Buka Bisnis Online vs Offline, Mana yang Lebih Bikin Untung?

bisnis online vs offline

Kebanyakan orang suka ikut tren terkini. Termasuk dalam hal bisnis.

 

Terutama di kota besar, orang lagi keranjingan belanja online. Gimana gak, sederet situs online saling bersaing bikin program diskon yang menguntungkan konsumen.

 

Memang, arah bisnis sekarang menuju ke dunia online. Dulu orang harus ke pangkalan ojek buat menumpang alat transportasi rakyat itu. Tapi sekarang tinggal buka smartphone.

 

[Baca: 5 Fakta bahwa Ngelamar Jadi Gojek Bisa Kasih Penghasilan Lebih]

 

 

Ditinggal leyeh-leyeh, driver Go-Jek, Grab Bike, atau layanan ojek online lainnya yang nyamperin ke rumah. Gak perlu susah-payah cari abang ojek di pangkalan.

 

Inilah yang bikin banyak orang kesengsem pakai jasa online. Urusan jadi lebih praktis dan efisien.

 

Fenomena ini jugalah yang ditangkap pebisnis dan mereka yang berniat terjun ke dunia bisnis. Mereka berpandangan, buka bisnis online lebih menguntungkan ketimbang offline karena lebih digemari orang.

 

Tapi, apa benar begitu? Mari lihat perbandingan bisnis online vs offline untuk mengestimasi keuntungan yang bisa diperoleh dari kedua model usaha itu.

 

Bisnis Online

Bisnis online tampaknya memang menggiurkan. Lihat saja banyaknya e-commerce alias situs jual-beli online di Indonesia, dari Lazada sampai Matahari Mall.

 

Cuma perlu duduk depan laptop untuk buka usaha online 

Kelebihan bisnis online antara lain:

 

1. Tidak perlu sewa/beli tempat

Buka bisnis online, cukup modal gadget dan koneksi Internet untuk bikin website. Gak perlu sampai sewa kios khusus untuk menggelar lapak.

 

Ini artinya pengeluaran lebih sedikit. Misalnya sewa kios Rp 30 juta per tahun. Lumayan banget kan ngiritnya?

 

[Baca: 6 Alamat untuk Bikin Website Gratis untuk Bisnis Online]

 

2. Pasar luas

Dunia maya sangatlah luas. Orang yang berada di Zimbabwe pun bisa beli barang di Indonesia lewat Internet. Asal ada alatnya tentu.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Jam buka toko online pun bisa 24 jam sehari tanpa perlu begadang ditunggui. Pesanan yang masuk tengah malam bisa diproses keesokan harinya.

 

3. Praktis

Urusan pembayaran dalam belanja online lebih praktis. Kita tinggal mengecek duit transferan konsumen. Tak perlu kasih kembalian.

 

4. Risiko minim

Karena modal yang dikeluarkan lebih sedikit, risiko pun minim. Misalnya jualan baju online, gak perlu punya stok.

 

Cukup hubungi distributor dan meminta katalog untuk ditawarkan. Jadi, kalaupun bisnis gak laku, kerugian gak terlalu besar.

 

Tapi bukan berarti bisnis online tak punya kekurangan, ya. Salah satu kekurangan yang paling signifikan adalah konsumen susah percaya untuk membeli via online.

 

bisnis online vs offline

Karena sifatnya online, masih banyak yang susah percaya untuk bertransaksi. Apalagi banyak kasus penipuan online

Itu bukan salah konsumen. Soalnya memang gak sedikit orang yang tertipu saat belanja online. Entah itu barang gak dikirim atau barang dikirim tapi gak sesuai dengan pesanan.

 

Selain itu, pengusaha online juga gak luput dari ancaman penipuan. Sudah banyak pebisnis online yang kena tipu pembeli nakal.

 

[Baca: Kamu Punya Bisnis Online? Waspada Ya Dengan Penipuan Pembeli Online, Ini Contohnya]

 

Bisnis Offline

Lalu kenapa bisnis offline seperti kalah dibanding bisnis online? Padahal sederet keuntungan bisa didapat dari bisnis ini yang gak ada di bisnis online.

 

Kelebihan bisnis offline di antaranya:

 

1. Lebih dipercayai konsumen

Meski banyak yang suka belanja online, tak bisa dimungkiri toko fisik tetap jadi tujuan favorit orang untuk belanja. Sebab toko yang kelihatan wujudnya lebih bisa dipercaya.

 

Mau pilih produk, tinggal lihat display lalu disentuh, dicek jahitannya, dan lain-lain. Ini gak bisa dilakukan kalau belanja online.

 

bisnis online vs offline

Toko offline memang lebih menarik karena secara fisik nyata di depan mata

 

 

Khusus dalam hal produk elektronik, pengurusan klaim garansi pun lebih simpel. Tinggal datangi toko untuk meminta dibantu klaim.

 

2. Lebih gampang urus kredit

Memang, pengusaha online juga bisa mengajukan kredit. Tapi pelaku bisnis offline lebih berpeluang mendapatkan kucuran pinjaman dari bank.

 

Soalnya aset bisnis yang bisa dijadikan jaminan jelas terlihat dan bisa dihitung. Jumlah pinjaman yang bisa didapat juga lebih besar.

 

Seperti diketahui, semakin besar nilai aset, semakin besar jumlah kredit yang bisa cair. Aset bisnis pengusaha online umumnya lebih kecil ketimbang pengusaha offline.

 

[Baca: Pahami Jenis Kredit UKM yang Bisa Jadi Pilihan Sumber Modal]

 

 

Namun, seperti disinggung sebelumnya, modal mendirikan bisnis offline lebih besar ketimbang bisnis online. Itulah kekurangan utama model bisnis ini.

 

Jadi, bisnis online ngetren karena memang lebih kuat. Perkembangan bisnis ini sesuai dengan kemajuan zaman.

 

Tapi meski pemenang bisnis online vs offline sudah terlihat, kita gak bisa begitu saja menarik kesimpulan harus buka bisnis online. Kenapa gak bisnis online digabung dengan bisnis offline?

 

Sebab bagaimanapun modal besar pengusaha untuk maju adalah kepercayaan konsumen. Hal ini bisa mudah didapat lewat bisnis offline.

 

bisnis online vs offline

Membuka bisnis offline memang harus menyiapkan modal yang gak sedikit ya! 

 

 

Gak perlu muluk-muluk buka toko fisik luas. Yang penting ada wujudnya, itu sudah cukup. Jadi, di situs bisnis kita tertera alamat toko yang bisa dikunjungi.

 

Rumah atau bahkan tempat kos buat mahasiswa bisa dipakai sebagai tempat memajang barang dagangan.  Dengan demikian, gak perlu bayar lagi untuk dapetin lapak.

 

 

Yang pasti, sebelum membuka bisnis harus ada hitung-hitungan dulu soal modal dan pengeluaran. Jika memang modal terbatas, bisnis online pastinya lebih bisa jadi pilihan. Syaratnya, melek teknologi.

 

[Baca: Teknologi Bisa Bikin Prospek Usaha Kecil Cerah, Nih Caranya]

 

 

 

Image Credit:

  • http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/673735/big/bisnis-online.jpg
  • http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/669968/big/hack.jpg
  • http://www.jenzcorner.net/wp-content/uploads/toko-kue-bawean-bandung.jpg
  • http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/20140125_034628_ilustrasi-uang-2.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →