Butuh Modal Usaha? Ini 5 Cara Pinjam Uang di Bank Mandiri

pinjam uang

Cara pinjam uang di Bank Mandiri bisa jadi salah satu solusi jitu bagi kamu yang ingin membuka usaha. Apalagi jika memang ide bisnismu sudah menuntut untuk diwujudkan tapi masih terkendala modal. Dengan mengetahui cara pinjam uang di Bank Mandiri untuk usaha, kamu nggak perlu waktu lama lagi untuk bisa mulai mencoba peruntungan di dunia bisnis.

Tapi, sebelum kamu mengetahui cara pinjam uang di Bank Mandiri untuk usaha, ada hal-hal lain yang juga bisa jadi pertimbangan kamu untuk mengajukan pinjaman modal usaha. Yaitu, lembaga yang qualified.

Salah satu lembaga yang sudah punya nama dan sudah gak diragukan lagi kredibilitasnya adalah Bank Mandiri. Bank milik negara ini punya beragam produk kredit untuk usaha dari yang baru mulai hingga sudah dijalani. 

Apa saja produk kredit dari Bank Mandiri? Yuk, simak ulasan Lifepal berikut ini:

1. KTA Mandiri

Kredit Tanpa Agunan (KTA) Mandiri sama seperti produk kredit pada umumnya yang tidak mewajibkan adanya agunan atau jaminan. Artinya, nggak masalah kalau kamu nggak punya aset yang bisa “disekolahkan” sebagai modal usaha.

Namun, KTA Mandiri punya syarat, yaitu penghasilan minimum. Artinya jenis pinjaman ini cocok buat kamu yang saat ini berstatus sebagai pegawai dan hendak banting setir jadi pengusaha atau bikin usaha sampingan.

Plafon pinjaman KTA Mandiri mencapai Rp200 juta dengan tenor maksimal tiga tahun kamu yang gajinya dibayarkan menggunakan bank selain Mandiri. Sementara kalau payroll-mu menggunakan Bank Mandiri, bisa mendapat tenor hingga lima tahun. Suku bunga yang diberlakukan yaitu 17,52 persen per tahun.

2. Mandiri Serbaguna Mikro

Salah satu cara pinjam uang di Bank Mandiri untuk usaha adalah menggunakan Mandiri Serbaguna Mikro. Produk pinjaman Bank Mandiri satu ini dikhususkan untuk membantu kamu yang hendak bergerak di bidang usaha mikro. Mau bikin usaha ternak ayam pun bisa lho dibiayai dengan pinjaman ini!

Tapi, sama seperti KTA Mandiri, ada syarat status kepegawaian buat peminjamnya. Limit kredit ini yaitu sebesar Rp50 juta dengan tenor maksimal 36 bulan dan suku bunganya 19,25 persen per tahun.

3. KTA Mandiri Mitra Karya

Nah, untuk KTA yang satu ini khusus buat kamu yang gajinya dibayarkan melalui Bank Mandiri dan perusahaan punya perjanjian kerja sama dengan Mandiri. 

Keuntungannya proses pencairan pinjaman ini pun jauh lebih mudah. Dengan syarat kamu sudah bekerja minimal satu tahun di perusahaan.

Plafon KTA Mitra Karya hingga Rp 200 juta dengan tenor maksimal lima tahun. Tapi bila perusahaan tempatmu bekerja punya program khusus dengan Bank Mandiri, maka kamu bisa mengajukan pinjaman sampai Rp 350 juta dengan tenor 10 tahun. Suku bunganya 17,52 persen per tahun.

Tiga cara pinjam uang di Bank Mandiri untuk usaha di atas cocok buat kamu yang saat ini berstatus sebagai pegawai tapi hendak jadi pengusaha. Atau pegawai yang mau kerja sambil menjalankan usaha sampingan.

Lalu bagaimana dengan cara pinjam uang di Bank Mandiri bagi pengusaha yang hendak mengembangkan bisnisnya?

Yuk, cek cara pinjam uang di Bank Mandiri untuk usaha yang cocok buat bisnis yang sudah jalan berikut ini:

4. Kredit Usaha Mikro

Kredit Usaha Mikro (KUM) diberikan kepada kamu yang memiliki usaha mikro untuk membiayai kebutuhan usaha produktif. Baik untuk kebutuhan investasi, maupun kebutuhan modal kerja.

Salah satu keuntungan yang kamu dapatkan dengan memilih pinjaman ini yaitu proses kredit yang cepat dan mudah serta persyaratan kredit yang ringan. KUM punya limit hingga Rp200 juta dengan jangka waktu sampai dengan lima tahun.

KUM memberlakukan agunan berupa objek yang dibiayai & fixed assets. Suku bunga tetapnya bersaing dengan sistem perhitungan flat & fixed selama jangka waktu kredit. Ini digunakan sebagai penentuan angka angsuran yang tetap setiap bulannya.

Syarat pengajuan

Cara pinjam uang di Bank Mandiri untuk usaha memiliki syarat yang harus kamu penuhi sebelum akhirnya pinjaman disetujui.

Pertama dan yang paling utama, kamu harus termasuk Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah. Dengan batas maksimal usia 60 tahun saat kredit sudah lunas.

Syarat selanjutnya, kamu belum pernah memperoleh fasilitas kredit atau pernah/ telah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar atau tidak dalam kondisi kredit bermasalah. Usahamu juga harus sudah berjalan minimum 2 tahun di lokasi dan bidang usaha yang sama.

Untuk persyaratan dokumen yang harus kamu penuhi antara lain:

  • fotocopy KTP calon debitur,
  • fotocopy KTP suami/istri calon debitur,
  • fotocopy Kartu Keluarga (KK),
  • Surat Nikah (bagi yang menikah) atau surat cerai (bagi yang berstatus cerai),
  • NPWP,
  • Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kelurahan, Dinas Pasar atau Otorita setempat dimana calon debitur memiliki usaha atau Surat Izin Usaha, dan
  • fotocopy buku Mandiri Tabungan atau Mandiri TabunganMU atas nama calon debitur.

Simulasi Kredit Usaha Mikro (KUM)

Anggaplah kamu sudah mengajukan untuk mendaftar sebagai nasabah KUM dan kami butuh dana pinjaman sebesar Rp50 juta. Asumsinya dengan suku bunga tetap per tahun sebesar 12% serta tenor pinjaman tiga tahun.

Pertama, kita harus dapatkan dulu nilai bunga per tahun, yaitu Rp6 juta. Dengan tenor tiga tahun maka dikalikan 3, sehingga total utang bunga menjadi Rp18 juta.

Dengan begitu, total jumlah utang menjadi Rp68 juta (pokok pinjaman Rp50 juta + total utang bunga Rp18 juta).

Sebelum kamu dinyatakan lolos mendapat pinjaman KUM, ada syarat minimal penghasilan yaitu sebesar Rp2 juta. Nantinya setiap iuran bisa diproses dengan durasi persetujuan rentang waktu  7 s/d 14 hari kerja.

Ketentuan lain yang juga akan dibebankan ke kamu adalah biaya rekening sebesar Rp10 ribu per bulan. 

Mengenai penalti, pertama kamu akan dikenakan 1% limit sisa pinjaman saldo dengan catatan akan dilaksanakan pelunasan di awal. Kedua, bila terdapat keterlambatan pembayaran maka biaya denda akan dikenakan 2% dari sisa pengajuan kredit.

5. Kredit Modal Kerja

Kalau menurutmu 4 produk kredit yang telah dijelaskan sebelumnya memberikan nilai pinjaman terlalu kecil, maka kamu harus tahu tentang Kredit Modal Kerja berikut ini.

Berbeda dari keempat produk sebelumnya, Kredit Modal Kerja Mandiri memberlakukan plafon maksimal Rp100 miliar dan minimum Rp100 juta.

Jangka waktunya memang disebut hanya setahun, tapi tenang, bisa diperpanjang kok! Hampir sama seperti Kredit Usaha Mikro, diperlukan surat izin usaha sebagai syarat untuk mengajukan pinjaman ini.

Dari seluruh penjelasan di atas, singkatnya jenis pinjaman untuk modal usaha dari Bank Mandiri terbagi dalam dua kategori utama, yaitu untuk usaha yang baru mulai jalan dan yang sudah jalan. Tapi, ada pembagian lagi yang perlu kamu perhatikan untuk tiap pinjaman, tergantung kebutuhan dan syarat yang ditetapkan.

Setelah mengetahui semuanya, ini waktunya kamu menentukan kredit mana yang pas dan cocok dengan kondisi kamu. Kalau usahamu masih sebatas ide dan belum berjalan misalnya, tentu nggak akan bisa mengakses Kredit Modal Kerja Mandiri.

Soal bunga, Bank Mandiri punya kebijakan sendiri untuk tiap pinjamannya. Suku bunga kredit buat usaha yang sudah berjalan memang tak terpublikasikan. Tapi jangan khawatir, karena Bank Mandiri menyatakan suku bunga mereka kompetitif dan mengikuti ketentuan Bank Indonesia.

Nah, kini kamu sudah tahu cara pinjam uang di Bank Mandiri yang cocok untuk usahamu. Selalu ingat untuk tetap memperhitungkan kemampuanmu untuk melunasinya, ya!

Pikirkan baik-baik sebelum melakukan pinjaman agar bisnismu tidak tersendat di tengah jalan. Semoga sukses!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →