Bersaing Ketat dengan Bank, Ternyata Segini Bunga Pinjaman di Pegadaian

Kantor pegadaian. (Tempo/Tony Hartawan)

Selain dari bank, kamu juga bisa dapat pinjaman di lembaga keuangan lainnya. Salah satunya adalah Pegadaian. Yang perlu diketahui, besaran bunga Pegadaian cukup kompetitif lho.

Seperti yang pernah diulas MoneySmart sebelumnya, ada beberapa pilihan pinjaman yang ditawarkan Pegadaian. Mulai dari Kredit Cepat dan Aman (KCA), Kredit Gadai Sistem Angsuran (Krasida), hingga Kreasi.

Bunga Pegadaian buat pinjaman-pinjaman tersebut berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Sebab, tiap-tiap pinjaman punya peruntukan yang berbeda-beda. Makanya, besaran bunganya pun juga berbeda-beda.

Nah, biar bisa bikin perbandingan mana yang lebih untung, MoneySmart kali ini mau kasih kamu ulasan soal bunga Pegadaian. Gak usah berlama-lama lagi, langsung aja yuk disimak ulasannya berikut ini.

Segini bunga Pegadaian yang dipatok buat pinjaman

Instagram/@sahabatpegadaian
Instagram/@sahabatpegadaian

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa pilihan pinjaman yang ditawarkan Pegadaian. Tiap-tiap pinjaman berbeda-beda bunganya.

Selain itu, besaran bunga Pegadaian juga disesuaikan dengan besaran pinjaman dan barang yang jadi jaminannya.

Bunga buat pinjaman Rp 1 juta tentu berbeda dengan pinjaman Rp 20 juta. Begitu juga dengan bunga buat barang elektronik berbeda dengan kendaraan bermotor. Buat lebih jelasnya, simak aja yuk detailnya berikut ini.

1. Kredit Cepat dan Aman (KCA) Pegadaian

Pinjaman Pegadaian diperuntukan buat siapa aja. Berbagai kebutuhan yang sifatnya produktif ataupun konsumtif bisa dipenuhi dengan pinjaman ini.

Bunga Pegadaian yang dipatok buat pinjaman KCA mulai dari 0,75 persen per 15 hari. Jadi, per bulan bunganya 1,5 persen. Untuk barang yang bisa digadaikan, Pegadaian juga punya istilah tersendiri, yakni “barang kantong” yang meliputi emas dan permata, serta “barang gudang” yang meliputi kendaraan bermotor, mesin, elektronik, tekstil, dan lain sebagainya. Nah, pembagian besaran bunga menurut nilai pinjaman dan barang jaminan seperti berikut ini.

Golongan A (Rp 50 ribu – Rp 500 ribu):

  • 0,75 persen buat barang kantong
  • 0,75 persen buat kendaraan bermotor
  • 0,75 persen buat barang elektronik
  • 0,75 persen buat barang gudang

Golongan B (Rp 550 ribu – Rp 5 juta):

  • 1,15 persen buat barang kantong
  • 0,75 persen buat kendaraan bermotor
  • 1,15 persen buat barang elektronik
  • 0,75 persen buat barang gudang

Golongan C (Rp 5.100.000 – Rp 20 juta):

  • 1,15 persen buat barang kantong
  • 1,15 persen buat kendaraan bermotor
  • 1,15 persen buat barang elektronik
  • 0,75 persen buat barang gudang

Golongan D (≥ Rp 20.100.000):

  • 1,00 persen buat barang kantong
  • 1,15 persen buat kendaraan bermotor
  • 1,15 persen buat barang elektronik
  • 1,15 persen buat barang gudang

Tenor buat pinjaman KCA dari 1 – 120 hari dikenakan biaya administrasi Rp 2.000 – Rp 125 ribu.

2. Kredit Gadai Sistem Angsuran (Krasida)

Lain lagi dengan Kredit Gadai Sistem Angsuran atau Krasida. Pinjaman Pegadaian ini dikucurkan buat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bunga Pegadaian yang dipatok buat pinjaman ini mulai dari 1,25 persen per bulan. Nilai pinjamannya mulai dari Rp 1 juta – Rp 5 miliar. Jangka waktu pelunasan atau tenor dari 6 – 36 bulan.

Detail besaran bunga Krasida seperti ini.

  • Tenor 6 – 12 bulan: 1,25 persen
  • Tenor 13 – 24 bulan: 1,30 persen
  • Tenor 25 – 36 bulan: 1,40 persen

Oh, iya. Mengajukan pinjaman ini belum tentu nilai pinjaman yang diterima itu 100 persen dari taksiran ya. Maksimalnya, kamu terima 95 persen dari nilai taksiran agunan.

3. Kreasi

Buat pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), ambil pinjaman Kreasi menjadi pilihan yang tepat sebagai modal usaha. Dengan mengagunkan BPKB motor atau mobil, kamu bisa mendapat pinjaman ini.

Pinjaman Kreasi mematok bunga 1 persen dari nilai pinjaman per bulan. Nilai pinjamannya mulai dari Rp 1 juta – Rp 400 juta. Tenornya dari 1 – 36 bulan.

Gimana cara mengajukan pinjaman di Pegadaian?

Sekarang mengajukan pinjaman di Pegadaian udah beda dengan dulu. Sekarang kamu bisa merasakan kemudahan pengajuan pinjaman dengan menggunakan akun Pegadaian Digital.

Pegadaian Digital adalah layanan digital dari Pegadaian dalam bentuk aplikasi berbasis web atau mobile yang bertujuan memudahkan masyarakat dalam mengakses produk-produk Pegadaian.

Cukup registrasi diri buat memiliki akun Pegadaian Digital, kamu bisa mengajukan pinjaman di Pegadaian. Walaupun gitu, kamu tetap mesti datang ke kantor Pegadaian buat membawa barang jaminan.

Jadi, dengan aplikasi Pegadaian Digital, waktu yang dibutuhkan buat mengajukan pinjaman menjadi lebih ringkas. Berminat ajukan pinjaman Pegadaian? Langsung aja install atau daftarkan diri kamu via website. Mudah-mudahan pengajuanmu sukses ya!