Buka Tabungan Anak Bukan Sekadar Didik Si Upik Belajar Nabung

buka tabungan anak

Bank ternyata juga ramah anak lho! Buktinya, ada banyak produk tabungan khusus untuk anak.  Produk ini sengaja didesain agar orangtua lebih mudah mendidik kebiasaan menabung kepada buah hati. Pasti semua setuju dong kalau menabung itu adalah kebiasaan baik yang mesti dirawat sejak dini.

 

Artinya, membuka tabungan khusus anak lebih dimaksudkan sebagai sarana mendidik buah hati. Lalu bagaimana kalau membuka tabungan anak itu sebagai persiapan dana pendidikan buah hati di kemudian hari?

 

Sebenarnya sah-sah saja sih meniatkan tabungan anak sebagai bekal pendidikannya nanti. Hanya perlu diingat, menyisihkan pendapatan untuk dialokasikan ke tabungan anak bukan cara yang pas untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak.

 

Akan lebih afdol bila memilih asuransi pendidikan, tabungan pendidikan, reksa dana, atau instrumen investasi lain yang membuat nilai uang terus berkembang.

 

[Baca ; Buat yang Siap Nikah dan Punya Momongan Simak Dulu Hitungan Manfaat Asuransi Pendidikan Anak]


Sayang jika memilih buka tabungan anak. Simpel saja alasannya. Dana yang terkumpul di tabungan anak sulit berkembang cepat. Suku bunga yang berlaku pada tabungan anak besarnya lebih rendah dari inflasi. Praktis, nilai uang di tabungan bakal kalah dengan ‘nilai aktualnya’ nanti.

 

[Baca : Nabung Pangkal Kaya dengan Bunga Tabungan 1%, Apalagi Kalau Investasi Reksa Dana Pasar Uang Sampai 8%]

 

 

Pendek kata, membuka tabungan anak fungsinya sebagai bahan pendidikan agar piawai mengelola keuangan sejak dini. Tabungan anak menjadi media tepat membangun mentalitas yang disiplin dan menghargai uang.

 

Di samping itu, membuka tabungan anak bakal memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi si buah hati. Dia akan mengenal bank, cara berkomunikasi dengan petugas bank, dan memahami benefit punya tabungan secara nata.

 

 

Kriteria ideal tabungan anak

Di luar sana, banyak sekali produk tabungan anak yang digembar-gemborkan bank. Masing-masing mengklaim sebagai tabungan anak terbaik. Biar gampang menyortirnya, kenali dulu kriteria ideal tabungan anak, yakni:

 

buka tabungan anak

Ngajarin anak nabung jangan pakai piggy bank dong, tapi pake bank beneran biar anak disiplin

 

1.Syarat pengajuan

Namanya tabungan untuk anak, syaratnya pasti dibedakan dong. Tapi biasanya tabungan anak ini ada yang bersifat kolektif lewat sekolah. Artinya bank yang berinisiatif mendatangi sekolah sehingga lebih mudah membuka tabungan anak.

 

2.Setoran dan saldo minimum

Perhatikan syarat besaran setoran awal yang diminta. Sebaiknya pilih yang besarannya kecil agar sesuai dengan dana yang dipegang anak. Dengan demikian, si anak merasa bangga kalau uang yang disetorkannya adalah hasil uang yang disisihkan dari jatah uang jajannya.

 

Berikutnya adalah saldo minimum. Ketika si anak menarik dana dari tabungan, berapa saldo minimum yang mesti disisakan di tabungan. Lalu bagaimana nasib tabungan jika dalam sekian waktu hanya ada saldo minimum.

 

3.Buku tabungan atas nama anak

Ketika nama anak tertera di tabungan, itu menjadi kebanggan tersendiri. Secara otomatis, rasa kepemilikan anak terhadap tabungan makin tinggi. Pada akhirnya, anak akan termotivasi menabung secara rutin.

 

4.Bunga dan biaya admin

Pilihlah tabungan anak dengan tawaran bunga yang tinggi. Dan di saat bersamaan, sebaiknya biaya administrasinya juga rendah atau malah tidak ada sama sekali.

 

5.Promo dan hadiah

Ini bisa juga menjadi anak lebih semangat menabung. Iming-iming promo dan hadiah membuat anak merasa kebiasaan menabung membawa nilai yang positif di samping jumlah saldonya yang makin menggunung.

 

6.Ada akses kontrol dari orangtua

Sebaiknya carilah tabungan anak yang juga membuka akses kepada orangtua untuk mengontrolnya. Misalnya saja tiap anak menyetorkan atau menarik dana, ada notifikasi yang dikirim ke orangtua, misalnya lewat SMS. Dengan begini, orangtua dapat mudah memantau sejauh mana kebiasaan menabung buah hati.

 

Setelah itu, tinggal himpun produk-produk tabungan anak yang bisa dipilih. Mungkin beberapa produk di bawah ini bisa jadi pertimbangan.

 

BNI Taplus Anak

buka tabungan anak

Setelah anak menginjak usia remaja, BNI Taplus Anak bisa menjadi pilihan tepat

 

 

Produk ini cocok untuk anak di bawah 17 tahun. Lewat produk ini, anak dapat belajar bertransaksi secara mandiri di bank maupun lewat ATM, belanja, dan BNI SMS Banking. Tak perlu khawatir, semua transaksi yang dilakukan anak dapat dipantau orangtua.

 

Syaratnya mudah dan cukup bermodal setoran awal Rp 100 ribu. BNI Taplus Anak membebaskan biaya pengeloaan rekening dan gratis kartu ATM. Tambahan lagi, produk ini terbilang rajin menggelar promo-promo di merchant-merchant tertentu.

 

Mighty Savers OCBC NISP

buka tabungan anak

Dengan setoran awal yang cukup terjangkau, belajar tertib finansial nggak harus menunggu dewasa dulu

 

 

Mighty Savers merupakan icon kakak beradik Simon, Sally dan Sarah, melambangkan anak-anak yang “tertib finansial” sejak dini.” Nah, tabungan anak satu ini cukup menarik karena menyertakan permainan edukatif yang melibatkan si anak dan orangtua.

 

Permainan ini akan mengajak si upik belajar menabung sambil bermain dengan setoran awal Rp 50 ribu. Anak yang berhasil displin menabung akan jadi Jagoan Menabung dan berhak diganjar hadiah-hadiah menarik.

 

Yang lebih menarik, tabungan ini bisa dibuka tanpa perlu ke cabang. Buat orangtua yang gak sempat ke cabang sama anak bisa manfaatin fasilitas ini. Kalau tertarik, bisa hubungi [email protected] untuk informasi lebih lanjut.

 

PermataBintang dari Bank Permata

buka tabungan anak

Karakter kartun yang ditampilkan PertamaBintang memang lucu dan pasti bikin anak suka

 

 

Ketika celengan anak mencapai Rp 250 ribu, tawarkanlah untuk membuka tabungan PermataBintang. Yup, setoran awalnya mensyaratkan nilai segitu.  Produk ini cocok bagi anak yang mengidolakan tokoh Disney karena PermataBintang hadir dengan berbagai karakter Disney.

 

Ingatkan kepada anak agar saldonya selalu di atas Rp 100 ribu agar tidak terkena biaya administrasi bulanan. Setiap pembukaan tabungan ini, anak akan mendapat kartu ATM dengan gambar tokoh Disney yang sesuai dengan idolanya.

 

Tabungan anak dari PermataBank ini menyediakan berbagai keunggulan melalui fitur-fiturnya yang menarik dibanding tabungan anak lainnya. Bank tidak menetapkan jumlah saldo minimum yang harus mengendap dalam rekening.

 

Britama Junio dari BRI

buka tabungan anak

Nggak cuma nabung, kalo si upik beruntung juga bisa menang undian Untung Beliung Britama lho

 

 

Membuka tabungan satu ini mesti siapkan setoran awal Rp 250 ribu. Ketika sudah punya, siap-siap diganjar banyak fitur. Misalnya saja asuransi kecelakaan hingga Rp 150 juta, mengecek saldo secara online, dan kartu ATM dengan desain khas anak-anak.

 

Asyiknya lagi, tabungan anak ini juga disertakan dalam program undian Untung Beliung Britama. Siapa tahu hoki dapat hadiah kejutan.

 

 

Junior dari Bank CIMB Niaga

buka tabungan anak

Selain berhak mendapat perlindungan asuransi, si upik juga bisa mendapatkan bonus-bonus lucu lho

 

 

Setiap pemilik tabungan ini berhak perlindungan asuransi jiwa karena kecelakaan dengan uang pertanggungan sampai Rp 200 juta. Terus setiap pembukaan tabungan akan mendapat kartu ATM bergambar kartun SpongeBob Squarepants.

 

Setoran awalnya cukup rendah hanya Rp 100 ribu. Meski begitu akan dikenai biaya adminsitrasi bulanan sebesar Rp 5.000 jika saldo yang mengendap di bawah Rp 1 juta.

 

Itulah sebagian produk tabungan anak yang bisa dipertimbangkan. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh anak jika memercayakan pengelolaan keuangan sejak dini. Di samping itu, orangtua pun juga tetap bisa memantau sejauh mana kedisiplinan anak menabung.

 

 

 

Image credit:

  • http://www.mag.co.id/wp-content/uploads/2014/11/Tabungan-Pendidikan.jpg
  • https://winadahlan.files.wordpress.com/2011/10/taplus-anak.jpg
  • http://www.ocbcnisp.com/uploads/57/5777d309-d0f6-4667-917b-cbbda418e47b.png
  • http://assets.kompasiana.com/statics/files/14308105011702206071.jpg?t=o&v=700
  • http://www.imugstore.com/image/c/data/logo%20partner/LogoBRITAMAJunio-800×800.jpg
  • https://pbs.twimg.com/media/BNgTLNdCMAAh0vW.jpg