Leasing Bussan Auto Finance (BAF), Cek Tagihan, dan Cara Bayar

bussan auto finance

PT Bussan Auto Finance atau yang lebih dikenal dengan BAF adalah perusahaan pembiayaan yang fokus pada jenis kredit konsumsi non-KPR.

Mari kita simak ulasan selengkapnya mengenai profil PT Bussan Auto Finance dan berbagai produk keuangan yang mereka tawarkan.

Profil Bussan Auto Finance (BAF)

Jika menilik sejarahnya, BAF didirikan pada tahun 1997. Perjalanan BAF diawali pada tahun 1995 dengan nama PT Pembiayaan Getraco Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan.

Barulah pada tahun 1997 menjadi perusahaan joint venture antara PT Danamon Sanggrahan, Mitsui dan Yamaha, yang berfokus pada pembiayaan sepeda motor baru Yamaha.

Nama BAF pun berubah menjadi PT Danamon Mits Otomotif Finance dan tanggal 24 September 1997 diperingati sebagai hari ulang tahun BAF hingga saat ini.

Di tahun 1998, Mitsui & Co., Ltd. membeli seluruh kepemilikan PT Danamon Sanggrahan sehingga mengakibatkan Mitsui & Co., Ltd. menjadi pemegang saham utama dengan kepemilikan sebesar 75%, sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Lenggara Guna Sejahtera (15%), Yamaha Co., Ltd., Jepang (7%) dan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (3%).

Sebagai akibat dari akuisisi tersebut, nama Perseroan diubah menjadi PT Bussan Auto Finance dengan fokus bisnis tetap sebagai perusahaan pembiayaan sepeda motor baru khusus merek Yamaha. 

Memasuki tahun 2004, seluruh saham milik PT Lenggara Guna Sejahtera dijual kepada PT Mitsui Indonesia.

Pada tahun 2013, BAF melakukan peningkatan modal melalui penerbitan saham baru yang seluruhnya diambil bagian oleh PT Ciptadana Capital, salah satu perusahaan afiliasi dari Grup Lippo dan Yamaha.

Pada tahun 2018, Mitsui & Co., Ltd. menambah kepemilikan sahamnya dengan mengakuisisi seluruh kepemilikan saham PT Ciptadana Capital sehingga komposisi pemegang saham Mitsui & Co., Ltd meningkat menjadi sebesar 68,3%.

Pada tahun 2019, seluruh saham BAF milik PT Mitsui Indonesia (41.250 lembar saham) dan sebagian saham BAF yang dimiliki Mitsui & Co. Ltd (11.786 lembar saham) dibeli oleh PT Sinergi Autoindo Abadi.

Transaksi penjualan dan pemindahan saham ini mengakibatkan terjadinya perubahan kepemilikan pemegang saham BAF menjadi Mitsui & Co., Ltd. sebesar 65,0%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7%, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3%, dan PT Sinergi Autoindo Abadi sebesar 15,0%.

Seiring pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat akan fasilitas kredit konsumsi, BAF terus berinovasi untuk menjadi solusi pembiayaan bagi kebutuhan masyarakat.

Per 31 Desember 2019, BAF telah beroperasi di 246 lokasi di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 191 kantor cabang dan 55 point of services (POS) yang didukung oleh hampir 7.000 karyawan.

BAF juga telah terdaftar dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan Biro Kredit. Informasi tak kalah penting, pelaksanaan bisnis BAF telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Produk pendanaan Bussan Auto Finance (BAF)

Awalnya Bussan Auto Finance (BAF) memang hanya melayani fasilitas pinjaman atau kredit untuk sepeda motor Yamaha.

Namun seiring berjalannya waktu, BAF mulai merambah pembiayaan motor bekas untuk berbagai merek.

Bahkan, kini BAF juga melayani pembiayaan Dana Syariah yang merupakan produk pembiayaan berbasis syariah.

Ada juga pembiayaan multi produk yang meliputi peralatan elektronik dan rumah tangga, pembiayaan mesin pertanian, serta pembiayaan mobil baru untuk berbagai merek.

Simak penjelasan lebih detail di bawah ini, yuk.

1. Kredit kendaraan motor Yamaha

Salah satu layanan kredit di Bussan Auto Finance adalah fasilitas pinjaman atau pembiayaan motor Yamaha.

Sebagai perusahaan pembiayaan resmi untuk motor Yamaha, BAF memberikan kemudahan memiliki motor Yamaha baru dengan proses yang cepat dan angsuran yang tepat.

Kamu dapat mengajukan permohonan pembiayaan motor Yamaha secara online melalui website BAF. Hanya dibutuhkan waktu lebih kurang satu menit untuk mengisi data tanpa harus datang ke dealer Yamaha.

Dalam waktu 2 x 24 jam (hari kerja), petugas BAF akan menghubungi untuk mengkonfirmasi pengajuan yang telah diajukan secara online. Mudah bukan?

2. Pembiayaan mobil 

Jika kamu punya mobil impian saat ini, kredit BAF akan dengan mudah mengabulkannya.

Kamu dapat mengajukan pembiayaan pembelian mobil dari segala merek mobil seperti Honda, Mitsubishi, Toyota, Daihatsu, Mazda, Nissan, Datsun, Suzuki, Wuling, Renault, Hyundai, DFSK dan KIA, secara online melalui website BAF.

Waktu yang diperlukan lebih kurang satu menit saja untuk pengajuan via online dengan mengisi data diri lengkap berikut nomor handphone yang dapat dihubungi.

Pengajuan pembiayaan mobil sementara waktu hanya berlaku di Kantor Jaringan BAF wilayah Batam, Pekanbaru, Medan, Palembang, Jambi, Padang, Tangerang, Jakarta, Bogor, Bekasi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Samarinda, Makassar, dan Palu.

BAF berencana untuk memperluas jaringan ini ke berbagai kota lainnya di Indonesia dalam waktu dekat.

3. Pembiayaan elektronik & perlengkapan rumah tangga

Sehari-hari kamu pasti tak terlepas dari kebutuhan elektronik dan perlengkapan rumah tangga seperti AC, LED TV, kulkas, komputer, laptop, handphone, sofa, tempat tidur, bahkan sepeda dan peralatan olahraga.

Semua itu bisa kamu miliki melalui pembiayaan dari BAF.

4. BAF Dana Syariah

Kamu sedang butuh dana/modal untuk usaha? Dana untuk biaya pendidikan? Dana untuk biaya renovasi rumah? atau dana darurat untuk kebutuhan hidup lainnya?

Jangan bingung, kamu bisa mengajukan dengan BAF dana syariah, yaitu pemberian fasilitas pembiayaan yang memanfaatkan BPKB kendaraan (motor dan mobil) yang kamu miliki.

5. Pembiayaan mesin pertanian

Sedang merintis usaha pertanian dan mengharapkan usahamu bisa lebih sukses? Tenang, ada BAF kredit!

Dengan proses cepat, angsuran tepat, kamu bisa mengajukan pembiayaan untuk pembelian mesin pertanian seperti mesin tanam padi, mesin panen padi atau traktor roda 4 (empat).

6. Pembiayaan fleet

Kantor atau karyawanmu sedang butuh kendaraan? Kamu bisa, lho, manfaatkan BAF kredit lewat pembiayaan fleet (kolektif). Uang mukanya ringan, angsuran terjangkau, dan cara pembayaran angsurannya mudah.

Seperti apa konsepnya?

a. Pembiayaan fleet operasional perusahaan

Pembiayaan untuk kebutuhan kendaraan operasional atau bisnis dengan pemohon atas nama perusahaan.

b. Pembiayaan fleet karyawan

Pembiayaan di mana karyawan yang memiliki pendapatan tetap dan direkomendasikan oleh HR/PIC perusahaan/koperasi, dengan nama karyawan sebagai pemohon.

Bagaimana cara pembayaran angsurannya?

  • Potong gaji perusahaan/koperasi.
  • Autodebet.
  • Online Payment (OLP).
  • 7. Pembiayaan motor bekas

    Pembiayaan motor bekas ini tidak terbatas pada merek Yamaha saja, tapi kamu juga bisa memilih motor bekas merek Jepang lainnya seperti Honda, Kawasaki, dan Suzuki.

    Pengajuan untuk pendaraan satu ini bisa lewat website BAF, kantor jaringan BAF terdekat, maupun langsung di dealer rekanan yang ada di kotamu.

    Proses pengajuannya sangat cepat dan akan dikonfirmasi dalam waktu 1×24 jam sejak pengajuan lengkap diterima oleh pihak BAF. Pengajuan ini baru tersedia di kota-kota berikut ini:

  • Jabodetabek.
  • Karawang, Bandung, Sukabumi
  • Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Kediri, Malang, Pasuruan, Lumajang
  • Semarang, Salatiga, Solo, Sukoharjo, Magelang, Kebumen, Purwokerto, Tegal, Yogyakarta
  • Banjarmasin, Martapura, Palangkaraya, Sampit, Pontianak, Singkawang
  • Pangkalan Brandan, Medan, Pekanbaru, Batam, Bangka, Muntok, Belitung, Manggar, Palembang, Betung,
  • Bengkulu, Jambi, Muara Bungo, Padang.
  • Makassar.
  • 8. BAF AdiDana

    Pendanaan ini diperuntukkan bagi wirausaha untuk dapat mengembangkan usahanya.

    Dana yang didapatkan dapat digunakan untuk pembelian barang usaha, renovasi tempat usaha, maupun kebutuhan usaha lainnya.

    Jika kamu ingin mengajukan pinjaman ini, kamu bisa rumah tinggal atau ruko sebagai agunana.
    Bunganya cukup rendah, yaitu 0,75% dengan tenor 1 tahun.

    Kamu bisa mengajukan lewat website BAF, kantor cabang, maupun agen BAF dengan membawa memenuhi dokumen berikut ini:

  • Fotokopi KTP pemohon dan pasangan/penjamin.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi Surat Nikah.
  • SHM, IMB, Izin Usaha (SIUP/TDP/NIB/SKU).
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Fotokopi Rekening Tabungan/Rekening Koran 3 bulan terakhir.
  • Dokumen transaksi pembelian dan bukti hasil catatan penjualan 3 bulan terakhir.
  • Form Permohonan Fasilitas Kredit (Consent Letter).
  • 9. BAF PraDana

    Jika kamu menginginkan pembiayaan tanpa jaminan dan dengan prinsip syariah, BAF Pradana bisa jadi pilihan.

    Pendanaan ini menggunakan akad mudharabah atau bagi hasil. Kamu bisa meminjam modal mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 juta dengan nisbah bagi hasil 45% untuk konsumen dan 55% untuk BAF.

    Tenor pinjamannya sendiri mulai dari 1 hingga 6 bulan. Berikut data dan dokumen yang harus disiapkan untuk pinjaman ini:

  • Informasi data pribadi, meliputi NIK, nama, tanggal lahir, nomor handphone, email, nama gadis ibu kandung, status perkawinan, alamat KTP dan alamat tinggal.
  • Informasi kontak darurat, nama dan nomor handphone.
  • Informasi usaha dan/atau pekerjaan berupa rincian usaha dan tujuan penggunaan dana.
  • Informasi bank dan nomor rekening.
  • KTP.
  • Foto lokasi usaha.
  • Cara mengajukan kredit di Bussan Auto Finance

    Sama dengan perusahaan pembiayaan lainnya, BAF juga mewajibkan syarat kepada kita ketika hendak melakukan pengajuan pembiayaan atau pinjaman.

    Syarat pengajuan kredit Bussan Auto Finance

    Khusus untuk BAF, persyaratannya tergolong cukup mudah, berikut syarat pengajuan kredit BAF secara umum: 

    1. Usia 21-60 tahun dan/atau sudah berkeluarga.
    2. Fotokopi Kartu Keluarga atau Akte Nikah.
    3. Fotokopi PBB 2 tahun terakhir/rekening listrik 6 bulan terakhir.
    4. Fotokopi KTP/SIM/Passport (dan pasangan).

    Pengajuan BAF online

    Cara pengajuan pinjaman atau pembiayaan BAF juga sudah lebih mudah karena BAF telah meluncurkan inovasi baru yaitu pengajuan pinjaman secara online yang bisa dilakukan via smartphone atau laptop kamu dari rumah.

    Jadi, kamu tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor Bussan Auto Finance terdekat. Persyaratan pembiayaan Bussan Auto Finance yang perlu kamu siapkan dan langkah-langkahnya adalah: 

  • Buka website resmi BAF di tab pengajuan
  • Isi semua formulir dengan lengkap dan sebenar-benarnya
  • Upload foto KTP
  • Centang persetujuan
  • Klik Ajukan Sekarang
  • Pihak BAF akan menghubungimu maksimal 2×24 jam setelah kamu mengajukan secara online
  • Jika ingin mengajukan pinjaman atau pembiayaan BAF secara offline, kamu bisa datang ke kantor cabang Bussan Auto Finance terdekat di kotamu.

    Pembayaran Bussan Auto Finance (BAF)

    Saat ini BAF telah memperluas jaringan pelayanannya dengan menambah titik-titik pembayaran angsuran melalui kerja sama dengan pihak ketiga yang meliputi jaringan layanan perbankan, gerai ritel, dan platform pembayaran elektronik.

    Tak perlu khawatir dan panik saat kamu mengalami keterlambatan dan tidak tahu nominal dendanya. Era teknologi sudah memudahkan kita semua.

    Kamu bisa melakukan pembayaran dan cek denda angsuran BAF kredit secara online tanpa perlu mendatangi kantor BAF hanya untuk mengecek denda angsuran.

    Cukup pastikan smartphone-mu memiliki kuota cukup dan sinyal internet yang mendukung.

    Untuk pengecekan kamu bisa lakukan lewat aplikasi BAF Mobile, website resmi Bussan Auto Finance, atau beberapa aplikasi marketplace yang menyediakan layanan pembayaran seperti Tokopedia dan Blibli.

    Kamu juga bisa melakukan pengecekan dan pembayaran lewat mobile banking beberapa bank seperti berikut ini:

    Cara bayar BAF lewat BCA

    Kamu bisa membayar lewat ATM maupun m-banking BCA. Berikut caranya:

    Cara bayar BAF lewat ATM BCA

  • Masukkan kartu ATM BCA ke mesin ATM.
  • Masukkan PIN ATM BCA.
  • Klik menu Transaksi Lainnya.
  • Pilih Pembayaran
  • Klik Layar Berikutnya.
  • PIlih Lain-lain.
  • Masukkan kode perusahaan BAF 720021 dan nomor kontrak.
  • Masukkan nominal tagihan.
  • Muncul informasi tagihan, klik Benar/Bayar jika sudah benar.
  • Pembayaran juga bisa dilakukan dengan menggunakan nomor virtual account seperti melalui m-banking di bawah ini.

    Cara bayar BAF lewat m-banking BCA

  • Buka aplikasi BCA Mobile.
  • Login m-BCA.
  • Pilih menu m-Transfer, lalu pilih BCA Virual Account.
  • Pada kolom No. Virtual Account, masukkan kode 22000 dan nomor kontran BAF.
  • Klik tombol Send.
  • Akan muncul konfirmasi info akun dan juga jumlah tagihan, jika benar klik OK.
  • Masukkan PIN m-BCA, lalu klik OK.
  • Cara bayar BAF lewat M-banking Mandiri atau Mandiri Online

  • Buka aplikasi Mandiri Online
  • Masukkan User ID dan Password Mandiri Online.
  • Kemudian pilih menu Bayar yang ada pada bagian depan aplikasi.
  • Selanjutnya pilih Angsuran.
  • Lalu pilih Buat Pembayaran Baru.
  • Pilih Penyedia Jasa Bussan Auto Finance dan isi Nomor Kontrak serta deskripsi.
  • Pilih Lanjut.
  • Setelah itu akan muncul pop up infomrasi tagiha, klik Konfirmasi jika informasi sudah benar.
  • Masukkan PIN Mandiri Online.
  • Cara bayar BAF lewat BRImo

  • Login ke BRImo
  • Pilih BELI & BAYAR
  • Lalu klik PEMBAYARAN
  • Selanjutnya pilih CICILAN FINANCE
  • Pada menu Bayar Cicilan, pilih sumber dana dan sentuh nomor pelanggan
  • Pada JENIS TAGIHAN, pilih CICILAN BAF dan masukkan Nomor Pelanggan atau Nomor Kontrak BAF
  • Jika informasi yang tertera di layar smartphone kamu sudah betul, masukkan PIN.
  • Meskipun cek denda angsuran sudah lebih mudah, alangkah lebih baik jika kamu membayar tagihan tepat waktu atau sebelum jatuh tempo.

    Denda keterlambatan di Bussan Auto Finance

    Setelah mendapatkan pinjaman atau pembiayaan dari BAF, kamu tentu perlu menyadari adanya angsuran yang wajib dibayarkan. Namun apabila kamu telat bayar, siap-siap kena denda.

    Cara pembayaran di atas juga bisa kamu lakukan untuk mengetahui besaran denda yang harus dibayarkan.

    Besaran yang biasanya ditetapkan oleh leasing-leasing di Indonesia, termasuk Bussan Auto Finance adalah 0,5% dari nominal angsuran per harinya. Denda terhitung dari hari pertama terlambat membayar.

    Namun melihat kemudahan dalam pembayaran, seharusnya keterlambatan pembayaran dapat dihindari. Kamu juga tentunya tidak ingin kan rugi karena harus membayar denda?

    Selain itu, pembayaran kredit yang telat bisa membuat riwayat kreditmu jelek sehingga lebih baik dihindari.

    Tips dari Lifepal! Beli kendaraan, jangan lupakan soal asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan membantumu menjaga kondisi finansial karena merupakan produk pengelolaan keuangan yang meminimalkan risiko membengkaknya pengeluaran bulanan akibat penyebab tidak terduga. Kamu bisa memilih asuransi syariah yang bebas riba dan memberikan banyak manfaat.

    Dengan adanya asuransi kendaraan, kamu jadi tidak perlu khawatir akan risiko kerugian finansial akibat kecelakaan hingga kehilangan.

    Dalam asuransi kendaraan juga umumnya ada manfaat tambahan yang bisa kamu tambahkan pada polis. Misalnya jika kamu tinggal di wilayah rawan banjir maka kamu dapat menambahkan manfaat satu ini.

    Contoh lainnya jika kamu tinggal di wilayan yang rawan huru-hara maka kamu juga bisa mendapatkan perlindungan ini. Intinya kamu bisa mendapatkan manfaat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

    Kamu bisa memilih dari berbagai jenis produk asuransi motor maupun asuransi mobil yang ada di Lifepal.

    Dapatkan penawaran terbaik dengan premi termurah dan berbagai kemudahan dari mulai daftar hingga klaim dengan beli asuransi di Lifepal. Simak video berikut ini yuk!

    Secara umum ada dua jenis asuransi kendaraan, yaitu all risk dan total loss only (TLO). Mana yang cocok untuk mobilmu? Cek dengan kuis asuransi mobil terbaik berikut ini:

    Pertanyaan seputar Bussan Auto Finance

    Bussan Auto Finance (BAF) adalah perusahaan yang fokus di produk kredit konsumsi dengan fasilitas pinjaman yang tidak sebatas melayani pembiayaan motor baru, tetapi juga motor bekas untuk berbagai merek.

    Tidak hanya itu, fasilitas kredit di BAF juga melayani pembiayaan Dana Syariah yang merupakan produk pembiayaan berbasis syariah dan pembiayaan multi produk yang meliputi peralatan elektronik dan rumah tangga. Kamu juga bisa mengajukan pembiayaan mesin pertanian, serta pembiayaan mobil baru untuk berbagai merek.

    Asuransi kendaraan merupakan produk pengelolaan keuangan karena membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu.

    Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu All Risk/Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Dapatkan referensi produk asuransi terlengkap di Lifepal.

    Artikel Terkait Lainnya
    Artikel terkait tidak ditemukan