Modal Rp 1 Juta, Investasi SBR004 Tawarkan Bunga Menggiurkan. Mau?

Pemerintah kembali menerbitkan SBR004, setelah sebelumnya Saving Bond Ritel (SBR) seri 003 terbit bulan Mei 2018 lalu. Kupon pada SBR seri ini tentu lebih besar dari seri sebelumnya. Jika dulu kupon yang ditawarkan sebesar 6,8 persen, kini besar kupon naik menjadi 8,05 persen. Lumayan kan?

Kupon tersebut bahkan lebih tinggi dari yield Surat Utang Negara (SUN) bertenor 10 tahun, yaitu sebesar 7,96 persen. Padahal, SBR seri 004 hanya bertenor 2 tahun.

Sebelumnya kita lanjutkan, kalau kamu belum familiar dengan jenis investasi ini, kamu bisa coba pahami dulu di artikel Pemerintah Jual SBR 003, Bisa Investasi Mulai dari Rp 1 Juta! yah.

Secara umum, SBR 004 merupakan instrumen investasi bagi masyarakat ritel Indonesia kayak kamu. Dengan kupon sebesar 8,05 persen dan tenor 2 tahun aja, investasi ini tentu menggiurkan bukan?

Tapi, kalau kamu masih maju mundur buat investasi di SBR 004, yuk kita pahami lebih dalam lagi melalui ulasan berikut ini.

Dapat dibeli mulai dari Rp 1 juta

sbr004
(Image: pexels)

Investasi SBR 004 pas buat para investor pemula. Selain risikonya lebih rendah dari investasi saham, modal yang dibutuhkan juga masih terjangkau. Minimum pembelian SBR adalah sebesar Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar. Masih sama kayak SBR seri sebelumnya, SBR 003.

Investasi rendah risiko

(Image: pexels)

Secara sederhana, SBR dapat diartikan sebagai instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau warga negara Indonesia secara perseorangan. Artinya, secara gak langsung kamu “meminjamkan” dana kepada pemerintah yang akan digunakan sebagai pembiayaan proyek pemerintah termasuk pembangunan nasional.

Nah, pembayaran bunga atau kupon SBR telah dijamin undang-undang surat utang negara (SUN).  Pemerintah akan menganggarkan pembayaran kupon dan pokok SBR dalam dana APBN. Oleh sebab itu, investasi SBR tidak memiliki risiko gagal bayar seperti pada investasi obligasi atau P2P lending. Jadi, gak perlu takut keuntungan tak didapat apalagi cemas uang lenyap.

Proses pembelian mudah secara online

sbr004
(Image: Dailysocial)

Untuk investasi SBR seri 004, gak perlu repot mengantre di Bank. Proses pembeliannya bisa dengan mudah dilakukan secara online. Kamu hanya perlu mengakses situs resmi milik 11 mitra distribusi yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan.

Berikut, mitra distribusi SUN yang bisa dipilih:

  1. Investree
  2. Bareksa
  3. Tanamduit
  4. PermataBank
  5. Trimegah securities
  6. BNI
  7. Bank BTN
  8. Mandiri
  9. BCA
  10. Bank BRI
  11. Modalku

Simulasi keuntungan

Kasus 1: investasi Rp 5 juta

Mbak Shinta membeli SBR004 senilai Rp5 juta. Maka keuntungan yang didapatkan Mbak Shinta adalah sebagai berikut:

– Investasi SBR004: Rp5 juta

– Kupon : 8,05 persen

– Keuntungan kotor kupon per tahun : Rp5 juta x 8,05 persen = Rp 402.500

– Keuntungan kotor kupon per bulan : Rp 402.500  / 12 = Rp 33.541

– Pajak kupon (15 persen) per bulan : Rp 33.541 x 15 persen = Rp 5.031

– Keuntungan bersih kupon per bulan: Rp 33.541- Rp 5.031 = Rp 28.509

Maka, Mbak Shinta akan mendapatkan keuntungan kupon bersih sebesar Rp 28.509 per bulannya. Dalam setahun minimal keuntungan bersih menjadi Rp 402.500 .

Kasus 2: investasi Rp 100 juta

Mas Armand membeli SBR004 senilai Rp100 juta. Maka keuntungan yang didapatkan Mas Armand adalah sebagai berikut:

– Investasi SBR004: Rp 100 juta

– Kupon : 8,05 persen

– Keuntungan kotor kupon per tahun : Rp 100 juta x 8,05 persen = Rp 8,05 juta

– Keuntungan kotor kupon per bulan : Rp 8,05 juta / 12 = Rp 670.833

– Pajak kupon (15 persen) per bulan : Rp 670.833 x 15 persen = Rp 100.625

– Keuntungan bersih kupon per bulan: Rp 670.333 – Rp 100.625 = Rp 579.208

Maka, Mas Armand akan mendapatkan keuntungan kupon bersih sebesar Rp 579.208 per bulannya. Dalam setahun minimal keuntungan bersih menjadi Rp 6.842.496.

Gimana nih? Udah gak ragu lagi kan? Kalau udah ada bujetnya, sekarang catat tanggal penawarannya biar gak terlewat. Berikut jadwal lengkap penerbitan SBR seri 004 yang dikeluarkan Kementerian Keuangan.

Periode pembelian SBR004

– Masa Penawaran                                    : 20 Agustus – 13 September 2018

– Rekonsiliasi Data Hasil Penjualan        : 14 September 2018

– Penetapan Hasil Penjualan                   : 17 September 2018

– Setelmen                                                 : 19 September 2018

– Periode Pengajuan Early Redemption :  7-15 Oktober 2019

– Setelmen Early Redemption                 : 21 Oktober 2019

Pembelian SBR seri 004 hanya bisa dilakukan pada masa penawaran, yaitu 20 Agustus hingga 13 September 2018. Sebelum membeli SBR seri 004, pastikan kamu telah terdaftar menjadi nasabah di salah satu mitra distribusi Surat Utang Negara (SUN) yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan yah.

Gimana, tertarik? Kapan lagi bisa investasi sambil berkontribusi buat Indonesia. Betul gak?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →