Bulan Puasa Makin Tekor? 6 Kebiasaan Ini Nih yang Jadi Biang Keladinya

Memasuki bulan Ramadan, udah pada siapin keuangan belum? Soalnya, udah jadi rahasia umum kalau pengeluaran bakal lebih besar di bulan ini dibanding bulan-bulan biasanya. Udah kebutuhan meningkat, harga barang pun banyak yang naik.

Yang parahnya lagi, ada beberapa kebiasaan yang membuat kamu begitu mudahnya mengeluarkan uang. Jadi makin tekor deh.

Kalau dibiarkan, kebiasaan-kebiasaan ini bisa mengancam keuangan kamu lho. Apa saja hal-hal yang menjadi kebiasaan-kebiasaan itu?

1. Selama bulan Ramadan, sering banget absen buka puasa di rumah

Bulan ramadan
Sekali dua kali gak apa-apa sih bukber. Cuma kalau keseringan, bikin tekor juga (futuready)

Karena sering pulang malam atau terjebak macet di jalan, buka puasa di rumah jadi hal yang jarang banget dilakukan. Ditambah lagi kalau selalu terima ajakan bukber, jangan harap ada banyak waktu buat buka puasa di rumah.

Lama-lama tanpa kamu sadari, hal ini jadi kebiasaan yang kalau dibiarkan membuat nominal dalam rekeningmu menyusut pelan-pelan.

Nah, supaya puasamu gak berakhir dengan penyesalan, lebih baik ubah kebiasaan ini. Mulai dari tolak beberapa ajakan bukber sampai memanfaatkan waktu kerja seoptimal mungkin agar sempat buka puasa di rumah.

2. Buka puasa secara berlebihan

Menjalani puasa itu sama saja dengan kita menjalankan ibadah. Apalagi makna dari puasa itu berusaha untuk selalu sederhana.

Sayangnya, masih ada saja yang buka puasa secara berlebihan. Pengin makan ini, pengin makan itu. Saking banyak penginnya, makanan buat buka puasa lebih banyak dari makanan saat gak puasa.

Ujung-ujungnya pengeluaran kamu buat makan lebih besar daripada pengeluaran sebelum bulan puasa. Biar puasamu terhindar dari yang namanya boros, biasain deh berbuka dengan menu yang sederhana.

3. Menjadikan THR sebagai solusi

Bulan ramadan
Senang itu THR udah di tangan. Sedih itu THR habis buat bayar utang. (tribunnews)

Ada yang beranggapan pengeluaran selama bulan Ramadan bakal tertutup begitu terima THR nanti. Tentu saja ini anggapan yang keliru.

Misalnya saja kamu pakai THR buat gantiin pengeluaran kamu yang berlebihan selama puasa, lalu persiapan Lebaran nanti kamu mau pakai dana apa? Masa iya mesti ngutang buat rayain Lebaran?

Ingat ya! THR adalah tunjangan yang wajib dibayarkan perusahaan kepada karyawan menjelang hari raya keagamaan. Dari sini aja udah jelas, THR itu dipakai buat persiapan hari raya. Jadi, jangan coba-coba jadikan THR sebagai solusi dari kebiasaanmu yang boros ya!

4. Ngabuburit yang nguras kantong

Kebiasaan yang satu ini sudah menjadi tradisi setiap bulan puasa berlangsung. Berasal dari bahasa Sunda, ngabuburit diartikan sebagai menunggu sore. Makanya pada sore hari menjelang buka puasa, banyak orang yang jalan-jalan keluar rumah.

Jeleknya, saat ngabuburit ini, orang-orang sulit mengerem keinginannya buat jajan. Semisal beli gorengan, kolak, es campur, ataupun es cendol. Kebayang dong berapa banyak uang yang terkuras karena tiap kali ngabuburit selalu jajan di luar?

Belum lagi ngabuburitnya bawa motor, mau tak mau kudu keluar uang untuk bensin.

Sebenarnya ada kok aktivitas ngabuburit yang dijamin berfaedah dan produktif. Kamu bisa isi waktu ngabuburit dengan membaca, blogging, vlogging, menonton film-film favorit di rumah, ataupun mengaji.

5. Ogah masak makanan sendiri

Bulan ramadan
Gimana mau hemat kalau masak aja gak mau? (idntimes)

Ini alasannya kenapa bulan Ramadan sering beli makanan di luar. Padahal, masak sendiri itu jelas-jelas lebih hemat ketimbang beli makanan di luar.

“Tapi kan masak sendiri ribet dan habisin banyak waktu!”

Gak juga kok. Ada menu buka puasa yang simpel dan masaknya gak sampai butuh waktu berjam-jam. Bahkan, setengah jam pun gak sampai.

Intinya, buang jauh-jauh rasa malas dalam dirimu. Coba deh luangkan waktu buat browsing. Banyak kok menu-menu simpel yang bertebaran di Internet. Udah praktis, bahan-bahannya pun dijamin murah.

6. Tergiur promo tanpa hitung-hitung

Belanja saat promo itu memang banyak untungnya. Apalagi pas bulan puasa, banyak banget promo yang ditawarkan. Dari promo restoran, supermarket, department store, hingga promo belanja online.

Tapi promo-promo itu akan percuma kalau kamu sendiri gak hitung-hitung saat belanja.

Niatnya selama bulan Ramadan mau irit, eh malah tekor gegara salah perhitungan. Asal tahu aja promo-promo yang ada belum tentu benar-benar promo lho.

Bisa saja harga promo itu harga aslinya, sedangkan harga lamanya adalah harga asli yang ditambahkan diskon. Di sini kamu perlu teliti benar-benar sebelum memutuskan untuk membeli.

Mulai aja dulu dengan membandingkan harga di e-commerce satu dengan e-commerce lainnya. Di samping gak ribet, cara ini efektif buat kamu yang mau cari barang dengan harga murah.

Itulah enam hal yang kalau dibiasakan bisa bikin keuanganmu tekor selama bulan puasa. Jangan sampai karena kamunya yang kurang peka, kebiasaan-kebiasaan itu tanpa sadar terus-terusan kamu lakukan.

Selagi masih ada waktu, ubah yuk kebiasaan tersebut mulai sekarang.

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis