Punya Usaha dan Mau Ekspansi Bisnis? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Buka Cabang

Berencana buka cabang usaha perhatikan hal-hal berikut ini

Ekspansi bisnis selalu dihadapi oleh seorang pengusaha ketika merasa bisnis yang sedang dijalani perlu peningkatan dan kemajuan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Namun sebelum membuka cabang baru dalam bisnis yang digeluti, pernahkah terpikirkan bahwa memiliki cabang usaha itu bukan perkara yang mudah?

Sebab, ketika memiliki usaha hanya satu cabang saja maka fokus tidak akan terbagi dua dan tanggung jawab pun juga gak bertambah. Dengan bertambahnya cabang bisnis membuat tanggung jawab bertambah, tak hanya itu, dari sisi operasional juga diperlukan modal tambahan, biaya operasional, hingga sumber daya manusia yang tepat.

Nah, bagi kamu yang pengin ekspansi cabang usaha atau melakukan ekspansi bisnis, berikut ini terdapat 8 tips membuka cabang usaha baru guna kemajuan bisnis kamu.

Pastikan toko utama berjalan lancar

Toko pertama mesti stabil dan menghasilkan
Saat memutuskan buat mendirikan cabang baru, kamu pastikan toko pertama sudah stabil ya, (Pixabay).

Sebelum berniat membuka cabang usaha baru, sebaiknya hal utama yang perlu dipikirkan adalah memastikan cabang utama bisnis kamu berjalan dengan baik. Perhatikan mulai dari sisi keuangan, operasional, sumber daya manusia, hingga penjualan berjalan sesuai target.

Apabila operasional utama bisnis belum berjalan baik, sepatutnya keinginan untuk mendirikan cabang baru harus ditahan dulu ya. Sebab kalau nggak arus bisnis akan tidak berjalan baik dan mengalami hambatan karena bertambahnya beban usaha dan tanggung jawab.

Tak hanya itu, buka cabang baru juga butuh waktu dan tenaga ekstra untuk mewujudkannya, kalau satu cabang saja belum beres, gimana mau mengurus cabang kedua. Sebaiknya fokus demi perkembangan bisnis yang lebih baik.

Kemudian, hal penting lainnya adalah melihat perjalanan bisnis utama apakah berjalan sesuai target atau tidak? Jika belum, fokus utamanya adalah mengejar target yang sudah dicanangkan terlebih dahulu. Hal ini sebagai pelajaran melihat perkembangan performa bisnis yang dijalani, dengan ini kamu bakal belajar dan mengerti proses bisnis yang baik dan memiliki performa yang positif.

Analisis lokasi pembukaan cabang

Cari tahu terlebih dulu lokasi saat mendirikan cabang yang baru
Cari tahu terlebih dulu lokasi saat mendirikan cabang yang baru, (Pixabay).

Jika telah memastikan proses bisnis utama berjalan lancar, hal penting dalam membuka cabang usaha adalah menganalisis lokasi cabang usaha baru. Analisis ini harus dilakukan agar perhitungan bisnis bisa berjalan cermat.

Adapun analisis yang bisa dilakukan mulai dari analisis ekonomi seperti seberapa strategis lokasi tersebut, berapa banyak orang yang melintas pada lokasi, dan apakah ada sarana pendidikan seperti sekolah, kampus, ataupun kantor pemerintahan, dan juga perkantoran, serta pesaing bisnis atau kompetitor.

Kemudian analisis keamanan, seberapa aman lokasi tersebut dari gangguan kriminal, bencana alam, hingga gangguan keamanan lainnya. Hal ini dilakukan agar dikemudian hari bisnis kamu gak terhambat akibat terjadi pencurian, perampokan, atau musibah banjir.

Kenali pangsa pasar

Sudah mengetahui target pasar buat berjualan dengan cabang yang baru
Sudah mengetahui target pasar buat berjualan dengan cabang yang baru, (Pixabay).

Mengenali target pasar sangatlah penting dalam berbisnis, dengan tahap ini kamu bisa menjalankan strategi bisnis plan yang tepat dan terukur.

Tak sulit saat ini untuk mengenali target pasar yang ingin dituju, bisa riset secara langsung ataupun secara online. Perhatikan kebiasaan dan kesukaan target pasar, dengan ini keberhasilan bisnis bisa dicapai.

Akan tetapi meneliti pasar baru dan membuat proyeksi pendapatan yang realistis bukan hal mudah. Tahap ini mengharuskan kamu melakukan penyesuaian strategi marketing, memanfaatkan sumber daya yang dimiliki, melihat peta persaingan, dan juga pengembangan atau inovasi produk yang ditawarkan.

Tentukan tema dan interior cabang baru

Tentukan desain interior sebelum mendirikan cabang yang baru
Tentukan desain interior sebelum mendirikan cabang yang baru, (Pixabay).

Jika bisnis membuka cabang baru, maka harapannya adalah semangat baru, harapan baru, tentu tema baru. Akan tetapi ini bukan menjadi hal mutlak yang harus dilakukan sebab, ada beberapa pengusaha yang menetapkan konsistensi yang sama terhadap tema ataupun interior usahanya.

Namun demikian, di era digitalisasi saat ini penggunaan media sosial sangat signifikan, bila cabang baru usaha kamu memiliki tema interior yang menarik atau bahasa gaulnya Instagramable, maka akan mampu menarik banyak pengunjung, bahkan konsumen baru tertarik untuk datang.

Hal inilah yang saat ini banyak dilakukan oleh pengusaha untuk berlomba-lomba membuat gerai usahanya dengan tematik yang menarik untuk difoto atau bahkan video sebagai sarana penarik konsumen dan juga memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

Tentukan jumlah modal

Tentukan terlebih dahulu modal yang kamu miliki sebelum mendirikan toko berikutnya
Tentukan terlebih dahulu modal yang kamu miliki sebelum mendirikan toko berikutnya, (Pixabay).

Setelah menganalisis lokasi dan tingkat ekonomi maupun keamanan, dan tema cabang baru tahap selanjutnya adalah Anda perlu siapkan adalah menyiapkan modal. Pastikan sumber modal ini apakah dari sumber dana sendiri atau melibatkan pihak ketiga seperti pinjaman bank, ataupun investor.

Hitung dengan cermat, dan detil segala kebutuhan dana yang diperlukan, dengan perhitungan matang maka semua kebutuhan akan terukur dan tidak berlebihan. Jangan sampai persiapan modal ini mengganggu usaha utama kamu ya.

Jika menggunakan sumber dana pribadi, pastikan dana tersebut tidak mengganggu proses bisnis yang lain, ataupun finansial pribadi. Sedangkan menggunakan sumber pihak ketiga pastikan pinjaman tersebut sudah dihitung secara matang, mulai dari tenor atau jangka waktu pinjaman modal, besaran cicilan angsuran setiap bulan, dan juga besaran bunga dalam pinjaman tersebut.

Jangan sampai kemudian hari kamu nantinya kaget dengan jumlah utang yang membengkak akibat besaran bunga terlalu tinggi, ataupun tenor pinjaman terlalu lama, dan membuat total pinjaman harus dibayarkan membengkak.

Persiapkan bisnis plan yang tepat

Rencanakan bisnis plan kamu sebelum mendirikan toko yang baru
Rencanakan bisnis plan kamu sebelum mendirikan toko yang baru, (Pixabay).

Menyiapkan bisnis plan yang tepat juga sangat penting dilakukan.  Hal ini dilakukan agar bisnis yang dijalankan pada cabang baru tidak salah jalan atau salah strategi bisnis berujung pada penutupan cabang. Jangan terburu-buru dalam menetapkan bisnis plan, dan jangan juga terlalu lama dalam penyusunannya, sebab jika terlalu lama maka akan menghambat eksekusi bisnis itu sendiri.

Cari referensi tepat dan memberikan saran dan masukan yang membangun, harapannya dengan ini akan menghasilkan bisnis plan yang baik dijalankan dari sisi perusahaan, karyawan, maupun pemilik modal atau investor.

Jangan sampai dikemudian hari bisnis proses yang dijalankan tidak berjalan mulus akibat gak adanya kesatuan pemahaman, visi, dan misi perusahaan dalam penentuan bisnis plan ataupun eksekusi bisnis itu sendiri.

Siapkan SDM handal

Mencari karyawan yang bisa diandalkan saat mendirikan toko baru
Mencari karyawan yang bisa diandalkan saat mendirikan cabang baru, (Pixabay).

Salah satu pekerjaan yang tidak mudah dalam menyiapkan cabang baru adalah mendapatkan karyawan atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Sebelum melakukan pembukaan cabang pastikan ada orang kepercayaan atau leader yang memimpin cabang tersebut, tentunya yang sudah paham segala binis proses yang dijalani selama ini.

Perhatikan kejujuran, keahlian, dan daya tahan karyawan dengan diberikan pelatihan-pelatihan proses bisnis yang akan dijalani, dan pastinya bisa bekerja sesuai standar operasi prosedur (SOP). Udah gitu jangan sampai nantinya karyawan yang bekerja tidak optimal atau tidak sesuai harapan.

Sampaikan apapun target bisnis yang akan dicapai, selain itu apa yang menjadi hak dan tanggung jawab seorang karyawan, dengan disampaikan secara jelas dan terperinci maka tidak ada informasi terlewat ataupun kesalahan pemahaman akibat tidak tersampaikannya informasi atau pesan yang disampaikan.

Pemasaran dan promosi

Lakukan promosi saat mendirikan toko baru usaha kamu
Lakukan promosi saat mendirikan cabang baru usaha kamu, (Pixabay).

Guna menarik konsumen di cabang bisnis yang baru tentu menjadi sebuah keharusan, sebab tanpa pemasaran yang gencar mengenai pembukaan cabang bisnis kamu yang baru, belum tentu orang akan sadar akan adanya cabang ini. 

Karena itu, pastikan kamu menyebarluaskan informasi pembukaan cabang baru ini dari jauh-jauh hari. Kamu juga dapat membuat promo khusus untuk memeriahkan acara pembukaan cabang bisnis sekaligus menarik pelanggan untuk mencobanya.

Tak ketinggalan pemanfaatan media sosial dan review dari para YouTuber dan Blogger juga sangat diperlukan ya. Gak cuma YouTuber atau Blogger, kamu juga bisa mamanfaatkan influencer demi bisnis kamu. Gimana, siap untuk buka cabang dan mengembangkan bisnis kamu? Selamat Berbisnis! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →