. 

  • Kendaraan roda dua atau tiga adalah Rp225 ribu (pengurusan baru/hilang).
  • Kendaraan roda empat atau lebih adalah Rp375 ribu (pengurusan baru/hilang).

Mengingat betapa pentingnya kelengkapan BPKB atas kendaraan kita, pastikan untuk menyimpan surat bukti kepemilikan ini di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau oleh anak-anak kita dan orang lain. 

Jika surat-surat kendaraan sudah lengkap semuanya, maka akan lebih baik lagi untuk memproteksi harta kita ini dengan asuransi kendaraan. Dengan memiliki asuransi kendaraan, kita bisa mendapatkan ganti rugi finansial jika mobil atau motor kita mengalami kerusakan tertentu atau bahkan andai kita mengalami kecurian.

Nah, mau tahu lebih lengkap lagi, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal demi mendapatkan informasi terkait manajemen keuangan pribadi dan proteksi asuransi yang tepat untuk diri kita dan keluarga.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →