Butuh Modal Usaha, Pilih KTA atau Kredit Multiguna?

pinjaman kta

Di era sekarang ini, masalah modal semestinya gak lagi menjadi kendala kalau mau buka usaha. Begitu banyak pilihan pinjaman terpercaya dan terpopuler, antara lain KTA dan kredit multiguna.

KTA alias kredit tanpa agunan bisa menjawab kekhawatiran orang yang hendak buka usaha namun modal terbatas. Begitu juga kredit multiguna atau pinjaman dengan agunan.

KTA biasanya dipilih jika modal terbatas dan gak ada ada aset yang bisa dijaminkan. Atau mungkin punya aset, tapi enggan menjaminkannya karena hanya butuh tambahan modal sedikit.

Baik KTA maupun kredit multiguna sama-sama berfaedah untuk menambah modal usaha. Hanya, tiap jenis kredit itu punya fitur tersendiri.

Sebelum menentukan mau pilih KTA atau multiguna, coba tanyakan dulu pertanyaan-pertanyaan berikut ini ke diri sendiri:

1. Butuh dana berapa?

Umumnya, KTA menawarkan plafon yang lebih kecil dibanding kredit multiguna. Maksimal plafon KTA di pasaran adalah Rp 300 juta, sementara multiguna ada yang sampai Rp 10 miliar.

Namun ingat, kita hanya bisa mengajukan permohonan. Yang menentukan berapa besaran dana yang cair adalah pihak bank atau lembaga keuangan lainnya. Pilih jenis kredit yang sesuai dengan kebutuhan dana masing-masing.

2. Sanggup bayar bunga berapa?

Pilih bunga yang paling sesuai dengan kemampuan bayar. Umumnya, multiguna menawarkan bunga yang lebih rendah karena ada jaminan. Tapi, konsekuensinya, harus ada aset yang dijaminkan dan tenor lebih lama.

Sebaliknya, KTA menyediakan dana lebih terbatas namun bunga lebih tinggi. Tenornya pun lebih pendek. Hitung baik-baik berapa bunga yang bisa kita sanggupi.

Jangan sampai terfokus pada besaran dana yang bisa cair saja. Apa gunanya dapat dana besar tapi bunga pun besar, sehingga malah membebani keuangan.

3. Punya jaminan atau gak?

Bicara soal jaminan, apakah kamu punya aset yang bisa diagunkan kepada pihak bank? Jika ya, ambil kredit multiguna dengan bunga rendah saja. Kalau tidak, cari KTA dengan bunga yang masih kompetitif.

Tapi, adanya aset bukan berarti menandakan kita mesti mengambil kredit multiguna. Bila tawaran KTA lebih sesuai dengan kebutuhan, kenapa tidak?

4. Mampu lunasi pinjaman berapa lama?

KTA biasanya menawarkan tenor paling lama 5 tahun, sementara multiguna biasanya lebih panjang. Kalau kamu yakin bisa melunasi cicilan dalam waktu singkat, ambil saja KTA.

Harus diingat, kalau ambil tenor panjang tapi melunasi lebih cepat, kamu bakal kena denda. Karena itu, disarankan menekan tenor untuk mencegah risiko gagal bayar atau penalti karena pelunasan yang dipercepat.

Kita gak bisa menebak apa yang terjadi ketika memilih tenor panjang. Mungkin saja di tengah jalan kita terbelit masalah keuangan, sehingga susah melunasi cicilan.

Makin pendek tenor, makin baik. Namun umumnya besaran cicilan per bulannya lebih besar ketimbang tenor panjang.

Jadi, tentu saja kita harus menghitung kemampuan finansial. Gak perlu memaksakan cari tenor pendek jika memang kemampuan mengangsur cicilan per bulan terbatas.

5. Butuh cepat?

Biasanya, dana KTA lebih cepat cair ketimbang kredit multiguna. Sebab, umumnya gak diperlukan survei ke rumah pemohon dana KTA. Jadi, KTA lebih tepat dipilih jika butuh dana cepat.

Berbeda dengan kredit multiguna, yang memerlukan verifikasi berlapis karena dana yang disediakan umumnya lebih besar. Meski begitu, ada pula kredit multiguna yang pencairannya singkat.

Bandingkan saja fitur pencairan yang ditawarkan tiap-tiap lembaga. Tak perlu segan bertanya ke petugasnya bila tak menemukan info tersebut via Internet.

Ada banyak bank dan lembaga keuangan yang menawarkan KTA serta kredit multiguna. Bank Standard Chartered, misalnya, punya KTA dengan plafon pinjaman hingga Rp 300 juta.

Cicilan KTA Standard Chartered dibuat dengan skema tetap per bulan sampai lunas. Adapun suku bunganya bervariasi, bergantung pada jumlah dana yang dicarikan.

Dari lembaga pembiayaan, ada kredit multiguna dari BFI. Kita bisa menjaminkan motor ataupun mobil ke BFI untuk mendapat dana segar. Tenor pinjaman yang disediakan sampai 60 bulan dengan durasi proses kredit hanya dalam hitungan hari.

Baik KTA maupun kredit multiguna disediakan buat kita-kita yang membutuhkan pinjaman dana segar untuk hal apa pun, termasuk modal usaha. Namun namanya pinjaman, pastinya mesti dikembalikan.

Karena itu, mesti bijak dalam mengambil pinjaman agar gak terbebani utang yang menggunung. KTA ataupun kredit multiguna bisa menjadi penolong, bisa juga malah bikin kantong bolong. Kuncinya ada pada diri kita masing-masing, karena kebutuhan dan kemampuan finansial tiap orang berbeda.

Mengingat pinjaman ini untuk modal usaha, pastikan pula rencana usaha itu sudah matang tersusun. Jangan sampai utang belum lunas, tapi usaha sudah ambruk. Itu namanya sudah jatuh, tertimpa tangga pula.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →