4 Profesi Seru dan Paling Menjanjikan untuk Kamu Generasi Milenial

Profesi untuk generasi milenial

Profesi untuk generasi milenial

Banyak yang bilang generasi milenial berbeda dalam banyak hal di bandingkan generasi sebelumnya. Salah satu perbedaannya, generasi milenial gemar memakai smartphone atau teknologi lain.

Kondisi itu membuat generasi milenial disebut generasi yang paling akrab dengan pemakaian teknologi atau technology savvy. Generasi milenial juga dikenal sebagai generasi yang cenderung mengutamakan efisiensi, dan efektivitas.

Kaum milenial juga termasuk generasi yang selektif memilih pekerjaan. Mereka bakal mengambil pekerjaan selama itu sesuai, dan bisa memenuhi kebutuhan. Generasi ini juga gak segan buat gonta-ganti pekerjaan begitu ada pilihan lain yang menarik.

Karena beragam hal itu membuat anak milenial dicap sebagai generasi kutu loncat, gak loyal, atau semacamnya. Di balik anggapan yang melekat di diri mereka, generasi milenial pada dasarnya punya rasa percaya diri yang tinggi dan bisa beradaptasi dengan cepat.

Berdasarkan survei yang dipaparkan US News, ada beberapa faktor yang menjadi tolak ukur generasi milenial dalam mencari pekerjaan. Mulai dari gaji, keseimbangan kerja (work-life balance), tingkat stres, tingkat mobilitas, hingga prospek pekerjaan masa depan.

Melihat hasil survei tersebut, ada beberapa pekerjaan yang paling dianggap pas kalau dijalani generasi milenial. Apa aja? Berikut, empat profesi yang cocok untuk kaum milenial:

1. Web Developer

Web developer
Web developer

Di era yang serbacanggih seperti saat ini, profesi web developer sangat cocok untuk generasi milenial. Apalagi, kebanyakan perusahaan saat ini memiliki website sendiri. Karena itu, pekerjaan ini menjadi salah satu yang dicari.

Profesi yang satu ini juga menjadi salah satu pekerjaan dengan bayaran mahal. Gaji per bulan yang diterima web developer bisa tembus dua digit. Udah gitu, keseimbangan kerja web developer termasuk tinggi.

Sama seperti pekerjaan lainnya, diperlukan skill khusus untuk menjadi web developer. Misalnya, kamu mesti memahami kode komputer atau analisis lalu lintas web. Karena itu, lulusan jurusan komputer lebih berpeluang mendapatkan profesi yang satu ini.

2. Software Developer

Software developer
Software developer

Pekerjaan ini juga katanya sangat cocok buat generasi milenial. Meski sekilas mirip dengan pekerjaan web developer, software developer berfokus pada pengerjaaan software.

Aplikasi-aplikasi yang selama ini kamu gunakan adalah hasil kerja software developer. Mereka merancang program khusus, dan memperbaiki bug yang nantinya muncul.

Soal gaji, pekerjaan ini gak bisa dipandang remeh. Gak cuma web developer yang gajinya udah dua digit, software developer juga. Bahkan, jauh lebih besar dari gaji web developer.

Nah, kalau ingin mendapatkan pekerjaan ini, kamu perlu memiliki skill pengkodean komputer, kreativitas, ketelitian, dan kemampuan memecahkan masalah.

3. Analis Sistem Komputer

Analis sistem komputer
Analis sistem komputer

Pekerjaan yang berhubungan dengan komputer memang paling cocok buat generasi milenial. Menjadi analis sistem komputer juga asyik banget kalau dilihat dari segi gaji. Pasalnya, pekerjaan ini juga menawarkan gaji mencapai dua digit.

Seorang analis sistem komputer memiliki tanggung jawab memahami kebutuhan klien, dan teknologi seperti apa yang bisa ditawarkan analis sistem komputer buat bisa memenuhi tuntutan klien tersebut.

Intinya, ketika menjadi analis sistem komputer, kamu harus bisa menganalisis masalah, menyusun solusi, dan berkomunikasi dengan baik.

4. Mechanical Engineer

Mechanical Engineer
Mechanical Engineer

Bekerja di bidang teknik emang gak ada matinya. Pekerjaan sebagai mechanical engineer dianggap cocok untuk generasi milenial. Profesi yang satu ini menawarkan gaji sangat tinggi. Gak keliru kalau kaum milenial mengambil pekerjaan ini.

Menjadi mechanical engineer, kamu akan dituntut merancang dan menguji alat atau mesin yang kamu ciptakan. Terdengar menantang, bukan? Belum lagi, kamu bakal mengerahkan kemampuan matematika, mekanika, dan memecahkan masalah.

Biasanya pekerjaan ini ditawarkan perusahaan manufaktur, dan perusahaan rekayasa. Umumnya mahasiswa-mahasiswa yang mengambil jurusan teknik berpeluang besar mendapat pekerjaan ini.

Dari empat daftar di atas, pekerjaan apa yang menarik minatmu? Semua pekerjaan yang disebutkan tadi memberikan gaji menarik, dan bakal membuat kamu betah bekerja.

Namun, percuma punya gaji besar kalau kamu gak becus mengatur keuangan. Bisa-bisa kamu jauh dari yang namanya merdeka finansial.

Nah, biar gajimu gak habis gitu aja, atur deh keuanganmu dengan mengikuti tips-tips berikut ini. Dengan begitu, gaji besar yang kamu peroleh gak sia-sia nantinya.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis