Butuh Modal Usaha dan Punya Aset Buat Dijaminin, Coba Pinjam ke BPR Aja!

Butuh Modal Usaha

Pernah dengar nama bank perkreditan rakyat alias BPR? Bank ini umumnya banyak terdapat di daerah-daerah, meski gak sedikit juga ditemui di perkotaan.

Menurut  UU No. 10 Tahun 1998 Pasal 1 fungsi BPR kurang-lebih sama dengan bank umum. BPR bisa menghimpun dana dan menyalurkan kredit.

Namun lingkup kegiatannya lebih terbatas, di antaranya gak bisa menerima simpanan giro dan memberi layanan asuransi. Sebab, fokus BPR memang menyalurkan kredit, terutama untuk modal usaha.

Berbeda dengan bank umum, BPR punya jangkauan lebih kecil. Kita bisa melihat ada banyak Bank Mandiri atau BCA, misalnya, di wilayah Indonesia.

butuh modal usaha
Yang belum tahu BPR ya silahkan di simak dulu ulasannya di bawah ini ya (dana usaha/Plaza Bisnis)

Tidak demikian dengan BPR, yang kebanyakan hanya punya satu kantor di suatu daerah. Memang ada juga BPR yang punya cabang di mana-mana, tapi jangkauannya tetap lebih terbatas bila dibandingkan dengan lazimnya bank umum.

Meski begitu, di balik segala keterbatasannya, BPR sering memberikan solusi kredit modal usaha ketika bank umum menutup pintu rapat-rapat. Sebab, BPR umumnya lebih royal dalam menyalurkan kredit, terutama buat warga yang tempat tinggalnya dekat dengan bank tersebut.

Syaratnya kurang-lebih sama dengan kredit multiguna di bank umum. Tinggal siapkan aset yang akan dijadikan jaminan, sudah. Lengkapi dokumen lain dan tinggal tunggu dana cair.

Berikut ini sejumlah alasan kenapa disarankan pinjam dana ke BPR:

1. Proses cepat

Kredit multiguna atau pinjaman dengan jaminan di BPR terkenal cepat prosesnya. Bahkan dalam hitungan kurang dari 7 hari dana bisa cair. Kok bisa sih?

Sebab, umumnya proses kredit terjadi hanya di satu tempat tersebut. Gak ada dokumen dikirim dulu ke kantor pusat, diperiksa, terus dibalikin, dan macam-macam.

Ini berbeda dengan bank umum yang prosesnya bisa makan waktu hingga sebulan. Sebab, ada banyak tahap yang mesti dilalui, seperti survei dan wawancara.

butuh modal usaha
Proses pencairannya pun cepat lho (uang receh/Harapan Rakyat)

Di BPR, asalkan aset yang jadi jaminan jelas dan dokumen identitas pemohon kredit lengkap, proses bakal lancar. Makanya, siapkan semua berkas yang diperlukan agar gak perlu bolak-balik melengkapinya.

2. Lebih berpeluang lolos

Namanya saja bank perkreditan rakyat, fokusnya adalah menyalurkan kredit untuk rakyat. Makanya permohonan kita lebih berpeluang lolos, terutama bila berdomisili di kawasan yang sama dengan bank tersebut.

Namun kredit yang disalurkan gak sembarangan. Tujuan kredit haruslah buat modal usaha, terutama untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Dijamin gak bakal dipersulit bila syarat-syarat lengkap.

Coba kalau apply KTA atau kredit tanpa agunan di bank umum untuk modal bisnis. Kemungkinannya besar buat ditolak. Sebab, bank enggan meminjamkan dana buat modal bisnis tanpa jaminan. Risikonya dinilai terlalu besar.

3.Tenor sampai 60 bulan

Bila kredit di BPR, bisa lebih fleksibel dalam melunasi cicilan. Tenornya sampai 60 bulan, tinggal kita tentukan mau ambil berapa bulan.

Tapi ingat, makin panjang tenor, makin lama pula beban utang kita pikul meski cicilan jadi kecil. Namun jika memang kemampuan keuangan belum cukup, sebaiknya gak memaksakan diri ambil tenor singkat, karena cicilan per bulan bakal lebih tinggi.

Syarat pinjaman ke BPR kurang-lebih sama dengan ke bank umum.  Bila untuk modal usaha, pastikan dokumen keabsahan usaha, seperti surat-surat izin sudah ada sebagai syarat.

butuh modal usaha
Tenornya juga cukup panjang lho (kalender/diamond dance)

BPR memang bisa dijadiin alternatif sumber dana ketika butuh dana buat modal bisnis, apalagi kalau kamu punya aset buat dijaminin. Ini terutama cocok buat pelaku UKM.

Nah, salah satu BPR yang bisa dipilih salah satunya adalah BPR Kredit Mandiri Indonesia (KMI). Kenapa? Proses approval cuma tiga hari, tenor panjang, dan biaya admin pun murah, cuma 0,5 persen dari pinjaman atau Rp 500.000 (tergantung mana yang lebih besar). Dengan menjaminkan properti, kamu bisa pinjam dana hingga Rp 2 miliar.

Sebelum menjatuhkan pilihan, bandingkan satu per satu tawaran kredit dari tiap-tiap bank. BPR bisa dijadikan prioritas terutama bila ingin memangkas waktu proses kredit.

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Para Pengusaha, Bisa Pilih Kredit Multiguna dengan Bunga Rendah Ini]

[Baca: Ini Dia Ciri-Ciri KTA yang Baik. Eh, Memangnya Ada yang Gak Baik?]

[Baca: Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Ternyata Nggak Cuma buat Menabung, Banyak Fungsi Lain Juga Lho!]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →