Butuh Pekerjaan Sampingan? Coba 8 Aplikasi Ini Nambah Penghasilan

pekerjaan sampingan

Walaupun sudah masih memiliki penghasilan tetap, tak menutup kemungkinan banyak orang untuk mencari pekerjaan sampingan. Alasannya, terkadang mengandalkan gaji saja tidak cukup lantaran memiliki kebutuhan banyak. 

Apalagi, semakin bertambahnya usia, bertambah juga tanggung jawab yang harus dipenuhi, belum lagi bagi mereka yang sudah berumah tangga. Misalkan memiliki cicilan KPR, memikirkan asuransi kesehatan untuk anak, menyiapkan dana pendidikan hingga dana darurat. 

Biasanya gaji per tahunnya mengalami kenaikan, tapi nominalnya masih belum mengimbangi pengeluaran sepenuhnya. Wajar kalau cari pemasukan lain biar nambah penghasilan, itung-itung persiapan barangkali inflasi naik.

Agak pusing memang kalau mikirin kebutuhan apalagi. Untung banget sekarang eranya digital, cari pekerjaan sampingan jadi lebih gampang. Smartphone dalam genggaman pun bisa dimanfaatkan. Banyak aplikasi online yang menyediakan pekerjaan sampingan. Ini dia 8 di antaranya:

1. Survei online

Survei online ini cocok banget dijadikan pekerjaan sampingan. Bayangkan saja, kamu cuma ngisi survei dan bakal dibayar. Cukup dengan smartphone, kamu bisa lakukan pekerjaan ini.

Kamu harus registrasi dulu biar jadi member, selanjutnya ikutilah aturan main yang berlaku.

Penghasilan didapatkan dari poin atau reward yang sudah kamu kumpulkan dari mengisi survey onlinenya. Semakin banyak poin yang dikumpulkan, semakin besar pula penghasilan yang didapat.

Yuk, coba portal survei online buat dapatkan penghasilan tambahan di antaranya ViewFruit, YouGov Indonesia, Clixsense, OpinionWorld, GlobalTestMarket, Mobrog, hingga SurveyOn.

2. Social media evaluator

Walaupun terdengar asing, tapi jangan salah, penghasilan yang ditawarkan pekerjaan ini mencapai US$ 5 atau sekitar Rp 74 ribuan. Kalau dihitung perbulan, kamu bakal dapat sekitar Rp 2,2 juta. Menggiurkan, bukan?

Bingung sama tugas dari pekerjaan ini? Pada dasarkan, kamu diwajibkan menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan iklan-iklan yang tayang di media sosial yang dikirim setiap hari. Kamu wajib menjawab 20 iklan beserta pertanyaannya. Setelah menjawab, kamu berhak mendapatkan US$ 5.

Berminat jadi social media evaluator? Pasang aplikasi kerja online Appen agar kamu punya pekerjaan sampingan.

3. Smartphone photography

Udah keliatan dari namanya kalo pekerjaan yang satu ini dilakukan fotografer dengan mengandalkan smartphone buat mengambil objek gambar yang diinginkan. Gak perlu khawatir dengan hasilnya, karena kamera smartphone sekarang banyak yang canggih, bahkan ada yang hasilnya setara jepretan kamera DSLR.

Agensi penjual gambar seperti Shutterstock, Stockfresh, Alamy, Fotolia, Dreamstime, hingga iStock bisa menyulap foto hasil jepretan kamu menjadi uang, jadi cocok dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

4. Nonton video

Siapa sangka ada pekerjaan yang bakal bayar kamu dengan cuma nonton video. Penghasilan dari pekerjaan ini gak gede-gede amat, tapi lumayan banget buat nambahin gaji bulanan.

Caranya gampang banget dengan melakukan registrasi diri kamu dan ikuti mekanismenya. Beberapa platform yang bisa kamu coba adalah Paid2Youtube, You Cubez, SuccessBux, hingga Swagbucks.

Bayarannya tiap-tiap platform berbeda-beda, ada yang kasih bayaran US$ 0,001 hingga US$ per video. Walaupun terhitung kecil sih memang, tapi kalau video yang kamu tonton banyak, lumayan, lho.

5. Influencer media sosial

Media sosial adalah salah satu wadah yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan sampingan, menjadi seorang influencer contohnya. Beberapa orang menganggap jadi influencer butuh banyak pengikut. Padahal gak juga, lho. 

Intinya, akun sosmed kamu harus tetap aktif biar dapat uang dari media sosial walaupun followers pas-pasan. Mengikuti campaign tertentu bisa kamu lakukan karena satu unggahan biasanya dihargai sampai ratusan ribu.

Bagaimana cara mencari campaign? Kamu perlu memanfaatkan hashtag yang berkaitan dengan campaign yang pengin kamu ikuti. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Partipost. Unduh saja aplikasinya agar kamu bisa mulai ikut campaign, deh!

Agar orang tertarik, unggahlah foto dan caption yang menarik. Lakukan secara rutin agar jalan kamu menjadi seorang influencer profesional semakin lebar. Semuanya ini cuma butuh ponsel saja! 

6. Gamers online

Jangan salah! Bermain game sekarang bisa menghasilkan uang dan bisa dijadikan pekerjaan sampingan. Terdengar menarik, ya!

Beberapa games yang terkenal bisa mencetak uang adalah Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) dan Clash Royale dan Mobile Legends dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengikuti turnamen. 

Bulan Desember lalu, di Los Angeles diadakan turnamen Clash Royale League Worlds 2019. Total hadiahnya gak main-main, yaitu sebesar $400 ribu atau sekitar Rp5,6 miliar. Tertarik jadi gamers profesional?

7. Dropshipper

Bisnis dropshipper bisa jadi peluang kerja sampingan buat kamu yang punya skill marketing tapi enggan berwirausaha karena gak mau ribet atau gak punya modal. 

Dropshipper beda tipis sama reseller. Bisnis dropship lebih praktis dan fleksibel daripada reseller. Kalau Jadi reseller, kamu diharuskan membeli sejumlah barang dengan harga murah. Tidak dengan dropshipper di mana kamu gak perlu modal, stok barang, sewa gudang, membuat kemasan, dan menghitung ongkos kirim.

Kamu cukup mencari pembeli saja. Semua proses pengemasan sampai barang tiba di tangan konsumen diurus oleh supplier. Semuanya bisa dilakukan dengan hanya menggunakan ponsel dan koneksi internet.

Salah satu aplikasi yang menyediakan jasa dropshipper adalah Tokopedia. Coba aja unduh aplikasinya dan coba gratis!.

8. Jualan pulsa

Meskipun zaman kian canggih dan beli pulsa semakin mudah lewat e-commerce, tapi berjualan pulsa secara langsung masih dibutuhkan terutama bagi mereka yang belum terlalu paham teknologi.

Bisnis pulsa gak perlu modal besar. Dengan Rp100.000 saja, kamu sudah bisa memulai bisnis menjual pulsa. Walaupun gak kasih penghasilan yang besar, tapi bisnis pulsa ini cocok banget buat kamu yang baru belajar berbisnis.

Selain itu, berjualan pulsa juga pas buat kamu yang takut mengambil risiko. Bisnis ini minim risiko, lho. Bagaimana kalau pulsa gak laku? Kamu bisa pakai pulsa tersebut untuk keperluan sendiri. 

Untuk bisa memulai bisnis jualan pulsa kamu bisa manfaat beberapa aplikasi seperti Mitra Tokopedia, Kioser, BroPulsa, Grabkios, dan Ayopop.

Itulah delapan kerja sampingan lewat aplikasi kerja online buat dapat penghasilan tambahan. Lakukan dua atau tiga pekerjaan di atas sekaligus biar hasilnya maksimal. Jangan lupa atur waktu seoptimal mungkin biar gak asal-asalan.

Perlu diingat juga, jangan sampai kamu mengabaikan pekerjaan utama dan kesehatan gara-gara ngejar uang tambahan dari pekerjaan.

Untuk mengantisipasi pengeluaran biaya perawatan kesehatan yang mahal, jangan ragu untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang proteksi asuransi kesehatan di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →