Bukan Kaya Saja! Definisi Sukses Para Miliarder Dunia Ini Ngena Banget

Richard Branson (CNBC.com)

Apa sih definisi sukses menurutmu? Kaya raya, punya mobil, dan rumah mewah? Benarkah demikian? Sebenarnya definisi sukses itu tidak bisa diartikan begitu saja dengan segala sesuatu yang kita miliki dalam bentuk fisik, setuju gak? 

Dengan memiliki kekayaan yang melimpah bukan berarti kita bisa dikatakan sukses. Misalnya nih kita terlihat memiliki segalanya seperti deretan mobil mewah, rumah mewah tapi utang ada di mana-mana, apakah hal tersebut bisa dikatakan sukses? 

Banyak tokoh-tokoh di dunia yang bisa kita tafsirkan sebagai deretan orang tersukses dengan jerih payahnya. Pasti kamu sudah gak asing lagi dengan deretan nama-nama tokoh yang sudah mengantongi apa itu definisi sukses. 

Lalu, siapa tokoh atau orang yang menurutmu sukses? Bill Gates, Jeff Bezos, hingga Kylie Jenner-kah? Nama-nama tersebut adalah langganan dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Tapi, apakah hal tersebut lantas menjadikan mereka sebagai orang yang sukses?

Seseorang yang sukses seringkali identik dengan keberhasilan di bidang tertentu, terutama terkait finansial. Meski begitu, idealnya kesuksesan juga dapat membawa kebahagiaan. 

Ini lho definisi sukses

Ini lho definisi sukses buat kamu yang pengin mengetahuinya

Kalau kamu mengartikan kata sukses memang banyak sekali nih! Dan banyak pula yang mengukur sebuah kesuksesan dalam berbagai aspek. Misalkan kamu salah satu anak yang sayang pada kedua orangtua, pastinya definisi sukses bagi dirimu adalah memberikan kebahagiaan bagi keduanya. 

Berbeda bagi yang tengah mengejar karier, sukses dapat diartikan berhasil mengerjakan deadline tepat waktu, memiliki posisi strategis di perusahaan bergengsi serta penghasilan lumayan besar. Bagi yang tengah asyik mengejar status pendidikan, mereka dapat mengartikan sebuah kesuksesan itu dengan menyelesaikan gelarnya tepat waktu bahkan kembali duduk di bangku kuliah di kampus ternama. 

Lantas apa sih sebenarnya definisi sukses? Sukses adalah salah satu kemampuan bagi setiap orang untuk menjalani hidup sesuai dengan apa yang diinginkan, salah satunya adalah dengan melakukan berbagai hal begitu dinikmati, dikelilingi oleh banyak orang yang kamu senangi dan hormati. 

Oh iya perlu kamu catat dan ingat lho, bahwa sukses itu bukanlah tujuan terakhir dengan kualitas seadanya dan menghalalkan segala sesuatunya demi pencapaian. 

Oleh sebab itu, definisi sukses bisa jadi sangat bervariasi bagi setiap orang. Faktanya, para tokoh dunia yang dicap sangat sukses secara finansial justru menilai definisi sukses tak berkaitan dengan uang, melainkan sebagai berikut ini.

Warren Buffett: dicintai orang lain

Warren Buffett memiliki definisi tersendiri soal sukses itu apa

Punya kekayaan hingga US$ 85,7 miliar atau setara dengan Rp 1,252 triliun, Buffet menjadi salah satu orang terkaya di dunia.  Tapi, definisi sukses menurut CEO Berkshire Hathaway ini gak terkait dengan uang atau ketenaran yang ia miliki lho. 

Menurutnya, kesuksesan itu dapat diukur dari berapa banyak orang yang mencintai dia, setuju gak? Pasalnya nih di saat kita sudah mendapatkan kedudukan atau kesuksesan dalam karier bukan berarti melupakan orang-orang sekitar. 

Justru kita mesti membuat orang di sekitar kita mencintai dengan apa yang sudah diraih saat ini. Contohnya Warren Buffet yang sukses sebagai salah satu orang yang dicintai oleh lingkungan. 

Bill Gates : menolong orang lain

Bill Gates juga memiliki definisi tersendiri apa itu sukses

Siapa sih yang gak mengenal dengan sosok Bill Gates. Pria yang pernah mencicipi statusnya sebagai mahasiswa drop out dari kampus Harvard ini menjelma jadi pelopor perusahaan raksasa pesaing Apple. Salah satu bukti keberhasilannya ialah rumah mewah seharga Rp 1 triliun yang kini ia huni bersama keluarganya.

Meski begitu, kesuksesan menurut Bill Gates adalah ketika kita mampu membuat perubahan, menemukan sesuatu atau menolong orang yang membutuhkan.

Richard Branson : kebahagiaan

Orang terkaya ini juga memiliki apa itu definisi sukses

Miliarder kontroversial satu ini punya kekayaan lebih dari US$ 5,1 miliar atau setara dengan Rp 74,5 triliun. Namun, pendiri Virgin Group ini gak sepakat jika definisi kesuksesan dikaitkan dengan uang. 

Menurut Richard Branson, kesuksesan yang sesungguhnya dinilai dari seberapa bahagia diri kita. Oleh karena itu, penting lho ketika kita memiliki cukup penghasilan dan prestasi dalam hidup, perlu memberikan kebahagiaan bagi diri sendiri. 

Misalnya menjalankan hobi yang kita sukai seperti mengoleksi Lego, bersepeda keliling dunia atau ke daerah-daerah eksotis. Jadi ketika kita sudah banyak menghabiskan waktu buat bekerja, kehidupan pribadi juga mesti sejalan. 

Maya Angelou : mencintai diri sendiri 

Maya Angelou juga memiliki definisi tersendiri soal apa itu sukses

Maya Angelou dikenal sebagai penyair sekaligus aktivis hak-hak sipil Amerika Serikat (AS). Semasa hidupnya, Maya telah menerima lebih dari 50 gelar kehormatan. 

Ia bahkan pernah menerima Presidential Medal of Freedom pada 2011 dari Presiden Barack Obama.

Definisi sukses menurut Maya Angelou adalah mampu mencintai dirimu sendiri, mencintai apa yang kamu lakukan, dan mencintai caramu melakukannya. Nah yang kayak gini perlu kamu terapkan dalam kehidupan. 

Arianna Huffington : kebijaksanaan dan lainnya

Arianna Huffington juga memiliki definisi tersendiri lho soal sukses

Arianna Huffington adalah penulis sekaligus pendiri The Huffington Post, situs berita asal Amerika Serikat. Baginya, uang dan kekuasaan gak lantas membuat kita jadi sukses. 

Untuk mencapai kesuksesan, ada empat faktor yang kita butuhkan. Empat faktor tersebut adalah kesejahteraan, kebijaksanaan, keajaiban, dan perilaku memberi.

Mark Cuban : siapa pun bisa sukses

Mark Cuban juga memiliki defini sukses yang perlu kamu petik nih!

Mark Cuban dikenal sebagai pengusaha Amerika sekaligus pemilik National Basketball Association (NBA)’s Dallas Mavericks. Ia juga pernah menulis sebuah buku berlatar pengalaman hidupnya dengan judul How to Win at The Sport of Business.

Kesuksesan versi Cuban sangatlah sederhana, yaitu bangun tidur dengan tersenyum, dan menyadari bahwa hari akan berlangsung dengan baik.  Jadi, sekalipun kamu gak kaya, dengan definisi ini siapa pun bisa sukses.

Gimana, apakah pandangan dari para tokoh dunia di atas mengubah definisi sukses yang telah kamu punya sebelumnya? Kalau masih merasa ragu, coba resapi perkataan penulis buku populer, The Seven Habits of Highly Effective People, Stephen Covey berikut ini.

“Jika kamu mempertimbangkan apa yang akan orang lain katakan tentangmu ketika kamu telah tiada nanti, kamu akan menemukan makna kesuksesan versimu.”

Lantas gimana dengan kamu? Apa definisi sukses bagi kamu yang saat ini masih meniti karier untuk mencapai suatu titik? Kamu bisa lho banyak belajar petuah-petuah dari orang-orang sukses di atas yang sudah dijelaskan.