BSI Mobile – Kegunaan, Cara Registrasi, dan Biaya-Biayanya

BSI Mobile

BSI Mobile adalah fasilitas mobile banking yang disediakan Bank Syariah Indonesia bagi para nasabahnya untuk memiliki akses ke rekening tabungan dan melakukan transaksi online

Mobile banking ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja melalui perangkat smartphone, baik Android maupun iOS.

Fitur-fitur yang terdapat di BSI Mobile, yaitu:

  • pengecekan informasi saldo,
  • transfer uang,
  • bayar kebutuhan sehari-hari,
  • bayar zakat, dan masih banyak lagi.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kegunaan dan fiturnya, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara registrasi dan aktivasi m-Banking BSI ini. 

Cara registrasi dan aktivasi BSI Mobile

Proses registrasi dan aktivasi BSI Mobile sangatlah mudah. Berikut ini tata caranya.

  1. Nasabah mengunjungi Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia. 
  2. Mengambil nomor antrean customer service.
  3. Setelah antrean dipanggil, katakan tujuan kedatangan untuk registrasi BSI Mobile. 
  4. Petugas akan melakukan proses registrasi dan nasabah akan menerima SMS yang berisikan kode aktivasi. 
  5. Setelah itu, unduh aplikasi BSI Mobile di perangkat ponsel. 
  6. Buka aplikasi dan pilih “Sudah Memiliki Rekening”.
  7. Kemudian pilih “Aktivasi” 
  8. Masukkan nomor ponsel dan kode aktivasi yang telah dikirimkan pihak BSI. 
  9. Buat kata sandi untuk m-Banking BSI dan proses aktivasi selesai. 

Setelah aktivasi selesai, nasabah bisa mulai menjelajah ke fitur-fitur canggih yang ada di dalam mobile banking BSI tersebut. 

Kegunaan BSI Mobile dari fitur-fiturnya

Seperti halnya mobile banking bank lainnya, m-Banking BSI juga menawarkan fitur-fitur yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi.

Fitur-fitur tersebut mulai dari melihat info rekening, transfer, hingga melakukan pembayaran-pembayaran penting lainnya.

1. Info rekening

Fitur pertama yang harus ada di mobile banking adalah fitur info rekening BSI. Fitur ini dimaksudkan agar nasabah bisa melakukan pengecekan terhadap segala informasi yang berkaitan tentang transaksi di rekening. 

Dalam fitur pertama ini, nasabah bisa melihat:

  • informasi saldo,
  • daftar mutasi rekening,
  • tanggal mutasi,
  • informasi portofolio, hingga daftar transaksi terjadwal. 

Jadi, kalau misalnya mau melihat jumlah saldo rekening saat ini, nasabah bisa memilih “Informasi Saldo”. Kemudian jika mau melihat rekapitulasi pengeluaran dan pemasukan dalam beberapa hari belakangan, nasabah bisa memilih “Daftar Mutasi Rekening”. 

2. Transfer

Fitur selanjutnya adalah fitur transfer atau kirim uang. Fitur ini memudahkan nasabah dalam mengirim uang ke rekening BSI ataupun rekening bank lainnya tanpa harus jauh-jauh pergi ke ATM. 

Transfer bisa dilakukan secara online ataupun transfer SKN/kliring selama 24 jam nonstop. Namun, pastikan kalau kamu memiliki jaringan internet yang stabil ya!

Soal keamanan, nasabah akan diminta untuk memasukkan PIN saat hendak transfer uang layaknya di mesin ATM BSI.  

3. Pembayaran

Dengan mobile banking BSI, segala pembayaran kebutuhan harian dan bulanan bisa dilakukan dari mana saja. Adapun layanan pembayaran yang bisa dilakukan, yaitu: 

  • Pembayaran biaya pendidikan atau akademik. 
  • Pembayaran listrik PLN. 
  • Pembayaran layanan telepon dan Telkom Pay. 
  • Pembelian tiket transportasi. 
  • Pembayaran premi asuransi. 
  • Bayar langganan internet dan TV kabel.
  • Pembayaran belanja di e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee. 
  • Iuran BPJS.
  • Pembayaran air PDAM. 
  • Pembayaran haji dan umrah.

4. Pembelian

Mau beli-beli keperluan harian dan bulanan yang dibutuhkan, seperti pulsa atau paket data? Nasabah bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja dengan fitur pembelian dari mobile banking BSI. 

Dalam fitur ini, gak cuma pulsa dan paket data aja, tetapi kamu juga bisa membeli token listrik. Jadi, gak perlu khawatir lagi kalau misalnya tengah malam token listrik habis. 

5. QRIS

Quick Response Indonesian Standard atau QRIS adalah kode QR atau QR Code yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk pembayaran.

Dengan memanfaatkan teknologi QR Code, pembayaran menjadi lebih cepat dan mudah. Sekarang semua merchant dan bank digital telah memiliki layanan ini demi menunjang terciptanya cashless society

Nah, lewat m-Banking BSI, nasabah juga bisa menggunakan fitur ini. Misalnya, nasabah ingin belanja di coffee shop, tapi gak punya uang tunai, nasabah bisa langsung scan QR Code lewat aplikasi BSI Mobile, langsung input jumlah pembayaran, dan selesai. 

Jadi, lebih praktis dan aman di tengah pandemi Covid-19 seperti ini sebab mengurangi sentuhan tangan dan benda. 

6. E-mas

Buat yang mau investasi, nasabah bisa membeli emas secara elektronik dengan fitur E-mas dari BSI. Fitur ini memungkinkan nasabah membeli emas dengan hitungan rupiah atau gram.

Pembelian emas di Bank Syariah Indonesia ini menggunakan akad jual beli. Minimal pembelian adalah 0,05 gram dan maksimal Rp100 juta per hari. Gak cuma beli saja, nasabah juga bisa menjualnya secara langsung atau memilih ditarik secara fisik.

Pencairan tabungan E-mas ke emas fisik bersertifikasi bisa dilakukan dengan pecahan keping emas mulai dari 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. 

7. Tarik Tunai

Mau tarik uang tunai di ATM, tapi lupa bawa kartu ATM? Nasabah BSI bisa melakukan tarik tunai di mesin ATM tanpa kartu lho!

Fitur ini ada di mobile banking BSI dengan nama Tarik Tunai. Penarikan bisa dilakukan mulai dari Rp50.000 sampai Rp500.000 per harinya.

8. Layanan Islami

Bank Syariah Indonesia kini tidak hanya memberikan layanan dalam hal transaksi keuangan, tetapi juga menyediakan layanan bagi nasabah yang ingin melakukan ibadah di mana saja dan kapan saja dengan Layanan Islami. 

Di Layanan Islami nasabah bisa membaca Juz Amma, menghafal Asmaul Husna, mempelajari hikmah-hikmah tentang keuangan sesuai syariat Islam, dan layanan pengingat waktu salat beserta arah kiblat. 

9. Berbagi

Degan fitur ini, nasabah bisa menyalurkan zakat, infaq, wakaf secara mudah di mana saja, dan kapan saja. Di situ juga ada kalkulator yang bisa menghitung secara benar berapa zakat yang harus disisihkan berdasarkan besaran pendapatan kamu. 

10. Top Up

Sekarang marak dompet digital seperti GoPay, Paytren, OVO, ShopeePay, LinkAja dan lainnya. Masing-masing orang pasti memiliki salah satu di antaranya. Nah untuk top-up saldo dompet digital tersebut, nasabah BSI bisa melakukannya di fitur Top Up. 

11. Buka Rekening

Terakhir tentunya kamu bisa melakukan buka rekening secara online melalui mobile banking BSI. Rekening yang bisa dibuka secara online, yaitu Tabungan Easy Mudharabah, Tabungan Easy Wadiah, dan Tabungan Mabrur. 

Pembukaan rekening ini bisa dilakukan dengan syarat yang mudah, cukup KTP, NPWP, dan foto selfie dengan KTP. 

Biaya-biaya BSI Mobile

Penggunaan BSI Mobile sendiri tidaklah dipungut biaya, tapi beberapa transaksi ada yang membebankan biaya administrasi. Adapun biaya-biaya yang dikenakan adalah sebagai berikut. 

Transaksi 

Biaya

Transfer ke sesama BSI Gratis
Transfer ke Bank MandiriRp6.500
Transfer ke jaringan BersamaRp6.500
Transfer ke jaringan PrimaRp6.500
Top Up OVO GoPay ShopeePayRp1.500
Bayar listrik Rp3.000

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang layanan perbankan ataupun asuransi? Lihat pertanyaan populer seputar topik tersebut di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar BSI Mobile

BSI Mobile adalah fasilitas mobile banking milik Bank Syariah Indonesia yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi keuangan secara online di mana pun dan kapan pun.

Registrasi bisa dilakukan dengan mengunjungi Kantor Cabang BSI Mobile terdekat, lalu menyampaikan tujuan ke customer service untuk registrasi mobile banking. Setelah itu petugas akan melakukan proses registrasi dan menyerahkan kode aktivasi. Cek info lengkapnya dalam artikel ini.

BSI tidak mengenakan biaya transfer untuk sesama rekening BSI. Untuk transfer ke rekening lainnya, biayanya bisa dicek dalama artikel ini.