Bikin Kesalahan di Kantor? Lakukan 6 Hal Ini Biar Gak Dipecat

Berbuat salah di tempat kerja sejatinya adalah hal yang wajar dilakukan. Tapi, gak sedikit karyawan kantoran yang menganggap hal ini layaknya bencana besar bagi karier mereka. Alhasil, mereka pun merasa down dan gak sedikit yang memutuskan untuk resign secepatnya.

Gak ada gading yang gak retak, pepatah itu mesti kamu ingat baik-baik. Jadi pada intinya, berbuat salah adalah hal yang wajar karena gak ada orang yang sempurna di dunia ini.

Tapi bukan lantas hal itu jadi alasan untuk terus berbuat salah di tempat kerja lho ya. Setiap kesalahan tentu harus bisa diminimalisir dengan cara apapun.

Buat kamu yang memang terlanjur membuat kesalahan, gak usah bingung, apalagi sampai putus asa. Jangan pula berniat resign secepat mungkin ya.

Kamu bisa lakukan enam hal ini untuk memulihkan citra dirimu di kantor. Yuk cari tahu lebih lanjut lewat ulasan di bawah ini.

1. Jangan ngeles kalau salah di tempat kerja

Ketika memang ada bukti yang jelas bahwa kamu bersalah dalam suatu peristiwa, ada baiknya untuk mengakui kesalahan itu ketimbang ngeles dan memicu perdebatan tanpa akhir. Ngeles atau menghindari kesalahan justru akan berdampak fatal pada kariermu lho.

Dengan mengakui kesalahan, kamu bakal dianggap lebih bijak dan dewasa. Apalagi kalau kamu malah ikut menawarkan solusi apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Karakter orang-orang di tempat kerja memang beragam. Ada yang santai-santai saja, ada yang gak enakan, dan ada juga yang hobinya menghakimi mereka yang salah.

Bila lantas kamu dihakimi atau dimarahi, ya sudahlah terima saja untuk saat ini. Toh kamu juga punya niat baik untuk memperbaikinya. Jika kamu berhasil memperbaiki situasi, dia juga yang akan salut padamu.

2. Jangan menghindari orang yang jadi korban kesalahanmu

Di kala kesalahanmu akhirnya berdampak buruk bagi orang-orang sekitar, maka ada kecenderungan untuk menghindari orang-orang tersebut bukan? Alasannya karena malu, atau gak tahu mesti bilang apa kalau mereka marah.

Orang-orang tersebut sejatinya gak boleh dihindari. Mereka harus kamu dekati, dan alangkah baiknya jika kamu langsung minta maaf kepadanya.

Tawarkan saja apa yang kiranya bisa kamu bantu untuk memperbaiki semua situasi yang sudah berantakan. Jangan lantas kucing-kucingan di kantor karena hal itu membuatmu makin terlihat gak profesional.

Ibarat nasi telah menjadi bubur, maka PR selanjutnya adalah gimana caranya kamu membuat bubur itu jadi enak. Nah, caranya adalah bertanya pada pelanggan soal lauk-pauk yang mereka inginkan di bubur buatanmu. Sederhana kan?

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Jalin komunikasi yang intensif pada atasanmu

Ketika kesalahan ini terjadi, atasanmu bisa jadi marah dan kesal terhadapmu. Otomatis kamu bakal dapat tekanan dari berbagai pihak bukan?

Sudah pasti rasanya gak enak. Tapi, mau gak mau ya kamu harus tetap berkomunikasi dengan atasanmu soal hal ini.

Beritahu dia bagaimana kronologis kesalahanmu dan sampaikan rencanamu untuk memperbaiki kesalahan ini. Jangan lupa pula untuk tetap memberikan update soal apa yang sudah kamu lakukan.

Intinya, sang bos juga bakal menilai seberapa lihai dirimu untuk menjadi problem solver saat membuat kesalahan. Jangan lantas ciut karena dimarahin bos ya.

4. Tetap fokus dalam target kerjamu

Poin yang satu ini mungkin sulit untuk dilakukan. Soalnya, ketika kita berbuat salah di tempat kerja, bisa jadi prioritas kita adalah memperbaiki kesalahan dulu.

Asal kamu tahu, seiring dengan berjalannya waktu, target yang harus kamu capai di kantor tetaplah sama. Kamu juga harus melakukan apa yang jadi kewajibanmu lho.

Coba, apa yang terjadi ketika kamu hilang fokus sama apa yang menjadi kewajibanmu? Tentu saja, target bulananmu gak akan tercapai dan ketika evaluasi kerja berlangsung, kamu gak bakalan mendapat apresiasi.

Apakah itu yang kamu mau?

Intinya, tugasmu adalah yang utama. Jika ada kesalahan, maka kamu tetap harus menyelesaikan apa yang jadi kewajiban utamamu sebagai seorang karyawan.

5. Konsultasikan masalah ini dengan senior di kantor

Bingung mau ngapain karena berbuat salah? Ayo, konsultasi aja deh ke senior-seniormu di kantor.

Senior-senior di sini tentunya yang ada di bidang yang sama ya. Bukan berarti orang yang sudah kerja bertahun-tahun di perusahaan tersebut tapi beda divisi kamu anggap senior dan bisa dimintai pendapat.

Para senior di tempat kerja tentu tahu bagaimana birokrasi kantor. So, masukan-masukan dari mereka pasti sangat berharga bagimu.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Apabila nyatanya mereka juga pernah melakukan kesalahan yang sama denganmu, mereka tentu gak akan tega melihatmu terjerumus ke kesalahan serupa. Itulah sebabnya mengapa wajib hukumnya buat akrab sama senior-senior di tempat kerja.

6. Jangan slow respond ketika dihubungi pihak-pihak terkait

Saat kamu berbuat salah, otomatis kamu bakal disorot oleh banyak pihak di tempat kerja bukan? Gak cuma atasan, melainkan orang-orang yang merasakan akibat dari kesalahanmu.

Oleh karena itu, salah besar ketika kamu malah mendadak sulit dihubungi. Hal itu justru berpotensi memunculkan persepsi buruk dari orang lain terhadap dirimu.

Gak enak dong kalau sudah ada masalah, tiba-tiba citramu di kantor malah makin buruk. Kamu pasti gak mau hal ini terjadi sama kamu kan?

Itulah enam hal yang mesti dilakukan ketika kamu berbuat salah di tempat kerja. Pada intinya, gak usah panik dulu deh, semua orang pasti pernah berbuat kesalahan.

Justru dari kesalahan itulah kamu bisa belajar jadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →