Bukan Cuma Pasangan Hidup, Memilih Partner Bisnis Juga Harus Selektif

memilih partner bisnis

Bisnis, bisnis dan bisnis. Otak kita saat ini dipenuhi dengan impian punya bisnis sendiri. Tapi kenyataannya banyak yang takut dan ragu memulai.

Banyak yang punya konsep dan kemampuan berwirausaha yang lumayan. Tapi seringkali kendalanya adalah karena gak punya modal.

Solusinya gimana kalau kayak gitu? Coba cari partner bisnis yang bisa membantu soal permodalan saja kalau gitu.

Untuk mengantisipasi kerugian, baik material maupun batin, wajib hukumnya untuk selektif memilih rekan bisnis. Jangan asal partner-an, mentang-mentang sudah teman baik.

Sebaiknya teman yang kita ajak menjalankan bisnis bareng itu yang kayak gini:

1. Kita kenal cukup baik

Tak kenal maka tak sayang. Bisnis melibatkan uang, gak mungkin pilih rekan bisnis yang asing buat kita. Kita musti mengetahui latar belakang dan sifat rekan bisnis terlebih dahulu.

memilih partner bisnis
Kalau sudah menyangkut duit, teman bisa jadi lawan loh! (Rupiah / Tips-cara)

Bukan negative thinking ya, tapi lebih kepada berhati-hati. Gak sedikit berita tentang rekan bisnis yang menggelapkan dana dan kabur. Itu saja banyak yang sebenarnya teman yang sudah kenal baik dan menjadi partner bisnis.

Kalau mau jujur, kenal baik dengan seseorang bukan jaminan bisa jalanin bisnis dengan baik. Tapi, paling gak kalau sudah mengenal rekan bisnis dengan baik, akan lebih mudah dan khatam karakter masing-masing.

2. Punya visi dan misi yang sama

Menjalankan bisnis bukan hal sepele layaknya menggoreng pisang atau bakwan. Salah satu elemen yang paling vital saat memilih rekan bisnis adalah mempunyai visi dan misi yang sama.

Jika kita dan rekan bisnis punya visi dan misi yang berbeda, ibaratnya seperti menjejakkan kaki ke dua perahu sekaligus. Kedua perahu melaju dan kedua kaki kita harus berpisah. Akhirnya, kita jatuh.

3. Punya sifat melengkapi

Sepatu kan ada sepasang, kanan dan kiri. Kalau keduanya sepatu kanan, atau kiri, jadi gak bisa dipakai. Alias tidak berguna.

Perumpamaan tersebut bisa menggambarkan situasi saat memilih rekan bisnis. Kalau kita sepatu kanan, cari sepatu kiri.

memilih partner bisnis
Ajarin dong temannya, biar semua akur hehehe (Rekan Kerja / Klikmania)

Pilih yang bisa melengkapi keahlian kita. Misalnya, kalau kita punya skill accounting dan manajemen, kita bisa cari partner bisnis yang jago di biidang sales dan marketing.

4. Gak baper

Manusia pasti punya perasaan. Tapi, ketika sudah menyangkut soal bisnis, harus anti baper alias bawa perasaan. Pilih rekan bisnis yang paham apa itu profesionalisme. Bisa menerima kritik dan beradu argumentasi secara sehat.

Sering-sering diskusi dengan rekan bisnis. Jangan pernah membawa permasalahan pribadi masing-masing ke urusan bisnis. Pilih rekan bisnis yang jauh dari kata ‘Saya yang paling berkontribusi’ hanya karena dia yang menyumbang modal.

5. Kecakapan komunikasi

Ingin mencapai satu tujuan yang sama pastinya harus dipersenjatai dengan komunikasi yang baik. Percuma punya partner bisnis yang ciamik soal keuangan, misalnya, tapi gak komunikatif. Semisal penjualan bulan ini menurun malah diam saja.

Idealnya segala sesuatu yang dirasa berpengaruh sama bisnis wajib dikomunikasikan bareng rekan bisnis.

6. Punya etos kerja yang baik

Disiplin, punya prinsip kerja keras. Siap membangun dan menjalankan bisnis bersama dengan optimal. Sadar kalau rekan bisnis itu harus berjuang bersama.

Bicarakan aturan kerja dan sepakati bersama. Mulai dari jam kerja hingga pembagian tugas dan tanggung jawab. Kalau partner bisnis kita yang menyumbangkan modal, berarti bagian kita adalah tenaga.

memilih partner bisnis
Kalau sudah sepakat, ayo salaman dulu biar sah! (Bersalaman / Klikmania)

Ibarat cari pasangan hidup, mencari rekan bisnis yang sejiwa dan bisa ‘kawin’ dengan kita itu butuh proses. Buka semua panca indera kita. Jangan gegabah ambil keputusan kalau gak mau impian punya bisnis kandas gitu aja.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Sebelum Berbisnis dengan Pasangan Perhatikan Hal-hal Ini Dulu Deh Sebelum Menyesal]

[Baca: Buka Usaha Bareng Keluarga Kayaknya Asyik Ya Simak Dulu Tips Ini]

[Baca: Perhatikan Nih 10 Etika Menggunakan Sosmed Agar Bisnismu Moncer dan Gak Bikin Ilang Feeling]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →