Bunga BTPN Deposito 2020 – Simulasi dan Info Lengkapnya

btpn deposito

BTPN deposito adalah simpanan berjangka dari Bank BTPN dengan bunga menarik dan tenor yang dapat ditentukan sesuai kebutuhan, yaitu mulai dari 1 hingga 12 bulan, 18, dan 24 bulan.

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) menjadi acuan suku bunga simpanan dan kredit perbankan, termasuk juga deposito. Dalam beberapa bulan terakhir, berikut ini daftar suku bunga acuan BI atau BI 7-day (Reverse) Repo Rate.

Periode BI 7-day
16 July 2020 4,00%
18 June 2020 4,25%
19 May 2020 4,50%
14 April 2020 4,50%
19 March 2020 4,50%
20 February 2020 4,75%
23 January 2020 5,00%

Perubahan suku bunga acuan ini tentu saja mendorong perubahan suku bunga deposito. Buat tahu lebih jelas berapa bunga BTPN deposito yang terbaru, cek persentasenya dalam ulasan berikut.

Bunga BTPN deposito terbaru 2020

BTPN deposito menawarkan tenor atau jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan dengan setoran awal sebesar Rp10 juta. Sementara untuk suku bunganya, mulai dari 6,25%.

Namun, tetap diingat ya. Suku bunga yang berlaku sewaktu-waktu bisa berubah. Berikut ini suku bunga BTPN deposito dalam bentuk mata uang rupiah.

1 bulan 3 bulan 6 bulan 12 bulan 24 bulan
Rp10.000.000-Tidak terbatas 6,25% – 8% 6,25% – 0% 6,25% – 0% 6,25% – 7,75% 6,25% – 7,75%

Bunga BTPN deposito dollar terbaru

Sebelum mengetahui berapa suku bunga BTPN deposito valas, berikut informasi wajib bila membuka produk deposito satu ini.

  • Setoran Pertama US$1.000
  • Jangka waktu 1, 3, 6, dan 12 bulan
  • Dapat dibuka untuk rekening gabungan atau joint account
  • Tersedia ARO (Automatic Rollover) dan  Non ARO.
1 bulan 3 bulan 6 bulan 12 bulan 24 bulan
US$1.000 – Tidak terbatas 0.5% 0.5% 0.5% 0.5% 0.5%

Rumus dan simulasi perhitungan BTPN deposito

Cara menghitung deposito bisa dilakukan memakai cara sederhana, termasuk BTPN deposito.

Berikut ini rumus menghitung deposito yang digunakan: Bunga Deposito = Dana Deposito x (Bunga Tahunan / 12) * Jumlah Bulan Tenor.

Rumus bunga deposito tersebut belum menghitung pajak bunga deposito sebesar 20 persen. Untuk memudahkan melakukan perhitungan, berikut ini simulasi perhitungan BTPN deposito dengan kalkulator.

Kalkulator Bunga Deposito

Menghitung keuntungan bunga deposito menggunakan rumus:

Bunga Deposito = Dana Deposito x (Bunga Tahunan / 12) * Jumlah Bulan Tenor

Rumus hitung bunga deposito di atas belum memasukkan pajak deposito sebesar 20 persen. Untuk memudahkan perhitungan, gunakan kalkulator bunga deposito di bawah ini.

Daftar bunga deposito bank-bank di Indonesia

Sebelum memutuskan menyimpan uang dalam bentuk deposito, kamu bisa cek suku bunga deposito yang ditawarkan beberapa bank di bawah ini untuk melakukan perbandingan.

Apa itu BTPN deposito?

BTPN deposito adalah simpanan berjangka dalam mata uang Rupiah dengan bunga menarik dan beragam keuntungan lainnya.

BTPN deposito memberikan bunga kompetitif mulai dari 6,75 persen per tahunnya dengan setoran awal mulai dari Rp10 juta.

Produk ini memberikan imbal hasil sesuai dengan suku bunga yang telah disepakati pada awal penempatan jika penempatan dipenuhi hingga jatuh tempo. Jika dicairkan sebelum jatuh tempo, nasabah akan dikenakan penalti, dan bunga berjalan tidak dibayarkan.

Manfaat BTPN deposito

Deposito Berjangka dari Bank BTPN sangat diminati masyarakat berkat pelayanannya yang sangat inovatif, dan menguntungkan bagi nasabah. Berikut manfaat membuka rekening Deposito Berjangka Bank BTPN.

  • Suku bunga deposito BTPN yang kompetitif menjadikan investasi lebih cepat berkembang.
  • Bebas memperpanjang deposito secara otomatis (Automatic Roll Over /ARO).
  • Kamu dapat memilih menginvestasikan kembali bunga deposito ke pokok deposito atau ditransfer ke rekening giro atau tabungan bank BTPN yang dapat ditarik setiap saat.

Kelebihan BTPN deposito

Beberapa kelebihan yang ditawarkan BTPN deposito untuk nasabahnya, antara lain:

  • Suku bunga kompetitif
  • Tenor fleksibel
  • Tersedia perpanjangan otomatis atau Automatic Roll Over (ARO)
  • Kenyamanan bertransaksi.

Kekurangan BTPN deposito

Selain memiliki kelebihan, BTPN deposito juga mempunyai beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Ada biaya penalti jika deposito dicairkan sebelum jatuh tempo.
  • Bunga deposito tergantung suku bunga acuan BI sehingga bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Saldo minimum yang lebih besar dibanding tabungan biasa.
  • Deposito tidak memiliki likuiditas karena uang tidak dapat diganggu gugat hingga jatuh tempo.
  • Nilai deposito tidak dapat ditambah kapanpun diinginkan. Berhubungan dengan sistem simpanan berjangka, jadi nasabah harus membuka deposito baru.

Pajak BTPN deposito

Bunga deposito dikenakan sebagai objek pajak. Dengan kata lain, dana akhir yang akan kamu terima setelah jatuh tempo akan terkena potongan pajak. Pajak atas bunga deposito merupakan salah satu jenis Pajak Penghasilan (PPh).

Dasar pengenaan pajak atas bunga deposito adalah PPh Pasal 4 ayat 2 dengan besaran 20 persen untuk deposito > Rp7,5 juta. Itu berarti nilai deposito di bawah Rp7,5 juta gak akan dikenai pemotongan pajak atas bunga deposito.

Syarat-syarat buka BTPN deposito

  • Mengisi formulir pengajuan di kantor cabang BTPN terdekat.
  • Lampirkan foto copy Identitas diri (KTP/KITAS, SIM, Papor/lainnya) dan NPWP yang masih berlaku.
  • Minimum penempatan Deposito minimal Rp5 juta.
  • Memenuhi setoran awal minimum.
  • Deposito Berjangka dapat dibuka dengan mata uang rupiah & valas (US$).

Tentang BTPN

Bank BTPN didirikan di Bandung, Jawa Barat dengan nama Bank Pegawai Pensiunan Militer (Bapemil). Setelah memperoleh izin sebagai bank komersial, lalu berganti nama menjadi Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) di bawah PT Bank BTPN Tbk.

PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) resmi beroperasi sebagai bank baru hasil penggabungan usaha (merger) antara PT Bank Tabungan Pensiunan Tbk (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI). Bank BTPN akan menjadi suatu bank universal yang memiliki bisnis lebih lengkap dan melayani segmen nasabah yang lebih luas, mulai dari segmen mass market (ritel) hingga korporasi.

Bank BTPN adalah bank devisa yang memfokuskan diri untuk melayani dan memberdayakan segmen masyarakat berpendapatan rendah yang terdiri dari para pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta komunitas prasejahtera produktif (mass market).

Pada lini bisnis layanan keuangan, BTPN mengeluarkan produk asuransi jiwa kerja sama dengan Asuransi Allianz, yaitu Guardia WealthLink.

Guardia WealthLink merupakan bagian dari program asuransi jiwa bank dan mikro hasil kerja sama antara Allianz dan BTPN yang bertujuan melindungi kekayaan dan masa depan peserta asuransi melalui pengembangan aset dan investasi jangka panjang.

Sekilas tentang Asuransi Allianz

BTPN Guardia Premium adalah bagian dari program asuransi jiwa bank dan mikro hasil kerja sama antara Allianz dan BTPN yang membantu peserta asuransi dalam mempersiapkan proteksi terhadap risiko jiwa serta pengembangan investasi jangka panjang di masa depan.

BTPN Guardia Premium adalah produk hasil kerjasama Asuransi Allianz Life Indonesia dengan BTPN yang dapat membantu kamu memberikan perlindungan terhadap risiko jiwa serta perkembangan investasi jangka panjang yang dapat memaksimalkan hasil kerja keras di masa yang akan datang.

Produm ini memiliki manfaat 100% Uang Pertanggungan Jiwa (dijamin) + potensi Nilai Investasi (tidak dijamin) apabila Tertanggung meninggal dunia. Dan, layanan asistensi dan evakuasi medis (Medical Assistance).

Pertanyaan-pertanyaan seputar BTPN deposito

BTPN Deposito Berjangka memberikan kenyamanan pengaturan jangka waktu penempatan deposito. Selain itu, memberikan imbal hasil sesuai dengan suku bunga yang telah disepakati pada awal penempatan, jika penempatan dipenuhi hingga jatuh tempo.
Suku bunga deposito BTPN kompetitif menjadikan investasi lebih cepat berkembang. Bebas memperpanjang deposito secara otomatis (Automatic Roll Over /ARO). Selain itu, kamu dapat memilih menginvestasikan kembali bunga deposito ke pokok deposito atau ditransfer ke rekening giro atau tabungan bank BTPN yang dapat ditarik setiap saat.
Menyimpan uang di deposito, termasuk deposito BTPN tidak sama seperti menyimpan uang di tabungan. Kamu tidak bisa bebas melakukan penarikan uang atau menambah jumlah saldo deposito. Ada ketentuan jangka waktu penyimpanan, mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan.
Cara menghitung deposito tersebut dengan cara sederhana bisa dilakukan dengan rumus Bunga Deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x tenor : 12 untuk jumlah simpanan di bawah Rp7,5 juta.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →