Buat Apa Gengsi Beli Motor Pakai Jurus Mencicil

Buat Apa Gengsi Beli Motor Pakai Jurus Mencicil

Bila mampir ke dealer motor, bisa jadi calon konsumen bakal diarahkan untuk membeli secara kredit saja. Hal itu dimungkinkan lantaran dealer biasanya sudah kerjasama dengan perusahaan pembiayaan atau leasing.

 

Cuma di sisi lain ada stigma yang melekat kepada mereka yang beli motor secara mecicil dianggap orang tak berpunya. Atau yang suka sama cicilan motor dinilai sebagai orang yang memaksakan diri punya motor padahal dananya tak memungkinkan.

 

Perlu digarisbawahi di sini, tak semuanya yang membeli lewat cara mencicil alias kredit itu masuk golongan orang yang tak punya uang. justru, metode pembayaran secara kredit bisa menjadi strategi pengelolaan keuangan keluarga.

 

Dasarnya cukup simpel. Dalam mengelola keuangan ada yang disebut dengan skala prioritas. Ada begitu banyak pos-pos item pengeluaran yang wajib dipikirkan. Tiap-tiap orang punya pos-pos pengeluaran yang berbeda-beda. Lagi-lagi itu tergantung dengan skala prioritasnya.

 

Ada banyak alasan mengapa orang lebih nyaman memilih metode pembayaran kredit dalam pembelian motor. Misalnya pilihan tersebut jatuh tatkala dihadapkan dalam keadaan di mana ada dua kebutuhan yang dinilai urgent alias penting. Contohnya membutuhkan dana untuk buka usaha dan di saat bersamaan membutuhkan motor untuk menopang usaha tersebut.

 

Mengurangi modal buka usaha untuk disisihkan membeli motor secara tunai mungkin kurang bijak. Justru yang mesti dipikirkan bagaimana agar usaha itu bisa berbuah hasil sebuah motor. Sebisa mungkin menyisihkan hasil keuntungan dari usaha itu untuk cicilan motor malah lebih bijak.

 

Atau alasan lainnya membeli motor secara kredit adalah untuk mempertahankan dana cadangan di rekening. Sekarang ini harga motor baru di kisaran belasan juta rupiah. Nah, jika membeli tunai maka bisa menyedot dana di saldo tabungan yang sebenarnya difungsikan sebagai dana darurat.

 

Betul, membeli motor secara kredit ada beban bunga. Lagi pula kredit motor termasuk kredit konsumsi yang notebene bunganya relatif tinggi. Hanya yang perlu dipikirka lagi, lihat dari sisi produktivitas yang didapat dari motor tersebut. Misalnya saja bisa menekan biaya transportasi harian.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →