Bujet Nikah Cuma 50 Juta? Nih, Tips Bikin Resepsi Pernikahan Murah tapi Tetap Megah!

persiapan undangan pernikahan

Ketika banyak orang galau gara-gara gagal terus dalam menjalin asmara, ada juga orang yang udah nemuin cinta sejatinya tapi masih galau juga.

Tentunya perasaan galau itu bukan disebabkan oleh pedihnya menjadi jomblo. Tapi gimana caranya menjalin mahligai rumah tangga dengan sang cinta sejati.

Lebih spesifik lagi, orang yang udah punya calon bisa jadi galau gara-gara bingung gimana caranya bikin resepsi pernikahan murah. Mungkin ada yang berpendapat, resepsi gak wajib.

Yang wajib ya nikah secara agama dan ada bukti surat nikahnya.

Tapi, siapa sih yang gak mau ngerayain momen bersejarah itu? Apalagi ngerayain secara besar-besaran.

Kalau kamu termasuk di antara deretan orang yang galau itu, gak perlu khawatir. Di sini ada tips bikin resepsi pernikahan murah tapi megah dengan bujet maksimal Rp 50 juta:

1. Bikin pos

Tentunya bukan pos siskamling yang harus dibikin. Melainkan pos pengeluaran. Untuk mendapatkan kesan megah, pos dekorasi sebaiknya dimaksimalkan.

  • Tempat dan dekorasi: 30% = Rp 15 juta
  • Katering: 30% =  Rp 15 juta
  • Pakaian: 10% = Rp 5 juta
  • Hiburan: 6% = Rp 3 juta
  • Undangan: 4% = Rp 2 juta
  • Dokumentasi 10% = Rp 5 juta
  • Berkas-berkas 2%= Rp 1 juta
  • Konsumsi di rumah 3%= Rp 1,5 juta
  • Tak terduga 5% = Rp 2,5 juta

2. Cari paket gedung

Setelah bikin pos pengeluaran, saatnya hunting gedung pernikahan yang murah tapi gak murahan.

Dengan bujet terbatas, pastinya gak mungkin hunting ke hotel-hotel berbintang.

Banyak kok tempat nikah yang murah karena menawarkan paket.

Misalnya sewa gedung udah termasuk dekorasi, sound system, AC, dan riasan pengantin.

Kalau bisa dapat paket yang murah, bagus itu. Tinggal dimaksimalkan dekorasinya. Kalau gak dapet, show must go on alias harus tetep lanjut.

Cari aula tempat ibadah, balai pertemuan warga, atau gedung serbaguna yang sewanya di bawah Rp 5 juta. Untuk mendapatkan kesan mewah, pasang dekorasi ala pernikahan mahal.

Contohnya bunga yang banyak, karpet merah, gerbang bunga di pintu masuk.

Jangan lupa pasang juga foto prewedding di pintu masuk agar resepsi pernikahan murah itu terkesan lebih eksklusif.

3. Makanan itu penting

Gak cuma soal dekorasi, resepsi bisa dibilang megah karena makanannya juga. Contohnya nikah di hotel berbintang 5 tapi hidangannya biasa aja. Ya, jatuhnya pestanya dianggap biasa.

Ingat, hidangan di sini bukan hanya soal kemewahannya, tapi juga rasanya. Nikah hidangannya sushi tapi kalau rasanya gak enak ya podo bae ngapusi alias sama saja boong.

Mendingan hidangannya standar tapi rasanya mak nyus. Karena itu, gak apa-apa keluar biaya sampai Rp 15 juta buat katering demi mendapat kesan megah ini.

4. Gotong royong

Karena bujet minim, gak mungkin dong sewa banyak tenaga buat kebutuhan pesta. Misalnya sewa orang buat pasang tenda, masak-masak di rumah, atau jaga keamanan.

Duit sewa tenaga ini bisa dialokasikan ke dekorasi dan katering. Sebagai gantinya, kerahkan anggota keluarga buat bantu-bantu, termasuk urusan foto-foto dokumentasi.

Lumayan kalau bisa ngirit duit banyak dari hal ini. Kalau mengerahkan keluarga dan tetangga, paling hanya perlu beli snack dan air putih kemasan Rp 1,5 juta cukup lah yaaa…

Kalau lingkungan tempat tinggalmu masih keren, yang ditandai dengan silaturahmi antar-tetangga yang baik, itu lebih bagus lagi.

Sebab artinya tetangga bakal sukarela mau membantu jika ada yang punya hajar di lingkungan. 

Kalau di daerah-daerah, tanpa dikomando ibu-ibu bakal datang ke rumah orang yang punya hajat sambil bawa peralatan masak. Kalau di Jakarta dan kota besar lain, gimana ya?

5. Ngapain beli?

Pernikahan megah gak mewajibkan pengantinnya beli jas atau gaun buatan Anne Avantie. Cari saja yang biasa, dan gak usah beli. Kalau sewa lebih murah, ngapain beli?

Sekalian cari jasa persewaan baju pengantin yang menawarkan paket riasan dan dekorasi kalau bisa. Biar lebih ngirit…hehehe…maksimal keluarin Rp 5 juta.

Agar mendapat suasana megah dalam resepsi, sewa baju adat saja, bukan pakaian modern. Sebab baju adat lebih netral.

Kalau dekorasinya udah bagus, pakai baju adat juga bakal kelihatan ganteng dan cantik. Sekalian mengangkat budaya lokal gitu.

6. Hiburan berkelas

Kalau mau sewa penyanyi, mending lagu-lagunya yang pop. Tapi bukan berarti dangdut itu gak berkelas.

Hanya, masyarakat pada umumnya merasa band pop lebih tinggi tingkatannya ketimbang artis dangdut. Apalagi band jazz.

Kalau mau yang netral, cari jasa hiburan penyanyi adat saja. Misalnya penyanyi lagu Jawa atau Batak.

Gak perlu sampai sewa band komplet sampai ada instrumen harmonikanya. Organ tunggal juga udah oke kok. Murah meriah lagi, cuma Rp 3 juta dapet organis sekaligus vokalisnya.

Walau bujet minim, kita tetep bisa bikin resepsi pernikahan murah itu kelihatan megah dengan memutar otak.

Kalau harus sampai pinjam dana, pastikan dapat pinjaman dari pihak yang terpercaya

Tips di atas tentunya cuma bersifat garis besar. Untuk mendapat hitungan yang spesifik, kita sendiri yang tahu karena kita yang akan menggelar acara itu.

Memang, ada istilah “ada harga ada rupa”. Tapi barang yang harganya mahal gak berarti kualitasnya selalu bagus. Begitu juga sebaliknya, so jangan sampai gagal nikah hanya karena bujet terbatas.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →