Bukan Pesugihan! Ini Cara Mengumpulkan Uang Rp30 Juta dalam 6 Bulan

cara menabung

Zaman sudah serba canggih, menabung uang Rp30 juta dalam waktu singkat tentu bukan hal yang sulit atau mustahil. Kamu gak perlu sampai puasa, menahan diri untuk tidak jajan atau bahkan menunggu naik gaji biar uang tabunganmu bisa terkumpul banyak. Banyak cara menabung yang bisa kamu lakukan demi mengumpulkan uang.

Bagaimana caranya, kok bisa? Tentu saja bisa dong. Rahasianya tentu kamu harus menggunakan metode yang tepat dan jangan salah. Gak sedikit orang yang padahal punya income tinggi, tapi karena metodenya salah membuat mereka gak bisa menabung. 

Ada juga yang gajinya sebenarnya pas-pasan aja, tapi karena menggunakan metode yang tepat, mereka jadi punya banyak aset. Hayo, mau pilih mana? Gaji tinggi tapi metode salah = gak punya tabungan, atau gaji kecil tapi metode benar = banyak aset, atau gaji tinggi dan metode benar = kaya raya? Tentunya pilih yang kaya raya, kan?

Nah, agar keinginanmu bisa menabung sampai Rp 30 juta dalam waktu 6 bulan bukan hanya angan-angan belaka, begini tips yang harus kamu ikuti. 

Alokasi > 30 persen untuk tabungan

Cara pertama, kamu harus menentukan atau membagi alokasi keuanganmu. Agar tabunganmu cepat terkumpul, langsung aja alokasikan 30 persen pemasukanmu untuk tabungan, jangan tanggung-tanggung! 

Jangan sampai kamu malah menabung dengan dana sisa. Big No! Saat gajian tiba, langsung pisahkan pendapatanmu untuk tabungan. Sebagai contoh, gajimu sebesar Rp 15 juta, maka alokasi untuk tabunganmu, yaitu Rp 5 juta. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan uang Rp 30 juta dalam waktu 6 bulan saja. 

Simpan dana di rekening digital banking

Pemilihan bank tempat kamu menabung juga penting, lho! Sebaiknya pilih digital banking yang bebas administrasi tiap bulannya. Jadi, uang tabunganmu tetap utuh tanpa harus dipotong sama uang administrasi bank. 

Selain itu, digital banking biasanya juga menawarkan bunga yang cukup tinggi untuk tabunganmu yakni lebih dari 3 persen. Tentu akan membuat pemasukanmu semakin banyak dan keuntungan lainnya bisa mengimbangi inflasi. Menyenangkan, bukan?

Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih digital banking seperti Jenius dari BTPN atau Digi Bank dari Bank DBS.

Maksimalkan tabungan > 30 juta dengan deposito

Agar tabungan semakin bertambah dalam waktu singkat, kamu juga bisa memanfaatkan tabungan deposito dengan bunga yang lebih tinggi lagi yakni mencapai lebih dari 5 persen.

Kamu bisa menabungnya di digital banking yang bisa kamu lakukan sendiri melalui aplikasi, mudah kan? Untuk memudahkanmu menghitung keuntungan deposito, berikut rumus deposito yang wajib kamu ketahui:

Bunga x Dana Pokok Deposito x 30 hari x 80% (pajak) : 365 hari. 

Jadi, ketika kamu memiliki gaji sebanyak 15 juta, bungan deposito yang bisa kamu dapatkan yakni Rp 59,1 ribu per bulannya. Dalam waktu 6 bulan, kamu bisa mendapatkan keuntungan sebanyak Rp 354 ribu. 

Maksimalkan tabungan > 30 juta dengan reksa dana

Kalau menurut kamu bunga yang diperoleh dari deposito terlalu sedikit, kamu bisa coba nih investasi yang menguntungkan lainnya seperti reksa dana. Jangan langsung ambil yang high risk, kamu bisa mencoba reksa dana minim risiko.

Agar lebih paham, kamu wajib tahu nih beberapa jenis reksadana. Jenis reksadana yang jadi favorit untuk berinvestasi yakni reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap.

Alasan kenapa jenis reksa dana tersebut jadi favorit yakni karena kedua reksa dana tersebut punya risiko seperti reka sana saham seperti Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau Net Asset Value (NAV).

Biar gak bingung, berikut ini adalah definisi dari kedua reksa dana tersebut:

  • Reksa dana pasar uang: jenis reksa dana yang 100 persen komposisinya berupa deposito, obligasi negara, obligasi swasta, dan sukuk.
  • Reksa dana pendapatan tetap: jenis reksa dana yang 80 persen atau lebih berupa obligasi negara, sedangkan sisanya obligasi perusahaan dan pasar uang (deposito).

Nah, dengan cara yang tepat, kamu udah bisa menabung sampai Rp 30 juta dan bukan jadi angan-angan lagi. Kalau kamu lebih serius dan konsisten, mungkin bisa menabung sampai lebih dari Rp 50 juta dalam waktu singkat. Namun, jangan sampai lupa untuk menyisihkan uang kalian untuk mendapatkan asuransi terbaik ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →